Comscore Tracker

5 Fakta Rival Bali United di AFC Cup, Dije Gen Bani!

Harus bisa lolos penyisihan grup. Semangat puputan! 

Bali United dan PSM terpilih sebagai wakil Indonesia dalam ajang AFC Cup 2022. PSM tergabung dalam Grup H, sedangkan Bali United tergabung di Grup G. Berbeda dengan PSM yang bermain di Malaysia, Bali United akan bermain di Bali.

Bali United bergabung bersama klub sepak bola wakil dari negara di Asia Tenggara. Yaitu Kedah Darul Aman FC yang merupakan wakil Malaysia, Kaya FC Iloilo adalah wakil dari Filipina, dan Visakha FC adalah klub bola asal Kamboja. Seperti apakah klub-klub lawan dari Serdadu Tridatu ini?

Baca Juga: Ikut Piala Presiden dan Piala AFC, Bali United Masuk Grup Neraka

1. Bermain sebagai Tuan Rumah dan bisa dihadiri penonton

5 Fakta Rival Bali United di AFC Cup, Dije Gen Bani!Stadion I Wayan Dipta. (instagram.com/baliunitedfc)

Sesuai rilis di situs The-afc.com pada 24 Februari 2022 lalu, Bali United didapuk sebagai Tuan Rumah gelaran babak kualifikasi Grup G AFC Cup 2022. Stadion I Wayan Dipta, Kabupaten Gianyar yang merupakan kandang Bali United dijadikan tempat berlangsungnya pertandingan Grup G tersebut.

Selain bisa disaksikan di layar televisi, pertandingan ini bisa dihadiri oleh penonton. Tentunya ini kabar baik bagi Semeton Dewata yang merindukan 'nribun' bareng untuk memberikan dukungan kepada tim kesayangan. Dilansir laman situs Baliutd.com, babak penyisihan Grup G AFC Cup 2022 boleh dihadiri 13 ribu penonton.

Namun ada syaratnya. Tiket hanya dijual 13 ribu setiap hari dan bisa dibeli secara online melalui aplikasi Bali United Apps. Selain itu, penonton yang hadir diwajibkan sudah melakukan vaksin COVID-19 ketiga atau booster. Apabila belum, Pemerintah Kabupaten Gianyar dan Polres Gianyar akan bekerja sama dalam pengadaan vaksin bagi Semeton Tridatu yang ingin menonton pertandingan tersebut.

Baca Juga: Suporter Boleh Nonton Babak Penyisihan Piala AFC di Bali

2. Kedah Darul Aman FC

5 Fakta Rival Bali United di AFC Cup, Dije Gen Bani!Kedah Daru Aman FC. (instagram.com/kedahdarulamanfc)

Kedah Darul Aman FC adalah klub sepak bola asal Malaysia, tepatnya berasal dari Alor Star, Kedah. Klub berjulukan Hijau Kuning Kenari ini berdiri sejak 1924.

Kedah Darul Aman FC pada Liga Super Malaysia musim lalu berhasil menduduki runner up di bawah klub bola Johor Darul Ta'zim. Kedah bukan klub sembarangan. Tercatat pernah lima kali meraih gelar FA Cup Malaysia.

Klub ini diperkuat oleh 4 pemain asing yaitu Marc Vales (pemain belakang), Dechi Marcel N'Guessan (pemain tengah), dua pemain depan yaitu Ronald Ngah dan Dennis Buschening.

Untuk pertama kalinya Bali United bertemu wakil Malaysia di fase grup Piala AFC 2022 kali ini. Serdadu Tridatu akan menghadapinya pada pertandingan perdana Grup G tanggal 24 Juni 2022.

3. Kaya FC Iloilo

5 Fakta Rival Bali United di AFC Cup, Dije Gen Bani!Kaya FC Iloilo. (instagram.com/kayafc)

Kaya Futbol Club Iloilo merupakan klub terbaik wakil Filipina yang berbasis di Kota Iloilo. Kaya FC didirikan pada Juli 1996, yang dipimpin oleh Chris Hagedorn.

Mereka pernah menjadi juara Copa Paulino Alcantara pada musim 2021. Dua pemainnya dinobatkan sebagai pemain terbaik, yaitu Javin Bedic sebagai pemain terbaik dan Louie Casas sebagai kiper terbaik pada ajang tersebut.

Kaya FC bermain di AFC Cup, setelah dikalahkan oleh Sydney FC dan harus tersingkir dari babak kualifikasi Liga Champions Asia. Pada musim ini, Kaya FC diperkuat oleh lima pemain asing yaitu Caryle Mitchel (pemain bertahan), Ryo Fujii (pemain bertahan), Patrick Arthur (pemain tengah), Daizo Horikoshi (sayap kanan), dan Patrick Asare (pemain depan).

Kaya FC pernah berhadapan dengan PSM dalam ajang AFC Cup. Namun mereka tidak berhasil mengalahkan PSM.

4. Visakha FC

5 Fakta Rival Bali United di AFC Cup, Dije Gen Bani!Visakha FC. (instagram.com/visakhafc_prideofcambodia)

Visakha FC adalah klub bola yang bermarkas di Phnom Penh, Kamboja. Klub ini dilatih oleh pelatih asal Korea bernama Lee Tae Hoon.

Klub yang didirikan pada 1 Januari 2016 ini diperkuat oleh sejumlah pemain Timnas Kamboja antara lain Keo Sokpheng, Chrerng Polroth, Cheng Meng, Tes Sambath, dan Keo Soksela sebagai penjaga gawang. Mereka merupakan bagian dari skuad yang turun di Piala AFF 2021.

Visakha FC pernah merebut gelar Cambodian Cup Winner, yaitu pada musim 2019-2020 dan 2020-2021. Klub Kamboja ini menggunakan 7 pemain asing yaitu Faeez Khan (pemain belakang), Alisher Mirzaev (pemain tengah), Marcos Vinicius (pemain tengah), Jae Gun Lee (sayap kanan), Junior Barros (pemain depan), Kenny Athiu (pemain depan), dan Paulo Victor (pemain depan).

5. Jadwal lengkap Bali United

5 Fakta Rival Bali United di AFC Cup, Dije Gen Bani!Jadwal Bali United di AFC Cup 2022. (instagram.com/baliunitedfc)

Pertandingan penyisihan Grup G akan berlangsung mulai 24 hingga 30 Juni 2022. Bali United akan menghadapi lawan-lawannya di Stadion I Wayan Dipta. Berikut ini jadwalnya:

  • 24 Juni 2022, pukul 21.00 Wita: Bali United vs Kedah Darul Aman FC.
  • 27 Juni 2022, pukul 17.00 Wita: Bali United vs Vishaka FC
  • 30 Juni 2022, pukul 17.00 Wita: Bali United vs Kaya FC Iloilo.

Bali United nampaknya harus menampilkan permainan terbaik agar lolos pada babak penyisihan Grup G ini. Sebab mereka bermain di hadapan Semeton Dewata, yang merindukan nonton langsung klub kesayangannya di stadion kebanggaan masyarakat Bali.

Walaupun babak penyisihan Grup G ini berbarengan dengan jadwal kompetisi nasional pramusim Piala Presiden 2022, namun penonton berharap klub kebanggaan mereka yang berhasil back to back sebagai juara Liga 1 ini lebih fokus ke pertandingan AFC Cup 2022. Sebab mereka membawa nama baik Negara Indonesia.

ari budiadnyana Photo Community Writer ari budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya