Stadion Dipta Dipilih untuk Piala Dunia U-20, Perlu Direnovasi 

Stadion Dipta menjadi 1 di antara 6 lokasi yang dipilih

Gianyar, IDN Times - Stadion Kapten I Wayan Dipta, di Kabupaten Gianyar, menjadi satu di antara enam stadion di Indonesia, yang nantinya akan menjadi lokasi pertandingan dalam gelaran Piala Dunia U-20. Berbagai persiapan pun telah dilakukan, termasuk infrastruktur.

Hanya saja Stadion Kapten I Wayan Dipta masih harus direnovasi. Terakhir kali stadion yang merupakan markas dari Bali United ini direnovasi, yakni pada tahun 2021 lalu. Sesuai dengan arahan FIFA, rencananya stadion ini akan direnovasi pada Oktober 2022. 

Baca Juga: Bali United Diperkuat 7 Pemain Muda, Teco: Berproses di Tim Senior

1. Sediakan fasilitas modern dan berstandar dunia

Stadion Dipta Dipilih untuk Piala Dunia U-20, Perlu Direnovasi Pemasangan single seat di Stadion I Wayan Dipta. (baliutd.com)

Stadion Kapten I Wayan Dipta berkembang pesat setelah menjadi markas Bali United. Stadion yang awalnya dibangun Pemkab Gianyar tersebut, kini memiliki fasilitas berstandar dunia dan menjadi satu di antara stadion terbaik Tanah Air. 

Sebut saja fasilitas tribun dengan single seat, pagar pembatas tribun rendah, pintu masuk elektrik, ruang jacuzzi di kamar ganti pemain, Bali United Cafe, Bali United Megastore, dan sederet fasilitas mumpuni lainnya yang sudah tersedia di Stadion Dipta.

Termasuk pula rumput hijau kualitas dunia yang berstandar FIFA, siap menjadi panggung aksi bintang muda dunia. Berbagai fasilitas tersebut membuat Stadion Dipta layak menggelar pertandingan bergengsi di Piala Dunia U-20 mendatang.

2. Pihak penanggung jawab penyelenggara sudah berkirim surat kepada FIFA

Stadion Dipta Dipilih untuk Piala Dunia U-20, Perlu Direnovasi Stadion I Wayan Dipta, Ginyar. (baliutd.com)

Stadion Dipta tetap perlu kembali direnovasi menjelang dimulainya Piala Dunia U-20. Seluruh bagian stadion yang disiapkan untuk menggelar ajang bergengsi ini terakhir kali direnovasi pada tahun 2021 lalu. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, menjelaskan stadion yang akan menjadi tuan rumah piala dunia akan direnovasi pada akhir bulan ini.

"Saya sebagai penanggung jawab penyelenggaraan sudah berkirim surat kepada FIFA bahwa renovasi stadion untuk Piala Dunia U-20 akan dimulai akhir Oktober ini. Berarti setelah diadakan renovasi lagi, maka tidak boleh untuk kegiatan lain sampai nanti penyelenggaraan Piala Dunia U-20 berakhir," ujar Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, dalam keterangan persnya, Jumat (14/10/2022) lalu.

3. Peningkatan keamanan dan ketersediaan lahan parkir yang memadai

Stadion Dipta Dipilih untuk Piala Dunia U-20, Perlu Direnovasi Stadion Kapten I Wayan Dipta (baliutd.com)

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, perwakikan kelompok suporter Bali United memberi masukan terkait perbaikan infrastruktur maupun keamanan area Stadion Kapten I Wayan Dipta.

Adapun beberapa hal yang perlu dibenahi yakni peningkatan petugas keamanan di stadion, baik di area dalam maupun luar, ketersediaan lahan parkir yang memadai, penyediaan alarm antisipasi bencana, klinik pertolongan pertama, dan jalur serta tanda evakuasi bencana.

Berbagai poin penting dari para suporter tersebut pun menjadi masukan penting bagi manajemen Bali United sekaligus Pemda Gianyar dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam upaya renovasi Stadion Kapten I Wayan Dipta mendatang.

"Masalah lahan parkir memang masih jadi kendala selama ini. Kami dari manajemen bersama Pemda Gianyar dan PUPR sedang mengupayakan lahan parkir di Desa Getas, kurang lebih 2 hingga 3 hektare dekat dengan Stadion Dipta,” jelas Penanggung Jawab Pelaksanaan Pertandingan di Stadion Dipta, Ketut Suantika, Sabtu (22/10/2022).

Topik:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya