7 Atlet Bali yang Meraih Medali Untuk Indonesia di Kancah Dunia

Semoga terus melahirkan atlet kebanggaan Indonesia asal Bali

Beberapa atlet asal Bali pernah menorehkan prestasi gemilang pada saat membela Negara Indonesia di kancah dunia. Mereka kerap tampil di ajang bergengsi seperti Asean Games, Sea Games, maupun pesta olahraga terbesar di dunia seperti olimpiade. Berikut daftar atlet Bali yang pernah membawa pulang medali untuk Indonesia.

1. I Gusti Made Oka Sulaksana

7 Atlet Bali yang Meraih Medali Untuk Indonesia di Kancah DuniaInstagram.com/okasulaksanaa

Indonesia pernah memiliki atlet peselancar angin asal Bali yang disegani di Asia, yakni I Gusti Made Oka Sulaksana. Pria asal Desa Sanur, Kota Denpasar ini turun di ajang internasional sejak tahun 1993.

Pria kelahiran 29 April 1971 ini pernah merebut medali emas Asian games dua kali secara berturut-turut, yakni tahun 1998 dan 2002. Oka tidak mempunyai lawan sebanding di Sea Games, dan memperoleh empat medali emas dari tahun 1993 sampai 2001.

Oka juga membela Indonesia di empat olimpiade yaitu Atlanta 1996, Sydney 2000, Athena 2004, dan Bejing 2008. Oka terpilih sebagai pembawa bendera Merah Putih dalam acara pembukaan Olimpiade Beijing.

2. I Gede Siman Sudartawa

7 Atlet Bali yang Meraih Medali Untuk Indonesia di Kancah DuniaInstagram.com/simansudartawa

Bali memiliki atlet yang andal dari Cabang Olahraga (Cabor) Renang, yaitu I Gede Siman Sidardartawa. Pemuda asal Desa Tegak, Kabupaten Klungkung itu mengangkat nama Indonesia selama bertahun-tahun.

Prestasi tertingginya adalah pada saat ajang Sea Games 2011 di Palembang, Sumatera Selatan. Ketika itu Siman berhasil memborong empat medali emas. Bahkan di tahun 2012, ketika usianya 18 tahun, pemuda kelahiran 8 September 1994 tersebut membawa nama Indonesia dalam ajang olimpiade yang dilaksanakan di London, Inggris. Siman juga berhasil meraih medali emas di Sea Games Filipina tahun 2019.

Baca Juga: 5 Perjalanan Karier dan Hobi Jonatan Christie, Pernah Main Film

3. Putu Randu Wahyu Pradana

7 Atlet Bali yang Meraih Medali Untuk Indonesia di Kancah DuniaInstagram/randu.pradana

Dari Cabor Bola Voli, ada I Putu Randu Wahyu Pradana. Pria asal Kabupaten Tabanan itu tergabung dalam Timnas Bola Voli Indonesia ketika tampil di SEA Games 2019. Tidak tanggung-tanggung, Putu Randu berhasil membawa pulang medali emas setelah mengalahkan Filipina secara meyakinkan 3 set langsung. Putu Randu terkenal karena aksinya yang tengil dan atraktif setiap Indonesia meraih poin.

4. Ni Ketut Mahadewi Istarani

7 Atlet Bali yang Meraih Medali Untuk Indonesia di Kancah DuniaBadmintonindonesia.org

Dari Cabor Bulu Tangkis, Bali memiliki wakil bernama Ni Ketut Mahadewi Istarani. Dara kelahiran 1994 asal Kabupaten Tabanan itu berhasil masuk klub ternama Djarum, dan sempat mengikuti pelatnas bersama pebulu tangkis top Indonesia lainnya.

Pemain bulu tangkis yang turun di sektor ganda putri tersebut pernah mencicipi juara Austrian Open International Series 2021, juara BWF Tour Super 1000 Russian Open 2019 (Ganda putri), dan Runner Up BWF Tour Super 300 Thailand Masters 2018.

5. I Putu Gede Juni Antara

7 Atlet Bali yang Meraih Medali Untuk Indonesia di Kancah DuniaInstagram.com/putugedejuniantara123

Dari cabang Sepak Bola, Bali memiliki I Putu Gede. Pemain asal Kabupaten Gianyar yang berposisi sebagai bek kiri itu kerap menjadi langganan Timnas Indonesia. Prestasinya yang selalu diingat adalah ketika membawa Timnas Indonesia U-23 menjadi juara Piala AFF tahun 2013 lalu.

6. Cok Istri Agung Sanistyarani

7 Atlet Bali yang Meraih Medali Untuk Indonesia di Kancah DuniaInstagram.com/choki_ucil

Dari Cabor Karate, Bali memilki atlet putri andalan yakni Cok Istri Agung Sanistyarani. Dara asal Desa Bakas, Banjarangkan, Kabupaten Klungkung tersebut pernah meraih medali emas dalam ajang Sea Games 2017 di Malaysia, dan medali perunggu dalam Asian Games 2018 di Jakarta untuk kelas 55 kilogram.

7. Maria Natalia Londa

7 Atlet Bali yang Meraih Medali Untuk Indonesia di Kancah DuniaInstagram.com/marianatalialonda7997

Bali juga memiliki wakil andalan di ajang atletik, yakni Maria Natalia Londa. Perempuan kelahiran Kota Denpasar itu sudah memberikan banyak prestasi untuk Indonesia, di antaranya medali emas nomor lompat jauh putri SEA Games 2019. Lompatan terbaiknya sejauh 6,47 meter membawa dia ke podium teratas dan berhasil menyingkirkan atlet Thailand Parinya Chuaimaroeng ke peringkat dua.

Maria Natalia juga pernah meraih dua medali perunggu pada ajang SEA Games 2019 dari Cabor Lompat Jauh dan Lompat Jungkit. Lalu prestasinya meningkat dengan meraih dua medali perak di SEA Games 2011 dan SEA Games 2013 merebut dua medali emas dengan cabor yang sama. Prestasinya lengkap setelah meraih medali emas di Asian Games 2012 dari Cabor Lompat Jauh.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya