Majukan Pariwisata, Buleleng Akan Jadi Venue Aquabike Nasional

IMI menjaring talenta pembalap di air

Denpasar, IDN Times – Kejuaraan aquabike nasional akan berlangsung selama 3 hari, mulai 6 September 2024 di Pantai Lovina, Kabupaten Buleleng. Ada sekitar 30 atlet yang berlaga dalam kejuaraan itu. 

Project director dari promotor balap Ocean Drive Sports, Ricky Wirjan menyampaikan, para atlet juga akan mengikuti kompetisi Hydro Fly yang menggabungkan unsur olahraga, akrobatik, dan hiburan.

“Kejuaraan nasional ini merupakan putaran ketiga dari rangkaian kejuaraan yang telah dimulai di Balige, Danau Toba, Sumatera Utara. Dan dilanjutkan di Pantai Mutiara Jakarta. Ada 30 pembalap akan bersaing dalam kategori Endurance dan Paralel Slalom,” ungkapnya pada Kamis (5/9/2024). 

Baca Juga: 5 Wisata Museum di Denpasar, Liburan Tambah Ilmu

1. Kejuaraan aquabike ini diharapkan berdampak pada perekonomian dan pariwisata di Bali Utara

Majukan Pariwisata, Buleleng Akan Jadi Venue Aquabike NasionalPanitia Aquabike di Bali (IDN Times/istimewa)

Owner Krisna Watersports, Ajik Krisna mengatakan, pemilihan lokasi untuk kompetisi juga mempertimbangkan aspek promosi wisata Bali Utara. Dengan promosi melalui kejuaraan ini, dia berharap bisa meningkatkan kunjungan wisatawa ke Kabupaten Buleleng.

Pada akhirnya, kata dia, bisa berdampak juga terhadap perekonomian masyarakat setempat seperti semakin tumbuhnya UMKM. “Bali Utara secara pariwisata kan agak berat. Bali Utara itu dari segi lokasinya, view-nya, lautnya juga tenang. Sangat bagus,” ungkapnya.

Dampak dari kegiatan itu sudah tampak pada okupansi hotel yang penuh sehingga beberapa tamunya kesulitan mencari penginapan di sekitar lokasi acara.

2. Kompetisi Aquabike akan menjaring 10 atlet terbaik

Majukan Pariwisata, Buleleng Akan Jadi Venue Aquabike NasionalScreenshot (Instagram/Aquabike.id)

Lebih lanjut Project Director dari promotor balap Ocean Drive Sports, Ricky Wirjan menyebut kompetisi ini sebagai langkah persiapan menuju Aquabike World Championship Grand Prix of Indonesia yang akan diselenggarakan pada November 2024.

Dari 30 atlet yang dijadwalkan mengikuti kompetisi, dua orang diantaranya berasal dari Bali. “Sepuluh pembalap terbaik dari total poin sepanjang musim 2024 ini akan bersaing di Aquabike Wolrd Championship pada akhir tahun,” terangnya.

Menariknya balapan di air ini diakuinya tidak seperti balapan di sirkuit karena aquabike tidak membutuhkan sirkuit.

3. IMI berkomitmen menjaring atlet aquabike Indonesia

Majukan Pariwisata, Buleleng Akan Jadi Venue Aquabike NasionalScreenshot (Instagram/Aquabike.id)

Olahraga ini merupakan cabang motorsports baru dan berada di bawah Ikatan Motor Indonesia (IMI). Ketua Komisi Aquabike IMI pusat, Anton menjelaskan bahwa sejak dibentuknya Komisi Olahraga Air awal tahun ini, IMI berkomitmen menyelenggarakan kejuaraan nasional untuk menemukan dan mengembangkan talenta pembalap muda yang siap di level muda.

“Kami memang berusaha untuk mengikuti standar sebaik mungkin, untuk mempersiapkan atlet-atlet kita mengikuti kejuaraan aquabike,” ungkapnya.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya