Atlet Israel Bakalan Tampil di AWBG 2023 Bali

Olahraga ini kini jadi sorotan

Hiruk pikuk dunia persepakbolaan Indonesia kembali terjadi. FIFA resmi mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20, Rabu (29/3/2023). Namun di tengah ramainya pro kontra penolakan Timnas Israel main di Indonesia, FIFA justru membuat pernyataan, bahwa sikap pencabutan status ini karena mereka mendukung transformasi sepak bola Indonesia menyusul tragedi yang terjadi Oktober 2022 lalu.

Keluar dari polemik Piala Dunia U-20 yang sudah batal ini, Bali akan mengadakan multievent terbesar tahun ini, yaitu ANOC World Beach Games 2023. Israel juga bakalan tampil di ajang ini. Seperti apa ya ANOC World Beach Games (AWBG) 2023 ini, dan cabang olahraga (cabor) apa saja yang diikuti oleh Israel?

Baca Juga: 5 Fakta Hokky Caraka, Striker Timnas Indonesia U-20 

Baca Juga: Pupus Harapan Pemain Bali United Tampil di Piala Dunia U-20

1. Sekilas tentang ANOC World Beach Games 2023

Atlet Israel Bakalan Tampil di AWBG 2023 BaliCabor beach wrestling di AWBG. (dok. ANOC World Beach Games)

Dikutip dari situs Anocolympic.org, ANOC atau The Association of National Olympic Committees adalah organisasi yang menyelenggarakan multievent olahraga World Beach Games. ANOC didirikan di San Juan, Puerto Rico, pada June 1979.

ANOC World Beach Games pertama kali dihelat di Qatar pada tahun 2019. Event ini memadukan suasana dan aura pantai dengan olahraga sehingga memunculkan minat generasi muda untuk terjun di sini.

2. ANOC World Beach Games kedua di Bali

Atlet Israel Bakalan Tampil di AWBG 2023 BaliCabor di AWBG. (dok. ANOC World Beach Games)

Setelah Qatar, Indonesia terpilih sebagai penyelenggara AWBG kedua pada tahun 2023. Pulau Bali menjadi tempat penyelenggara di Indonesia, mengingat banyak pantai yang indah di sini.

Laut Bali juga sangat cocok untuk beberapa cabor seperti selancar, open water swimming, dan lainnya. Penyelenggaraan AWBG 2023 ini tentu saja menjadi keuntungan tersendiri bagi Pulau Dewata yang perlahan mulai bangkit setelah diterjang badai pandemik COVID-19.

3. Total 14 cabor akan dipertandingkan di Bali

Atlet Israel Bakalan Tampil di AWBG 2023 BaliCabor di AWBG. (dok. ANOC World Beach Games)

Dalam penyelenggaraan AWBG 2023 di Bali terdapat 14 cabor yang akan dipertandingkan. Berikut daftar cabor tersebut:

  • Beach waterpolo
  • Aquathlon WT
  • 3x3 basketball
  • Airbadminton
  • Beach handball
  • Beach sprint rowing
  • Beach soccer
  • Beach tennis
  • Beach volleyball
  • Beach wrestling
  • Karateka
  • Surfing
  • Wingfoil racing
  • Open water swimming.

Dari 14 cabor ini akan menghadirkan 1.584 atlet dan memperebutkan 128 medali. Dilihat dari banyaknya jumlah dan belum lagi ditambah jumlah ofisial dari masing-masing negara, tentunya AWBG 2023 ini akan berlangsung meriah.

4. Timnas Israel tampil di cabor basketball 3X3

Atlet Israel Bakalan Tampil di AWBG 2023 BaliCabor open swimming 5 km di AWBG. (dok. ANOC World Beach Games)

Ada yang menarik dari perhelatan ini. Yaitu kehadiran tim dari Israel dalam dua cabor, yaitu basketball 3x3 dan open water swimming. Basketball 3x3 akan diikuti oleh 32 tim, yang terdiri dari 16 tim putra dan 16 tim putri.

Negara yang berhak tampil hanya yang memiliki ranking terbaik di setiap benua, ditambah 3 tim terbaik dari benua penyelenggara, dan 1 tempat untuk Indonesia sebagai tuan rumah. Berikut daftar negara yang akan tampil di cabor basketball 3x3 di gelaran AWBG 2023:

  • Tim putra terdiri dari Mongolia, Jepang, China, Amerika Serikat, Chile, Republik Dominika, Puerto Riko, Mesir, Benin, Tunisia, Kenya, Lituania, Prancis, Polandia, Israel, dan Indonesia
  • Tim putri terdiri dari China, Jepang, Mongolia, Amerika Serikat, Venezuela, Chile, Republik Dominika, Mesir, Tunisia, Kenya, Uganda, Prancis, Jerman, Belanda, Lituania, dan Indonesia.

Terlihat di tim putra, Israel menjadi negara yang berhak tampil di AWBG 2023 Bali.

5. Atlet renang Israel tampil di open water swimming

Atlet Israel Bakalan Tampil di AWBG 2023 BaliCabor basketball 3X3 di AWBG. (dok. ANOC World Beach Games)

Selain basketball 3x3, Israel juga akan tampil di cabor open water swimming 5 kilometer. Proses kualifikasi untuk negara yang berhak mengikuti cabor ini telah dilakukan di event The 19th FINA World Championships Budapest tahun 2022 lalu.

Untuk kategori putra, negara yang mendapatkan jatah tampil di AWBG 2023 adalah Jerman, Italia, Ukraina, Prancis, Hungaria, Australia, Amerika Serikat, Yunani, Kolombia, Jepang, Tiongkok, Turki, Brasil, Austria, Chinese Taipei, Afrika Selatan, Ekuador, Kazakhstan, Angola, Republik Ceko, dan Serbia.

Sedangkan kategori putri adalah Brasil, Prancis, Italia, Jerman, Spanyol, Australia, Belanda, Jepang, Amerika Serikat, Hungaria, Hong Kong, China, Israel, Afrika Selatan, Republik Ceko, Turki, Tiongkok, Kanada, Republik Korea, Peru, Selandia Baru, Seychelles, dan Slovenia. Terlihat ada Israel di jajaran negara yang berhak tampil di cabor open water swimming 5 kilometer kategori putri.

Dua cabor di AWBG 2023 akan diikuti oleh atlet dari Israel. Apakah ajang ini bakalan ada penolakan juga untuk kehadiran atlet dari Isarel? Apakah multievent yang dihadiri oleh ribuan atlet dan ofisial ini juga akan batal seperti halnya Piala Dunia U-20? Semoga saja tetap berlangsung di Bali ya.

Ari Budiadnyana Photo Community Writer Ari Budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya