119 Atlet Wushu Junior Bali Jajal Sirkuit Nasional 2022

Semangat atlet wushu

Pengurus Besar Wushu Indonesia (PBWI) kembali menggelar kejuaraan wushu tingkat nasional yang bertajuk Sirkuit Nasional (Sirnas) Wushu Taolu Season 2 2022. Season 2 ini merupakan kelanjutan kejuaraan sama yang diadakan pada tahun 2021 lalu.

Sirnas 2022 diadakan tiga kali putaran yaitu stage 1, stage 2, dan putaran final. Stage 1 dan 2 diadakan secara virtual atau online, sedangkan putaran final diadakan langsung di lokasi pertandingan.

Baca Juga: Atlet Wushu Bali Raih Medali Emas Pertama di Indonesia Wushu All Games

1. Diadakan di masa pandemik agar atlet wushu tetap semangat berlatih

119 Atlet Wushu Junior Bali Jajal Sirkuit Nasional 2022Atlet wushu junior sedang berlatih untuk persiapan Sirnas 2022. (dok. Sasana Sinar Naga)

Dikutip Surat Keputusan PB Wushu Indonesia Nomor: Kep-11/PB.WI/III/2022, tanggal 31 Maret 2022, Sirnas 2022 bertujuan agar atlet-atlet wushu Indonesia tetap semangat berlatih, mempunyai wadah untuk berkompetisi, dan menjaring atlet-atlet wushu junior untuk masuk pemusatan latihan nasional (Pelatnas) junior.

Nantinya, atlet-atlet junior yang masuk ke dalam pelatnas akan mengikuti 8th World Wushu Championhips 2022. Kejuaraan dunia wushu junior ini rencananya akan diadakan pada bulan Desember 2022 nanti di Indonesia.

Baca Juga: 10 Tempat Latihan Wushu di Bali

2. Sirnas 2022 mempertandingkan nomor Taolu

119 Atlet Wushu Junior Bali Jajal Sirkuit Nasional 2022Atlet wushu saat pengambilan video secara online. (dok. Sasana Wushu Genta Dewata)

Sama seperti sebelumnya, Sirnas 2022 menggunakan putaran 1 dan 2 (stage 1 dan stage 1) yang mempertandingkan nomor Taolu saja. Semua nomor Taolu dipertandingkan dalam kejuaraan kali ini baik untuk tangan kosong maupun senjata.

Tangan kosong mempertandingkan nomor Chang Quan, Nan Quan, dan Taiji Quan. Sedangkan untuk senjata mempertandingkan nomor senjata pendek dan senjata panjang seperti Jian Shu, Dao Shu, Nan Dao, Qiang Shu, Gun Shu, Nan Gun, dan Taijian. Masing-masing nomor ini dibagi dalam kelompok umur kelas C, B, dan A.

3. Bersifat open dan menggunakan sistem pengumpulan poin

119 Atlet Wushu Junior Bali Jajal Sirkuit Nasional 2022atlet wushu junior Bali (dok. Sasana Suryatama Wushu Indonesia)

Sirnas 2022 dibuka untuk atlet wushu junior dari seluruh Tanah Air dan bersifat open. Atlet-atlet tersebut bisa mewakili sasana maupun pengurus provinsi (pengprov) atau pengurus kota/kabupaten (pengkot/pengkab) daerahnya masing-masing.

Selama di stage 1 dan stage 2, masing-masing atlet mengumpulkan poin untuk melaju ke final stage. Syarat lolos ke final stage adalah atlet harus mengumpulkan poin minimal 25.

4. Pengambilan gambar dilakukan dengan sistem sekali rekam

119 Atlet Wushu Junior Bali Jajal Sirkuit Nasional 2022Atlet wushu saat pengambilan video secara online. (dok. Sasana Wira Muda Bali)

Pelaksanaan Sirnas 2021 lalu untuk stage 1 dan 2, pengambilan video atlet dilakukan secara live streaming dari masing-masing lokasi, dan langsung dinilai oleh dewan juri. Untuk pelaksanaan stage 1 tahun ini, hanya penilaian (judging) saja yang dilakukan secara live streaming.

Pengambilan video atlet diambil seminggu sebelum pertandingan dengan sistem sekali rekam. Sehingga atlet hanya diperbolehkan merekam video satu kali saja dan tidak ada pengulangan.

Pengambilan video ini dilakukan pada tanggal 11 hingga 15 April 2022. Setelah pengambilan, nantinya video akan diverifikasi oleh pihak panitia. Setelah itu, video-video tersebut akan dilakukan penilaian oleh para juri secara live streaming pada 20 hingga 24 April 2022.

5. Bali mengirim 119 atlet wushu junior terbaiknya

119 Atlet Wushu Junior Bali Jajal Sirkuit Nasional 2022atlet wushu junior Bali (dok. Sasana Sinar Naga)

Para atlet wushu junior Bali tidak mau ketinggalan untuk berpartisipasi di ajang sirnas 2022. Tercatat 119 atlet putra dan putri siap bersaing untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya. Mereka berasal dari sasana wushu yang ada di Bali, yaitu:

  • Wushu Genta Tabanan: 18 atlet
  • Patriot Dewata: 6 atlet
  • Pusaka Tantra: 6 atlet
  • Suryatama Wushu Badung: 7 atlet
  • Sinar Naga: 16 atlet
  • Suryatama Wushu Gianyar: 5 atlet
  • Suryatama Wushu Indonesia: 30 atlet
  • Vihara Dharma Ratna: 8 atlet
  • Wira Muda Bali: 16 atlet
  • Yayasan Garuda Dewata Wushu Indonesia: 7 atlet.

Ketua Pengprov WI Bali, Andra Jaya, menyatakan Sirnas 2022 adalah ajang untuk mengasah mental dan evaluasi kemampuan atlet wushu Bali. Kejuaraan ini bukan semata-mata mengejar prestasi, melainkan memberikan kesempatan para atlet junior untuk merasakan kompetisi di tingkat nasional.

"Hasil Sirnas ini bisa menjadi bahan evaluasi masing-masing pelatih untuk meningkatkan kualitas atlet-atletnya di kompetisi berikutnya," ungkap pria dengan ciri khas rambut gondrongnya ini ketika dihubungi melalui saluran telepon, Minggu (17/4/2022).

Seluruh pertandingan stage 1 Sirnas 2022 akan disiarkan secara live streaming di kanal YouTube INAWUSHU CHANNEL mulai 20 hingga 24 April 2022. Ayo dukung atlet-atlet kebanggaanmu, semoga para atlet wushu junior Bali bisa memberikan hasil yang terbaik. Jiayouuu!

Ari Budiadnyana Photo Community Writer Ari Budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya