Comscore Tracker

5 Atlet Bali Peraih Medali di SEA Games Vietnam

Terima kasih ya udah berjuang untuk Bali dan Indonesia

SEA Games 2021 yang berlangsung di Vietnam kini telah selesai. Gelaran yang mempertemukan atlet-atlet berbakat dari berbagai cabang olahraga di Asia Tenggara ini resmi ditutup oleh Perdana Menteri Republik Sosialis Vietnam, Pham Minh Cinh, Senin (23/5/2022) lalu.

Pada SEA Games ini, tuan rumah Vietnam menjadi jawara. Sedangkan Indonesia menduduki posisi ketiga dengan perolehan medali 69 emas, 91 perak, dan 81 perunggu. Atlet-atlet dari Bali tidak ketinggalan ikut menyumbang medali untuk bangsa dan tanah kelahirannya. Siapa saja?

Berikut ini deretan atlet Bali peraih medali di SEA Games 2021 Vietnam.

Baca Juga: 5 Fakta Vovinam, Atlet Bali Berhasil Sumbang Emas SEA Games

1. I Gusti Ayu Manik Trisna Dewi Wetan

5 Atlet Bali Peraih Medali di SEA Games VietnamI Gusti Ayu Manik Trisna Dewi Wetan. (instagram.com/kemenpora)

I Gusti Ayu Manik Trina Dewi Wetan adalah atlet vovinam yang berasal dari Kabupaten Tabanan. Ia sukses meraih medali tertinggi, yakni emas di cabor vovinam nomor Female Single Weapon Practice Yin Yang Sword Form.

Gung Manik, begitu ia biasa disapa, berhasil mengalahkan atlet Myanmar (perak), dan tuan rumah Vietnam, dan Kamboja yang meraih perunggu. Gung Manik meraup poin 271 di nomor ini.

Baca Juga: Sosok Badengwati, Juara Dunia Pencak Silat dari Bali yang Terlupakan

2. Cokorda Istri Agung Sanistyarani 

5 Atlet Bali Peraih Medali di SEA Games VietnamCokorda Istri Agung Sanistyarani. (instagram.com/kemenpora)

Coki adalah sapaan akrab dari karateka Bali yang memiliki nama lengkap Cokorda Istri Agung Sanistyarani. Atlet kelahiran Kabupaten Klungkung, 31 Desember 1994 ini berhasil meraih medali emas di cabor karate kategori Women's 55 Kilogram Kumite.

Coki mengalahkan Namkhao Penpisut, karateka Thailand, dengan skor 2-10 di final. Ini adalah medali emas kedua bagi Coki di ajang SEA Games. Karena sebelumnya, pernah meraih medali emas pada SEA Games 2017.

3. Dewa Putu Yadi Suteja

5 Atlet Bali Peraih Medali di SEA Games VietnamDewa Putu Yadi Suteja bersama rekan-rekannya di cabor menembak. (instagram.com/kemenpora)

Sersan Mayor (Serma) Dewa Putu Yadi Suteja adalah anggota Rindam IX/Udayana. Dewa Yadi adalah atlet cabor menembak yang berhasil meraih medali emas beregu putra pada nomor 25 Meter Rapid Fire Pistol.

Ia bersama Anang Yulianto dan Totok Tri Martanto, sukses mengumpulkan skor 1,710 untuk menundukkan lawan-lawannya dari Vietnam, Malaysia, Thailang, serta Singapura. Dewa Yadi yang pernah terjun dalam Operasi Satgas Pemulihan Keamanan di Nangroe Aceh Darussalam ini merupakan atlet menembak berprestasi.

Beberapa kali pernah meraih medali emas dalam kejuaraan nasional seperti Panglima TNI Cup 2018, Kasad Cup 2017, Kejurnas Pangdam Jaya 2020, dan lainnya.

4. I Gusti Agung Gede Ary Wirawan Wetan

5 Atlet Bali Peraih Medali di SEA Games VietnamI Gusti Agung Gede Ary Wirawan Wetan bersama rekannya di vovinam. (instagram.com/kemenpora)

Gung Ary atau I Gusti Agung Gede Ary Wirawan Wetan adalah kakak dari atlet vovinam, I Gusti Ayu Manik Trisna Dewi Wetan. Kakak adik ini berhasil mengharumkan nama Indonesia dan Bali dengan membawa pulang medali.

Kalau sang adik membawa pulang medali emas, kakaknya meraih perunggu di nomor Men's Multiple Weapon Practice 01 Players Defends Againts 03. Dalam nomor ini, Gung Ary bertanding bersama tiga rekannya yaitu Dewa Gde Tomi Sanjaya, I Nyoman Suryawan, dan I Wayan Sumertayasa.

5. Ni Kadek Anny Pandini

5 Atlet Bali Peraih Medali di SEA Games VietnamNi Kadek Anny Pandini bersama tim judo Indonesia. (instagram.com/kemenpora)

Sertu Kowad Ni Kadek Anny Pandini atau yang lebih akrab disapa Anny berhasil meraih medali perak pada cabor judo nomor beregu campuran (Mixed Team). Atlet yang berdinas di Jasdam IX/Udayana, Kota Denpasar ini sudah langganan masuk sebagai tim nasional judo.

Anny pernah meraih medali emas pada helatan SEA Games 2019 di Filipina untuk kelas 57 kilogram putri. Namun SEA Games kali ini, ia mengalami cedera. Turun di nomor Mixed Team, Anny meraih kemenangan pada laga final melawan tim Thailand, namun belum berhasil membawa pulang medali emas.

Bali selain terkenal sebagai daerah tujuan wisata, juga memiliki banyak atlet olahraga yang berprestasi. Semoga di ajang-ajang internasional berikutnya, nama-nama atlet dari Bali bisa lebih banyak lagi dan menyumbang medali untuk Indonesia.

ari budiadnyana Photo Community Writer ari budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya