Comscore Tracker

10 Motif Batik Khas Bali, Estetik Banget! 

Cantik dan indah sekali kan?

Batik Indonesia telah ditetapkam oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNSECO) sebagai Intangible Cultural Heritage (ICH) pada 2 Oktober 2009 lalu. Batik yang populer di Indonesia satu di antaranya adalah motif batik dari Bali.

Ya, Bali memang tak hanya kaya akan keindahan alamnya, namun juga memiliki karya batik yang tak kalah unik dan bagus di antara motif batik daerah lainnya di Indonesia. Ciri-ciri motif batik Bali adalah umumnya bernuansa ukiran hewan dan/atau bunga. Hal ini dipengaruhi oleh keragaman budaya, adat, dan istiadat masyarakat Bali. 

Warga Banjar Tegeha, Desa Batu Bulan, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Pande Ketut Krisna, mengedarkan batik pertama di Bali pada tahun 1970. Awal mulanya, kain batik digunakan sebagai ikat kepala atau udeng laki-laki. Namun dalam perkembangannya, batik telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat. 

Dilansir dari brin.go.id (25/1/2021), pembatik Bali asal Jembrana, I Ketut Widiadnyana dan Luh Wayan Sriadi, telah menyabet 20 sertifikat HAKI atas desain morif batik produksinya. Usaha miliknya, CV Putri Mas Collection, juga mendapatkan pendanaan dari pemerintah dalam program PPBT Kemenristek/BRIN pada tahun 2017 dan 2018.

Penasaran lebih jauh tentang motif batik Bali? Nah dilansir dari berbagai sumber, berikut 10 motif batik estetik khas Bali:

Baca Juga: 9 Fakta Tenun Gringsing Desa Adat Tenganan Karangasem

1. Motif Ulamsari Mas

10 Motif Batik Khas Bali, Estetik Banget! (bergaya.id)

Ikan mas dan udang dalam ukiran batik bermakna sebagai mata pencaharian penduduk Bali. Hingga kini, masyarakat di wilayah Bali Utara masih membudidayakan ikan mas dan udang, bahkan diekspor hingga ke luar negeri.

Keindahan pantai dan laut Bali tak hanya dijadikan sebagai destinasi wisata, namun juga kekayaan laut yang dimanfaatkan sebagai sumber pendapatan. 

2. Motif Bali Singa Barong 

10 Motif Batik Khas Bali, Estetik Banget! (Www.teepublic.com)

Singa barong adalah simbol keajaiban bagi penganut Hindu Bali. Hewan ini memiliki mitologi dengan nilai spritual yang tinggi. Karena kekuatannya, singa dijuluki sebagai raja hutan. Barong kerap terlihat dalam berbagai upacara hingga kegiatan adat dan tradisi masyarakat Bali. 

3. Motif Abyorhokokai 

10 Motif Batik Khas Bali, Estetik Banget! (@batiktulismas/www.instagram.com)

Bali telah menjadi tempat wisata legendaris, baik bagi masyarakat lokal maupun turis mancanegara. Karena keelokan alam dan budayanya, Bali memiliki ciri khas dari berbagai destinasi wisata. Burung merak dan bunga sakura dalam ukiran batik Abyorhokokai adalah simbol keindahan wisata alam Bali. Perpaduan seni yang unik bukan? 

4. Motif Barong Bali Kembar 

10 Motif Batik Khas Bali, Estetik Banget! (Art van der Spek/pinterest.com)

Selain keindahan alam, Bali juga kaya akan seni tari. Satu di antaranya adalah Tari Barong. Apabila Barong diidentikkan dengan nuansa kebudayaan China, maka masyarakat Bali telah melakukan akulturasi budaya melalui Tarian Barong dengan nilai spirit perlawanan terhadap kejahatan. Terukir dalam motif batik, Barong kembar menandakan khas seni tari Bali. 

5. Batik Bali Buketan Hitam 

10 Motif Batik Khas Bali, Estetik Banget! (Arief Laksono/www.pinterest.com)

Hitam menjadi warna populer yang disukai oleh masyarakat Indonesia. Akan menjadi sangat menarik sekali apabila di atas warna hitam terdapat ukiran khas batik Bali. 

6. Motif Buketan Kombinasi  

10 Motif Batik Khas Bali, Estetik Banget! (Gordonstoun/www.pinterest.com)

Buket atau bouquet dalam bahasa Prancis berarti bunga. Batik dengan motif buket identik dengan warna dan lukisan yang feminim. Jika kamu menyukai motif elegan nan cantik, batik motif buket khas Bali ini wajib kamu miliki!

7. Motif Batik Tulis

10 Motif Batik Khas Bali, Estetik Banget! (Fabelio Official/www.tokopedia.com)

Perkembangan teknologi telah berdampak pada pesatnya industri batik. Dari yang menggunakan alat tradisional dengan produksi terbatas, sampai pada penggunaan alat modern untuk pembuatan batik yang banyak. Teknik batik tulis adalah cara-cara tradisional. Biasanya, batik tulis bercorak bunga. 

8  Motif Jagatan Pisang

10 Motif Batik Khas Bali, Estetik Banget! (bergaya.id)

Motif jagatan pisang berarti keselamatan, pengharapan, dan doa. Biasanya batik jagatan pisang diberikan kepada orang terkasih saat bepergian agar dapat kembali dengan selamat. Tentunya, batik Bali dengan ciri khas motif jagat pisang juga kental akan tradisi yang diwariskan leluhur masyarakat Bali. 

9. Motif Batik Sating

10 Motif Batik Khas Bali, Estetik Banget! (Terri P/www.pinterest.com)

Cerah, penuh dengan nuansa ceria, diliputi berbagai kombinasi warna, dengan ragam ukiran bunga dan tumbuhan. Batik sating adalah perpaduan gaya modern dan style tradisional. Jika kamu penyuka warna cerah, wajib banget nih punya koleksi batik sating!

10. Motif Burung

10 Motif Batik Khas Bali, Estetik Banget! (Www.freepik.com)

Burung adalah simbol keasrian Bali. Di tengah masifnya industrialisasi kota, burung menjadi hal yang langka ditemui dalam kehidupan masyarakat kota. Namun, Bali yang masih kental akan pelestarian alam, memiliki kekhasan keasrian desanya.

Nah itu 10 motif batik khas Bali. Mana menurut kamu yang paling cantik?

Ufiya Amirah Photo Community Writer Ufiya Amirah

Mahasiswa S1 Ilmu Politik Universitas Udayana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya