Comscore Tracker

5 Senjata Mematikan dalam Mitologi Hindu, Lebih Kuat dari Nuklir

Bahkan langit bisa berubah jadi api dan turun hujan meteor

Dalam peperangan di mitologi Hindu selalu ada campur tangan para Batara. Para tokoh jahat maupun yang baik tetap akan mendapatkan anugerah apabila memohon kepada Batara. Satu di antara anugerahnya berupa astra, yaitu senjata supranatural yang memiliki daya hancur kelas dewa. Berikut ini 10 senjata mematikan dalam mitologi Hindu:

Baca Juga: 4 Doa Hindu Memohon Kesembuhan, Menjenguk Orang Sakit Hingga Melayat

1. Trishula merupakan senjata terkuat yang dimiliki oleh Batara Guru sejak lahir

5 Senjata Mematikan dalam Mitologi Hindu, Lebih Kuat dari Nuklirilustrasi Batara Guru dengan senjata Trishula (pixabay.com/sarangib)

Trishula tidak dapat dihentikan, kecuali oleh Batara Siwa. Batara Siwa dapat merombak dunia menggunakan Trishula. Senjata ini memiliki tiga mata tonggak di ujungnya. Ketiga ujung tersebut merupakan lambang dari tiga aspek kehidupan. Yaitu penciptaan, pemeliharaan, dan kehancuran dari Trimurti.

Batara Siwa pernah menggunakan Trishula untuk memenggal kepala putranya sendiri, Vinayaka. Untuk menghibur pasangannya, Dewi Parwati, kepala Vinayaka diganti oleh kepala gajah (Ganesa).

2. Cakra Sudarsana merupakan senjata utamanya Batara Wisnu

5 Senjata Mematikan dalam Mitologi Hindu, Lebih Kuat dari NuklirArtstation.com/sudhir vakundkar

Biasanya disebut sebagai lambang "roda waktu" dan memiliki 108 titik yang berduri di bagian ujungnya, Cakra Sudarsana tidak dapat dihentikan oleh apa pun.

Dalam kisah Mahabharata, Sri Krishna (Jelmaan Batara Wisnu) memiliki Cakra Sudarsana sebagai senjata. Ketika ada upacara Rajasuya, Shri Krishna dihina oleh sepupunya, Sisupala, ratusan kali. Ia kemudian melepaskan senjata tersebut dan mengenai kepala Sisupala hingga terpenggal.

3. Pashupatastra merupakan senjata terkuat milik Batara Siwa

5 Senjata Mematikan dalam Mitologi Hindu, Lebih Kuat dari NuklirBatara Guru memberikan Pashupatastra kepada Arjuna. (wikimedia.org)

Senjata ini awalnya pernah dimiliki Sri Rama dan Resi Wiswamitra, serta tidak bisa digunakan orang lemah. Senjata bisa dilepaskan menggunakan pikiran, mata, dan panah.

Dalam Mahabharata, Arjuna harus bertapa dulu dan menyenangkan hati Batara Siwa untuk mendapatkan senjata tersebut. Suatu ketika, Arjuna berkelahi dengan seorang pemburu. Namun ia baru menyadari, kalau pemburu tersebut adalah sang Batara Guru. Arjuna langsung memohon ampun.

Batara Siwa salut melihat kemampuan memanahnya, dan memberikan Pashupatastra tersebut kepada Arjuna. Namun Arjuna menyadari kekuatan penghancurnya cukup besar. Sehingga tidak pernah menggunakannya lagi.

4. Brahmanda Astra

5 Senjata Mematikan dalam Mitologi Hindu, Lebih Kuat dari NuklirDevianart.com/Nisachar

Pusaka Brahmanda konon dipercaya sebagai manifestasi satu dari lima kepala Brahma. Maha Resi Wasista pernah menggunakan pusaka Brahmanda untuk melawan Maharaja Kaushika. Bahkan pusakanya Maharaja Kaushika yang bernama Brahmastra 'ditelan' oleh pusaka Brahmanda.

Akhirnya Kaushika memilih bertobat dan berdamai dengan Wasista, dan menjadi Resi Brahma Wiswamitra.

Baca Juga: 8 Rangkaian Upacara Adat Hindu Bali untuk Keselamatan Buah Hati

5. Brahmashirsha Astra merupakan senjata pembunuh Dewa, dan empat kali lebih mematikan dari Brahmastra

5 Senjata Mematikan dalam Mitologi Hindu, Lebih Kuat dari NuklirBrahmashirsha Astra Aswatama dan Arjuna beradu hingga harus dihentikan oleh Narada dan Vyasa. (wikimedia.org)

Bahkan area yang disasarnya tidak dapat dihuni selama 12 tahun. Kalau senjata ini ditembakkan, maka langit akan berubah menjadi api, turun hujan meteor, dan semua makhluk jadi gentar. Dalam Mahabharata, Arjuna, Aswatama, Karna, Drona, dan Resi Agniwesa selalu menggunakan senjata ini setiap bertarung.

Sebenarnya masih ada lima senjata lagi yang paling mematikan dalam mitologi Hindu. Untuk mengetahuinya, kamu bisa cek di sini.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya