Comscore Tracker

5 Pohon Tertinggi di Dunia, Ada yang Hampir Setinggi Monas

Pohonnya rata-rata jenis Redwood

Indonesia memiliki hutan hujan tropis yang mengoleksi berbagai jenis pohon dengan ragam ukuran dan ketinggian yang fantastis. Tetapi tahukah kamu, jika pohon tertinggi di dunia itu malah bukan dari Indonesia?

Betul. Rata-rata, pohon tertinggi di dunia justru berada di negara yang memiliki empat musim. Satu di antaranya tumbuh di Amerika Serikat. Pohon-pohon raksasa itu didominasi oleh jenis Redwood dan ketinggiannya juga diakui oleh Guinness World Records. Nah, pohon mana saja ya?

Dilansir Worldatlas.com dan Guinnessworldrecords.com, inilah deretan pohon tertinggi di dunia.

Baca Juga: 12 Tsunami Paling Mematikan dalam Sejarah Manusia

1. Hyperion, pohon yang tumbuh di Redwood National Park

5 Pohon Tertinggi di Dunia, Ada yang Hampir Setinggi Monaspexels.com/Aaron Kittredge

Pohon bernama Hyperion ini merupakan jenis redwood dengan nama latin sequoia sempervirens. Pohon yang satu ini tumbuh di Redwood National Park, California Utara. Hyperion pertama kali ditemukan oleh Michael Taylor dan Chris Atkins, pada Agustus 2016. Tingginya sekitar 378,1 kaki atau setara 115 meter.

Terbaru, pohon ini diukur lagi pada tahun 2019 dan mencatat ukuran setinggi 380 kaki, 9,7 inci atau setara 116,07 meter. Wah, sedikit lagi menyamai tinggi Monas ya? Hyperion diperkirakan berusia antara 600 dan 800 tahun.

Baca Juga: Mengenal 7 Kegelapan di Tubuh Manusia Menurut Ajaran Hindu

2. Helios, pohon yang juga tumbuh di Redwood National Park

5 Pohon Tertinggi di Dunia, Ada yang Hampir Setinggi Monaspexels.com/Mike Krejci

Sebelum Hyperion ditemukan, Helios merupakan pemegang rekor pohon tertinggi di dunia antara 1 Juni dan 25 Agustus 2006. Pohon ini setinggi 376,6 kaki atau setara 114, 8 meter.

Sama halnya dengan Hyperion, Helios juga merupakan pohon berjenis redwood yang tumbuh di Redwood National Park, California Utara.

3. Icarus yang tumbuh di lokasi sama dengan Helios dan Hyperion

5 Pohon Tertinggi di Dunia, Ada yang Hampir Setinggi Monaspexels.com/Laura Gimbel

Masih dari jenis redwood, rekor ketiga dipegang oleh pohon yang diberi nama Icarus. Pohon ini juga tumbuh di tempat yang sama dengan Helios dan Hyperion, yaitu Redwood National Park, California Utara.

Icarus ditemukan pada Juli 2016 dan memiliki tinggi 113,14 meter dan diameter 3,7 meter. Wah, lebar banget ya.

4. Stratosphere Giant di Taman Nasional Humboldt

5 Pohon Tertinggi di Dunia, Ada yang Hampir Setinggi Monaspexels.com/Ricardo Esquivel

Pohon redwood yang satu ini juga pernah menjadi pohon tertinggi di dunia, lho. Tingginya yang mencapai 371 kaki tersebut, menjadi pemegang rekor dunia sebelum Hyperion, Helios, dan Icarus ditemukan.

Namun berbeda dengan ketiga pohon tersebut, Stratosphere Giant terletak di Taman Nasional Humboldt dan ditemukan pada tahun 2000.

5. Centurion di Tasmania

5 Pohon Tertinggi di Dunia, Ada yang Hampir Setinggi Monaspexels.com/Lachlan Ross

Centurion merupakan pohon jenis Eucalyptus yang ditemukan pada tahun 2008. Pohon yang satu ini berlokasi di Tasmania, Australia dan ditemukan oleh seorang penjaga hutan. Memiliki ketinggian sekitar 327,5 kaki atau 99,82 meter (diukur pada tahun 2014), Centurion juga hampir tidak dapat dijangkau oleh kedua tangan manusia lantaran diameternya 13,28 kaki atau sekitar 4 meter.

Selain menjadi pohon terbesar kelima di dunia, Centurion juga disebut sebagai tanaman berbunga tertinggi dan pohon kayu keras tertinggi. Pohon ini hampir menjadi korban kebakaran hebat yang melanda Tasmania pada tahun 2019 lalu. Beruntungnya Centurion tetap berdiri meskipun sedikit hangus.

Nah, itulah beberapa pohon tertinggi di dunia. Semoga pohon-pohon tersebut tetap terlindungi dan tidak kena penebangan liar ya.

Suarcani Photo Community Writer Suarcani

Penulis yang seringkali baper dengan kisah karangannya sendiri.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya