Jadi Tersangka, Rizal Djalil Diberhentikan Sementara Dari BPK

Rizal terlibat kasus suap penyediaan air minum

Denpasar, IDN Times - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menetapkan anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Rizal Djalil, sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Kementeria‎n Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) tahun anggaran 2017-2018. Pasca ditetapkan sebagai tersangka, Rizal diberhentikan sementara sebagai anggota BPK.

1. Rizal Djalil dinonaktifkan sementara sebagai anggota IV BPK

Jadi Tersangka, Rizal Djalil Diberhentikan Sementara Dari BPKDok.IDN Times/Istimewa

Ketua BPK, Moermahadi Soerja Djanegara, mengungkapkan penetapan status tersangka tersebut membuat Rizal Djalil diberhentikan sementara sebagai anggota IV BPK.

"Kalau di BPK kita sudah memberhentikan sementara (Rizal Djalil). Begitu dinyatakan sebagai tersangka (oleh KPK)," kata Moermahadi, saat ditemui di Denpasar, Kamis (10/10).

2. BPK menghormati proses hukum yang berjalan

Jadi Tersangka, Rizal Djalil Diberhentikan Sementara Dari BPKpixabay.com/Mdesigns

Moermahadi menegaskan pihaknya menghormati segala bentuk proses hukum yang sedang berjalan.

"Iya kita mengikuti aturan, kalau itu melanggar hukum ya kita ikuti. Silakan saja itu dijalankan," tegasnya.

3. Kasus Rizal tidak ada hubungannya dengan BPK

Jadi Tersangka, Rizal Djalil Diberhentikan Sementara Dari BPKDok.IDN Times/Istimewa

Moermahadi menyampaikan, kasus yang menimpa Rizal Djalil tidak ada hubungannya dengan BPK. "Kasus tidak ada hubungan dengan BPK. Temuan tidak ada masalah," ujarnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, anggota BPK, Rizal Djalil, ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK. Sebelum ditetapkan sebagai tersangka kasus suap proyek SPAM, Rizal diperiksa terlebih dahulu sebagai saksi dalam kasus tersebut.

“Dalam pengembangan perkara ini, ditemukan dugaan aliran dana 100 ribu dolar Singapura pada salah satu anggota BPK RI dari pihak swasta,” kata Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang, Rabu (25/9) lalu.

Baca Juga: Rekam Jejak Rizal Djalil, Eks Ketua BPK yang Jadi 'Pasien' KPK

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya