Comscore Tracker

Jan Ethes Temani Kakeknya Meresmikan Pesta Kesenian Bali

Jan Ethes ikut melambaikan tangan

Denpasar, IDN Times - Presiden Joko Widodo telah meresmikan Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-41 secara simbolis dengan memukul kulkul di depan Lapangan Bajra Sandhi, Renon, Sabtu (15/6) sore. Selama proses peresmian itu, Jan Ethes Sri Narendra terlihat ikut meramaikan peresmian tersebut dari atas mobil hias bersama Jokowi.

Cucu pertamanya ini ditemani juga oleh Ibu Negara Iriana Jokowi, dan putra pertama Gibran Rakabuming.

1. Ia tampak lucu dalam balutan baju adat Bali

Jan Ethes Temani Kakeknya Meresmikan Pesta Kesenian BaliInstagram.com/janethes_story

Jokowi dan keluarga tampak kompak mengenakan baju adat Bali lengkap dengan udengnya. Jokowi mengenakan baju berwarna abu-abu sementara sang cucu nampak lucu mengenakan baju putih dengan udeng berwarna cokelat.

Dari atas mobil, ia beberapa kali menyapa warga yang memadati lokasi acara. Tak lupa, Jan Ethes juga ikut sang kakek melambaikan tangannya. Acara ini digelar di Monumen Perjuangan Rakyat Bali, Denpasar, Sabtu (15/6). Pawai ini berakhir di depan Kantor Gubernur Bali.

"Pak Jokowi, Pak Jokowi," seru warga yang hadir.

2. Jadi rebutan selfie

Jan Ethes Temani Kakeknya Meresmikan Pesta Kesenian BaliIDN Times/Imam Rosidin

Sesampainya di lokasi finish pawai, Jokowi menghampiri masyarakat yang hadir mengikutinya. Ia menjadi rebutan selfie para warga. Mereka berebut untuk mendekat dan berfoto.

Ni Luh Ariani (29), warga Denpasar, mengaku sengaja datang ke acara ini supaya mendapatkan foto selfie bersama Jokowi. Sayangnya ia tak bisa mendekat dan harus kecewa.

"Ramai banget gak bisa mendekat," kata dia.

3. PKB tahun ini mengusung tema Bayu Pramana

Jan Ethes Temani Kakeknya Meresmikan Pesta Kesenian BaliIDN Times/Imam Rosidin

Gubernur Bali, I Wayan Koster, menjelaskan PKB 2019 kali ini mengangkat tema Bayu Pramana. Artinya, memuliakan energi angin yang dikemas secara khusus. Hal ini untuk menumbuhkan kesadaran dalam memuliakan daya dan energi, serta unsur alam semesta yakni udara, angin, dan napas.

"Atau sebutan lain disebut energi angin," katanya menjelaskan.

4. Diikuti ratusan seniman

Jan Ethes Temani Kakeknya Meresmikan Pesta Kesenian BaliIDN Times/Imam Rosidin

Peserta pawai ini diikuti 4.370 orang yang berasal dari seniman, penabuh, penari, koreografer dan masyarakat seni dari sembilan Kabupaten/Kota di Bali.

Selain itu, PKB ini juga dihadiri oleh duta dari 10 daerah Indonesia. Di antaranya Papua, Jakarta, Jogjakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Sumatera Utara, Lampung, Sulawesi Tengah, dan Kalimantan Tengah. Selain itu ada perwakilan dari lima negara yakni Amerika Serikat, Republik Rakyat Tiongkok, Jepang, India, dan Singapura.

PKB akan dilaksanakan selama satu bulan dari tanggal 15 Juni hingga 13 Juli 2019, diikuti oleh 304 peserta dengan menghadirkan hasil karya lebih dari 4 ribu seniman domestik dan mancanegara.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You