5 Fakta Festival Bahari Kuta 2023, Pulihkan Wisata Pantai Samigita

Jangan lupa datang ya

Badung, IDN Times - Untuk menghidupkan kembali pesona pariwisata Bali, terutama di kawasan Pantai Kuta, Dinas Pariwisata Kabupaten Badung mempersembahkan Festival Bahari 2023 di Area Skate Park Halfway Pantai Kuta pada 1 hingga 4 Oktober 2023 mendatang. Acara yang bertemakan Kuta Accolade atau apresiasi untuk Kuta tersebut diungkap sebagai jawaban tantangan berat yang dihadapi selama dua tahun terakhir akibat pandemik.

Hal ini diakui oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Badung, I Nyoman Rudiarta. Bahwa kegiatan ini merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Badung untuk mempromosikan Pantai Samigita (Seminyak, Legian, Kuta) usai revitalisasi. Apa saja kegiatan yang akan dilakukan?

1. Sebagai momentum awal setelah revitalisasi

5 Fakta Festival Bahari Kuta 2023, Pulihkan Wisata Pantai SamigitaSituasi Pantai Kuta 2023 (Dok.IDN Times/istimewa)

Nyoman Rudiarta mengatakan Kabupaten Badung sebagai jiwa pariwisata Bali mengajak seluruh Dinas Pariwisata se-Bali untuk melakukan promosi pariwisatanya. salah satunya melalui Festival Bahari akan rencananya akan dilakukan setiap tahun. Dalam festival ini akan dilakukan upaya promosi pariwisata hingga atraksi lomba. Sehingga dapat membangkitkan kembali potensi pesona destinasi, serta mengundang wisatawan domestik dan internasional untuk kembali mengeksplorasi keindahan dan potensi wilayah Samigita.

“Kami berharap sebagai momentum awal setelah dilaksanakan revitalisasi kawasan Pantai Samigita. Berharap kegiatan ini memberikan manfaat seluas-luasnya untuk media promosi,” ungkapnya.

2. Expo, kuliner dan panggung hiburan mewarnai kegiatan

5 Fakta Festival Bahari Kuta 2023, Pulihkan Wisata Pantai SamigitaPantai di Bali (IDN Times/Ayu Afria)

Festival Bahari 2023 bukan hanya tentang pariwisata, tetapi juga tentang mendukung ekonomi lokal. Dengan mengundang UMKM lokal berpartisipasi dalam festival pesisir pantai. Kemeriahan festival akan ditambah dengan penampilan dari artis seniman  yang telah berkarir di industri musik dan dikenal luas. Serta talenta berbakat di seputaran SAMIGITA (Seminyak, Legian, Kuta).

Beberapa band ternama yang dijadwalkan tampil di antaranya Joni Agung & Double T, Widi Widiana & Dek Ulik, The Hydrant, Stone Cold Killers, De Artha Band, Crazy Horse feat Danan, Reggae & Blues Band, Parade DJ & Bands, lainnya.

3. Kompetisi olahraga mulai dari yang ekstrem

5 Fakta Festival Bahari Kuta 2023, Pulihkan Wisata Pantai Samigitamokumsurfclub.com

Untuk mereka yang mencari sensasi olahraga, Festival Bahari 2023 akan menyelenggarakan berbagai perlombaan ekstrem. Di antaranya surfing, skateboarding, dan wall climbing . Ini adalah kesempatan bagi para atlet dan penggemar olahraga ekstrem untuk bersaing dan menunjukkan keahlian mereka. Sementara itu untuk kegiatan panjat tebing akan diadakan di Eiger Sunset Road pada tanggal 2 dan 3 Oktober 2023.

Baca Juga: Spiderman Surfing di Bali, Ini Fakta tentang Andrew Garfield

4. Lomba seni dan kreativitas serta sunset artmovement

5 Fakta Festival Bahari Kuta 2023, Pulihkan Wisata Pantai SamigitaPantai di Bali (IDN Times/Ayu Afria)

Puncak dari kreativitas Bali akan disorot dalam acara body painting serta perlombaan seni seperti Fruit dan Vegetable Carving. Para seniman akan mengekspresikan diri mereka melalui karya seni yang menakjubkan. Serta aksi spontanitas seniman musik, dan tari yang akan merespons suasana sunset setiap harinya.

5. Dragon boat akan diadakan di Pantai Jerman

5 Fakta Festival Bahari Kuta 2023, Pulihkan Wisata Pantai SamigitaPantai di Bali (IDN Times/Ayu Afria)

Perlombaan perahu naga yang akan diadakan di Pantai Jerman pada tanggal 4 Oktober 2023 mendatang menjadi rangkaian menarik lainnya. Tim-tim berkompetisi dengan gagah berani, memacu perahu naga mereka melewati ombak samudra yang mendebarkan.

Baca Juga: Tiket Masuk Pantai Jerman di Bali, Bisa Sewa Perahu Nelayan

Topik:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya