Terpeleset saat Mendaki, WNA Amerika Serikat Meninggal di Gunung Agung

Korban alami cedera kepala, kaki, dan pinggang

Karangasem, IDN Times - Kevin (51), seorang warga negara Amerika Serikat, terpelet saat melakukan pendakian di Gunung Agung, Kabupaten Karangasem. Musibah itu membuat Kevin meninggal dunia karena mengalami cedera kepala, kaki, dan pinggang.

Tim SAR gabungan melakukan evakuasi jenazah Kevin, pada Jumat  (18/11/2022) malam. Jenazah Kevin dievakuasi dari ketinggian sekitar 2.700 Mdpl.

Baca Juga: WNA Rusia di Bali Ditemukan Tergorok dalam Kamar Mandi Hotel

1. Korban terpeleset hingga tidak sadarkan diri

Terpeleset saat Mendaki, WNA Amerika Serikat Meninggal di Gunung AgungIlustrasi jenazah (IDN Times/Mardya Shakti)

Korban bersama rombongan naik dari Pos Pendakian Pengubengan Besakih pada, Kamis (17/11/2022), pukul 23.00 Wita. Ketika dalam perjalanan, korban terpeleset hingga mengalami cedera di bagian kepala, kaki, dan pinggang. Korban mengalami kecelakaan di ketinggian sekitar 2.700 Mdpl.

"Kami menerima laporan kejadian pada Jumat, pukul 09.25 Wita dan segera menggerakkan 7 personil dari Pos SAR Karangasem," ujar Kepala Basarnas Bali, Gede Darmada, Sabtu (19/11/2022).

Tim Basarnas terus melakukan koordinasi dan pukul 12.30 Wita pihak Basarnas dapat informasi korban sudah ditandu dalam keadaan tidak sadarkan diri.

2. Korban meninggal dunia walau telah mendapatkan penanganan awal

Terpeleset saat Mendaki, WNA Amerika Serikat Meninggal di Gunung AgungEvakuasi wisman yang tewas di Gunung Agung(Dok. IDN Times/Basarnas Bali)

Setelah terjatuh, korban sempat telah mendapatkan penanganan awal, karena ada satu wisatawan mancanegara yang ikut pendakian adalah tenaga medis. Namun beberapa jam kemudian, Jumat (18/11/2022), pukul 14.00 Wita, nyawa korban tidak terselamatkan.

"Pukul 12.30 Wita kami dapat informasi korban sudah ditandu dalam keadaan tidak sadarkan diri dan beberapa jam kemudian tim di lapangan melaporkan bahwa korban sudah meninggal dunia," terang Gede Darmada.

3. Korban dievakuasi dari ketinggian 2.350 Mdpl

Terpeleset saat Mendaki, WNA Amerika Serikat Meninggal di Gunung AgungEvakuasi wisman yang tewas di Gunung Agung(Dok. IDN Times/Basarnas Bali)

Proses evakuasi terhadap jenazah korban dari Gunung Agung melibatkan tim gabungan. Para pemandu lokal bergerak terlebih dahulu menuju lokasi korban. Tim SAR gabungan berhasil menemukan korban di ketinggian sekitar 2350 mdpl. Jenasah korban dievakuasi menuju Posko Pengubengan.

Tim SAR gabungan tiba di tujuan pada Sabtu (19/11/2022), pukul 00.15 Wita. Kemudian jenazah dibawa ke Puskesmas Rendang dengan menggunakan Ambulance RSUD Kabupaten Karangasem. 

Selama operasi SAR berlangsung, turut melibatkan unsur SAR dari Basarnas Bali (Pos SAR Karangasem), Polsek Rendang, Babinkamtibmas Desa Besakih, Babinsa Desa besakih, BPBD Karangasem, Koramil Rendang, RSUD Karangasem, Puskesmas Rendang, PMI Karangasem, Pemandu Gunung Agung Basecamp, rekan korban, dan masyarakat setempat.

Topik:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya