Comscore Tracker

Turis Rusia Hilang Ketika Spearfishing di Perairan Nusa Penida

Tali yang mengikat tubuh korban putus

Klungkung, IDN Times - Seorang turis berkebangsaan Rusia, Aleksandr Che (39), dilaporkan hilang saat melakukan spearfishing (Nenembak ikan) di Perairan Batu Abah,Nusa Penida, Senin (24/2). Hingga malam ini, tubuhnya belum ditemukan.

1. Tali untuk mengikat korban putus ketika menyelam untuk spearfishing

Turis Rusia Hilang Ketika Spearfishing di Perairan Nusa PenidaDok.IDN Times/Istimewa

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daeah (BPBD), I Putu Widiada, menjelaskan tragedi tersebut sudah terjadi sekitar pukul 11.00 Wita, namun baru dilaporkan sekitar pukul 17.30 Wita.

Dari informasi yang diterima, Aleksandr Che menyelam untuk melakukan kegiatan spearfishing seorang diri di Perairan Batu Abah, Desa Pejukutan, Nusa Penida. Ia diantar oleh seorang warga lokal menggunakan boat kecil. Namun tali yang mengikat Aleksandr untuk menyelam terputus.

"Nelayan yang mengantarnya untuk spearfishing sempat mencari keberadaan korban. Namun hingga sore hari korban tidak ketemu," ungkap Widiada.

2. Korban belum ditemukan hingga malam ini

Turis Rusia Hilang Ketika Spearfishing di Perairan Nusa PenidaDok.IDN Times/Istimewa

Setelah menerima laporan, tim Search and Rescue (SAR) dari unit siaga SAR Nusa Penida langsung diterjunkan ke lokasi kejadian. Dari keterangan pelapor, diperkirakan lokasi kejadian berada di koordinat 8°46’54.50″S–115°37’41.95″E.

“Hari pertama operasi SAR menggunakan satu unit rubber boat dan melibatkan empat personel Basarnas serta Balawista setempat untuk melakukan penyisiran,” ujar Kepala Kantor Basarnas Bali (Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar), Gede Darmada.

Selain upaya pencarian, tim rescue juga berkoordinasi dengan Kapolsek Nusa Penida, Polair Nusa Penida, dan kapten boat.

3. Pencarian dilanjutkan Selasa pagi

Turis Rusia Hilang Ketika Spearfishing di Perairan Nusa PenidaDok.IDN Times/Istimewa

Darmada menambahkan, operasi SAR akan dilanjutkan Selasa (25/2) pagi. “Pergerakan operasi SAR hari kedua akan direncanakan malam ini, terkait pengerahan personel, alut dan sistem pencarian,” ungkap Darmada.

Sementara itu Kapolsek Nusa Penida, Kompol Komang Reka Sanjaya, membenarkan peristiwa itu. Sebelum hilang, Reka Sanjaya menduga korban ditarik oleh ikan berukuran besar ke tengah laut.

Baca Juga: Penumpang Bandara Ngurah Rai Terciduk Bawa Puluhan Ribu Bayi Lobster

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya