Marak Pencurian Sepeda Motor di Bali, Ini Tips Mengamankan Kendaraan

Berkaca dari kasus pencurian di Klungkung untuk lebaran

Klungkung, IDN Times - Satuan Reskrim Polres Klungkung mengamankan seorang warga asal Sumenep, Jawa Timur, bernama Hakiki (36). Laki-laki itu ditangkap karena nekat mencuri sepeda motor milik majikannya. Polisi melakukan pengejaran sampai ke Sumenep untuk mengamankan Hakiki.

Pelaku mengaku nekat mencuri sepeda motor itu untuk dijual dan uangnya digunakan untuk bekal lebaran. Saat ini Hakiki sudah ditahan di Mapolres Klungkung. Berkaca dari kasus maraknya pencurian sepeda motor di Bali, bagaimana caranya agar kendaraan tak sampai digondol maling? 

Baca Juga: Warga Klungkung Membludak Antre Cairkan BLT Minyak Goreng 

1. Pelaku mencuri sepeda motor majikannya yang terparkir di halaman rumah

Marak Pencurian Sepeda Motor di Bali, Ini Tips Mengamankan KendaraanSepeda motor hasil curian yang diamankan personel Polres Klungkung (IDN Times/Wayan Antara)

Kapolres Klungkung, AKBP I Made Dhanuardana, mengungkapkan Hakiki merupakan seorang pekerja di sebuah tempat pemotongan ayam di Klungkung. Peristiwa ini terjadi awal April lalu. Saat itu, korban, Zamhari (40), pergi ke pasar untuk membantu istrinya berjualan. Ia meninggalkan sepeda motornya, jenis Yamaha Mio di halaman rumah.

Namun saat kembali dari pasar, Zamhari kaget karena sepeda motornya telah raib. Ia merasa bingung karena ia ingat betul bahwa sepeda motor tersebut di parkir di halaman rumah.

“Menyadari sepeda motornya dicuri, korban langsung melapor ke kepolisian. Kami langsung melakukan penyelidikan,” ujar I Made Dhanuardana, Selasa (19/4/2022).

2. Polisi lakukan pengejaran sampai ke Sumenep

Marak Pencurian Sepeda Motor di Bali, Ini Tips Mengamankan KendaraanHakiki, pelaku curanmor saat ditangkap jajaran Polres Klungkung (IDN Times/Wayan Antara)

Setelah mendapatkan laporan kehilangan sepeda motor tersebut, polisi melakukan serangkaian penyelidikan. Mereka menganalisa rekaman Closed Circuit Television (CCTV), dan memeriksa saksi di Tempat Kejadian Perkara (TKP). Tidak sulit bagi polisi untuk mengetahui pelaku pencurian. Pelakunya ternyata merupakan pegawai korban.

“Kami lakukan penyelidikan secara IT juga untuk ketahui keberadaan pelaku yang ternyata berada di Sumenep, Jawa Timur,” jelas Dhanuardana.

Polisi pun melakukan pengejaran sampai ke Sumenep untuk menangkap pelaku.

“Pelaku setelah mencuri, keberadaannya sudah tidak di Klungkung. Setelah kami lacak pelaku berada di Sumenep. Kami lakukan penangkapan di Sumenep,” ujarnya.

Selain menangkap pelaku, kepolisian juga telah mengamankan sepeda motor yang dicuri.

“Kebetulan sepeda motor yang dicuri belum dijual dan dititipkan di rumah rekannya di Denpasar,” ungkap Dhanuardana.

3. Pelaku mengaku mencuri untuk tambahan bekal lebaran

Marak Pencurian Sepeda Motor di Bali, Ini Tips Mengamankan KendaraanHakiki, pelaku curanmor saat ditangkap jajaran Polres Klungkung (IDN Times/Wayan Antara)

Pelaku Hakiki mengaku baru kali ini mencuri. Ia nekat karena membutuhkan uang untuk lebaran. Selain itu, niat mencuri muncul karena melihat kunci masih terpasang di sepeda motor. Ia juga mengetahui korban yang biasa menaruh surat motor seperti STNK, bahkan BPKB di dalam sadel sepeda motor. 

“Saya baru pertama mencuri. Rencana mau dijual untuk lebaran,” ungkap Hakiki.

Dhanuardana mewanti-wanti warga untuk lebih waspada dalam memarkir kendaraan. Menurutnya, begitu ada kesempatan, hal itu akan memperbesar peluang terjadinya tindakan yang melanggar hukum.

“Kalau parkir sepeda motor, walaupun itu di halaman rumah, sebaiknya kuncinya dilepas. Jangan menaruh STNK termasuk BPKB di dalam jok sepeda motor. Lebih waspada lah,” imbaunya.

Tersangka diancam Pasal 362 KUHP, dengan ancaman kurungan maksimal 5 tahun penjara.

4. Ingatkan warga membiasakan mengunci sepeda motor dengan stang arah kanan

Marak Pencurian Sepeda Motor di Bali, Ini Tips Mengamankan KendaraanIlustrasi Pencuri (IDN Times/Mardya Shakti)

Dhanuardana menjelaskan, tips paling sederhana untuk mencegah sepeda motor dari kemalingan yakni dengan mengunci stang sepeda motor. Menurutnya, sepeda motor dengan posisi stang tidak terkunci, bisanya sangat mudah menjadi sasaran pencurian.

Tips lainnya yakni dengan membiasakan mengunci sepeda motor dengan stang arah kanan. Hal ini untuk mempersempit ruang gerak pencuri jika hendak membobol sepeda motor dengan kunci T.

Secara teknis, posisi kunci kontak sepeda motor biasanya terdapat di bagian kanan. Jika stang ditekuk ke kanan, pencuri tidak begitu leluasa membobol dengan kunci T yang biasanya memiliki gagang cukup panjang.

Sementara itu, hal lain yang dapat mencegah pencurian sepeda motor yakni dengan menambah aksesori pengaman. Misalnya aksesori gembok yang biasanya dipasang pada piringan cakram. Termasuk alarm yang saat ini sudah banyak dipasang di kendaraan bermotor.

Apabila ada upaya pembobolan kunci stang, alarm akan otomatis berbunyi. Namun pemasangan pengaman tambahan alarm ini, bisanya membutuhkan bantuan mekanik.

Topik:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya