Comscore Tracker

Temuan Kerangka di Depan Pura Ulun Suwi, Identitasnya Masih Misterius

Ditemukan gelang di dekat kerangka

Klungkung, IDN Times - Identitas kerangka yang ditemukan warga di depan Pura Ulun Suwi Subak Takmung Jumat (15/11) lalu, masih misterius. Meski sudah ada warga yang melapor dan meyakini kerangka itu adalah anggota keluarganya, namun kepolisian tidak gegabah. Polisi tetap menunggu hasil autopsi, sekaligus test deoxyribonucleic acid (DNA) terhadap kerangka tersebut.

1. Kepolisian menunggu hasil autopsi untuk memastikan penyebabnya

Temuan Kerangka di Depan Pura Ulun Suwi, Identitasnya Masih MisteriusFoto hanya ilustrasi. (IDN Times/Imam Rosidin)

Kapolsek Banjarangkan, AKP Ketut Suaka Purnawasa, menjelaskan saat ini tulang belulang sudah dirujuk ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sanglah Denpasar untuk diautopsi. Hal ini untuk mengetahui, apakah kerangka tersebut merupakan korban tindakan kriminal, atau meninggal karena hal lainnya.

"Kami masih menunggu hasil autopsi, untuk memastikan apakah itu korban kekerasan atau bagaimana. Itu harus kami pastikan dulu. Saat ini tulang belulang tersebut, masih berada di RSUP Sanglah," jelas Ketut Suaka Purnawasa.

2. Misteri temuan gelang di dekat jenazah

Temuan Kerangka di Depan Pura Ulun Suwi, Identitasnya Masih MisteriusDok.IDN Times/Istimewa

Saat ditemukan, ada warga yang mengakui jika tulang belulang itu merupakan anggota keluarganya. Hal itu dikenali dari gelang yang ditemukan dekat belulang serta pakaiannya.

"Ada anggota kepolisian dari Sat Narkoba Polres Klungkung, mengenali jika jenazah yang tinggal tulang belulang itu anggota keluarganya. Sudah teridentifikasi 85 persenlah, sesuai dengan ciri-cirinya," ungkapnya.

Meski demikian, kepolisian tetap mengajukan autopsi serta melakukan pengecekan DNA ke RSUP Sanglah, guna memastikan identitasnya. Cek DNA ini meliputi pengambilan sampel DNA dari pihak keluarga yang mengaku mengenali jenazah tersebut.

"Kami tidak bisa hanya sebatas pengakuan. Itu harus diperkuat dengan hasil uji DNA nantinya," ungkap Suaka Purnawasa.

3. Krama Subak akan menggelar pecaruan

Temuan Kerangka di Depan Pura Ulun Suwi, Identitasnya Masih MisteriusFoto hanya ilustrasi. (IDN Times/Imam Rosidin)

Lokasi penemuan tulang belulang tersebut tidak jauh dari area Pura Ulun Suwi di Subak Takmung. Krama Subak Takmung pun akan segera menggelar paruman (Rapat) untuk melaksanakan upacara pecaruan di tempat kejadian perkara (TKP).

"Pura Ulun Suwi tersebut diempon oleh krama Subak Takmung dan Lepang. Saya baru tadi pagi, dengar informasi jika di depan pura ditemukan kerangka manusia," ujar Kelihan Subak Takmung, I Kadek Sugiarta.

Menindaklanjuti hal ini, pihaknya segera berkoordinasi dengan Kelihan Subak Lepang. Selanjutnya setelah Rahina Buda Cemeng Kelawu hari Rabu (20/11), baru akan pararem dengan krama subak, untuk membahas perihal upacara pecaruan.

"Nanti apakah bertanya ke sulinggih, untuk sarana upakaranya, serta upacaranya seperti apa akan kami bahas setelah hari Rabu nanti," jelasnya.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You