Ruang Kelas SD di Nusa Penida Rusak Parah, Siswa Belajar di Perpus

Perbaikan sempat terkendala status aset lahan

Klungkung, IDN Times - Ruang kelas SD N 3 Batukandik di Kecamatan Nusa Penida  dalam kondisi yang memprihatinkan. Rangka atap di beberapa bangunan sudah rapuh, bahkan plafon sudah jebol. 

Satu ruang kelas pun terpaksa dikosongkan karena kondisi atapnya yang nyaris roboh. Para siswa juga harus dipindah belajar di ruangan perpustakaan.

Baca Juga: Caleg PDIP Klungkung Rapat Darurat, Golkar Optimis 7 Kursi

1. Kerusakan SD N 3 Batukandik menjadi temuan observasi anggota dewan

Ruang Kelas SD di Nusa Penida Rusak Parah, Siswa Belajar di PerpusKondisi ruang kelas rusak di SD N 3 Batukandik (Dok.IDNTimes/istimewa)

Kerusakan di SD N 3 Batukandik di Kecamatan Nusa Penida ini menjadi temuan anggota DPRD Klungkung saat melakukan observasi ke Kecamatan Nusa Penida. Atas laporan masyarakat, mereka menyambangi sekolah yang berlokasi di Dusun Dungkap, Kecamatan Nusa Penida.

Anggota DPRD Klungkung Gde Artison Andarawata, meminta Dinas Pendidikan segera menangani kerusakan ruang kelas ini. "Atap itu (SD N 3 Batukandik) sudah sangat bahaya, ada kemungkinan roboh dan menarik ruang kelas lainya," ungkap Gde Artison, Kamis (1/2/2024).

Selama belum bisa diperbaiki, menurutnya, perlu ada langkah pencegahan untuk menjaga agar atap sekolah itu tidak roboh.

"Perlu ada tindakan dari dinas, jangan diam saja agar atap sekolah ini tidak roboh," ungkap Artison.

2. Atap ruang kelas nyaris roboh, siswa kelas 1 pindah belajar di perpustakaan

Ruang Kelas SD di Nusa Penida Rusak Parah, Siswa Belajar di PerpusKondisi ruang kelas rusak di SD N 3 Batukandik (Dok.IDNTimes/istimewa)

Kerusakan terparah di SD N 3 Batukandik dapat ditemui di ruangan kelas 1. Beberapa rangka atap bangunan tersebut sudah roboh. Demikian halnya plavon ruangan sudah jebol sejak tahun 2021.

Kerusakan parah itu, membuat pihak sekolah memindahkan tempat belajar bagi siswa kelas 1 yang berjumlah 22 orang dan belajar di ruang perpustakaan yang sebelumnya merupakan ruang guru.

Sementara ruang guru, harus menjadi satu dengan ruang kepala sekolah. Sehingga proses belajar mengajar bisa tetap berjalan.

"Kondisi bangunan memang sudah tua, dan kayunya mungkin dimakan rayap," ungkap Kepala Sekolah SD N 3 Batukandik, Gede Dharmawan, Kamis (1/2/2024).

Ia bahkan khawatir, atap bangunan tersebut cepat atau lambat akan roboh seluruhnya. Hal ini juga berbahaya bagi ruang kelas lainnya, karena atap bangunan ruang kelas 1 itu, menyambung dengan ruang kelas lainnya.

3. Usulan perbaikan sempat terkendala status aset lahan

Ruang Kelas SD di Nusa Penida Rusak Parah, Siswa Belajar di PerpusKondisi ruang kelas rusak di SD N 3 Batukandik (Dok.IDNTimes/istimewa)

Gede Dharmawan juga mengatakan, sebenarnya perbaikan untuk SD N 3 Batukandik beberapa kali diusulkan. Namun perbaikan tertunda, karena sempat ada kendala terkait status lahan.

Perbaikan baru dapat diajukan, jika aset sudah atas nama sekolah. "Sertifikat aset SD N 3 Batukandik baru keluar tahun 2023, itu tahun lalu langsung kami usulkan lagi perbaikannya," ungkap Gede Dharmawan.

Usulan tersebut juga dilakukan Dinas Pendidikan Klungkung, untuk mendapatkan dana perbaikan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) pemerintah pusat. Hanya saja usulan tersebut belum terealisasi.

"Sekolah kami sudah masuk data rusak berat, untuk pengajuan ke pusat (DAK). Rencananya 2024 diajukan lagi untuk rehab 2025. Sekarang sedang proses verifikasi," jelas Darmawan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Klungkung, I Ketut Sujana mengatakan, perbaikan sekolah menggunakam skala prioritas dan masuk usulan tahun 2024 ini.

Berdasarkan data di Dinas Pendidikan Kabupaten Klungkung, usulan untuk kebutuhan sarana dan prasarana sekolah dasar di Klungkung mencapai total Rp33 miliar. "Semoga usulan anggaran tersebut bisa disetujui, sehingga perbaikan bisa segera dilakukan," ungkap Sujana, Kamis (1/2/2024).

Baca Juga: Ketut Sudiana Pimpin KPU Klungkung Periode 2024-2029

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya