Nelayan Kehabisan Bensin di Laut Nusa Penida Ditemukan Selamat

Ia berada di tengah laut semalaman

Klungkung, IDN Times - Seorang nelayan, I Nyoman Sudi (36), ditemukan terombang ambing di posisi 16,5 Nm arah selatan, tepatnya di selatan Pulau Sepatu Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Senin (10/1/2022). Ia awalnya dilaporkan menghilang saat melaut di Perairan Labuan Amuk, Kabupaten Karangasem. Sudi harus berada di tengah laut karena kehabisan bahan bakar.

Baca Juga: Nusa Penida Bakal Dikembangkan Jadi Sport Tourism

1. Nyoman Sudi tidak kembali ke rumah sejak Minggu malam

Nelayan Kehabisan Bensin di Laut Nusa Penida Ditemukan SelamatDok.IDN Times/Basarnas Bali

Basarnas Bali menerima laporan hilangnya Sudi pada pukul 21.35 Wita, Minggu (9/1/2022). Ketika itu pihak keluarga menginformasikan jika Sudi melaut pada sore hari di Perairan Labuan Amuk, Kabupaten Karangasem. Namun sampai malam, ia belum juga kembali. Apalagi menjelang malam, hujan tengah mengguyur sangat deras.

"Setelah mendapatkan informasi itu, tim SAR (Search and Rescue) gabungan telah dikerahkan untuk melakukan pencarian dengan menggunakan RIB, rubber boat dan jukung," ujar Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali), Gede Darmada, Senin (10/1/2022).

Mereka terbagi dalam 3 area pencarian di seputaran lokasi Perairan Labuan Amuk. Selama operasi SAR berlangsung melibatkan unsur SAR dari Pos SAR Karangasem, Unit Siaga SAR Nusa Penida, Kepolisian Resor (Polres) Karangasem, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karangasem, Kepolisian Resor (Polsek) Manggis, Pol Air Polres Karangasem, Badan Keamanan Laut (Bakamla) Karangasem, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Manggis Karangasem, Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Manggis Karangasem, nelayan, masyarakat setempat, dan keluarga korban.

2. Ditemukan kehabisan bensin di tengah laut

Nelayan Kehabisan Bensin di Laut Nusa Penida Ditemukan SelamatDok.IDN Times/Basarnas Bali

Pencarian yang melibatkan tim gabungan tersebut membuahkan hasil. Sudi ditemukan terombang-ambing di tengah laut. Posisinya di selatan Pulau Sepatu Nusa Penida.

"Nelayan setempat melihat target dengan jukungnya terombang-ambing di lautan sekitar pukul 08.35 Wita," ungkapnya.

Setelah menerima laporan adanya penemuan nelayan yang hilang tersebut, Basarnas langsung mengerahkan personel dari Unit Siaga SAR Nusa Penida dengan memakai RIB (Rigid Inflatable Boat) sampai ke lokasi.

3. Suasana haru ketika Sudi kembali ke pesisir

Nelayan Kehabisan Bensin di Laut Nusa Penida Ditemukan SelamatDok.IDN Times/Basarnas Bali

Setelah pengisian bahan bakar, Sudi melanjutkan melaut dengan tujuan Desa Pengalon, Kabupaten Karangasem.

"Agar memastikan keselamatan, maka RIB kami tetap mengawasi dan juga ada 1 jukung lainnya membantu proses evakuasi," terang Darmada.

Suasana haru terasa ketika Sudi sampai di pesisir. Ia langsung ditunggu oleh keluarga dan rekan-rekannya. Setelah mengetahui Sudi pulang dengan selamat, sang ibu menghampiri dan memeluknya erat.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya