Kunjungan Wisatawan ke Nusa Penida Diprediksi Meningkat saat Lebaran

Pihak kepolisian melakukan pengamanan khusus

Klungkung, IDN Times - Destinasi wisata Nusa Penida di Kabupaten Badung menjadi satu di antara beberapa wilayah yang menjadi fokus pemantauan aparat Polres Klungkung. Diprediksi serangkaian libur Lebaran, wisatawan yang akan berkunjung ke wilayah kepulauan itu akan meningkat.

Menurut Kapolres Klungkung, AKBP I Made Dhanuardana, situasi di Nusa Penida selama libur Lebaran harus diantisipasi. Kunjungan ke Nusa Penida pasti akan meningkat, terlebih liburan sekolah sudah dimulai.

“Khusus Nusa Penida pasti akan ada peningkatan kunjungan, baik (penyeberangan) dari Kusamba, maupun Sanur. Ini harus diantisipasi karena dalam seminggu ini ada peningkatan pengunjung. Apalagi anak-anak (sekolah) sudah mulai libur. Ini harus diantisipasi kunjungan ke Nusa Penida,” ungkap AKBP I Made Dhanuardana.

Baca Juga: Cerita Warga di Klungkung: Ngebet Banget Ingin Pulang Kampung di Jawa

1. Klungkung juga menjadi jalur yang dilintasi untuk mudik

Kunjungan Wisatawan ke Nusa Penida Diprediksi Meningkat saat LebaranKapolres Klungkung AKBP I Made Dhanuardana (IDN Times/Wayan Antara)

Polres Klungkung bersama jajaran lintas intansi juga menggelar Operasi Ketupat 2022 untuk pengamanan situasi mudik dan perayaan Idul Fitri 1443 Hijrah. Polres Klungkung bersama TNI dan instansi terkait lainnya menyiapkan sebanyak 100 personel untuk pengamanan jalur mudik, termasuk pemantauan di Nusa Penida. 

"Klungkung menjadi jalur yang dilintasi untuk mudik dan kami siapkan 3 pos di titik strategis untuk menciptakan rasa aman bagi para pemudik," jelas Made Dhanuardana, Sabtu (23/4/2022).

Baca Juga: Cerita Warga di Klungkung: Ngebet Banget Ingin Pulang Kampung di Jawa

2. Siapkan 3 pos pengamanan dan 100 personel

Kunjungan Wisatawan ke Nusa Penida Diprediksi Meningkat saat LebaranGelas pasukan di Klungkung jelang Idul Fitri. (IDN Times/Wayan Antara)

Dhanuardana menegaskan terkait dengan mudik dan kesiapan Idul Fitri, pihaknya telah menyiagakan 100 personel, di luar personel dari lintas intansi seperti TNI, Dinas Perhubungan, hingga pecalang.

Tiga pos yang didirikan untuk pengamanan di antaranya Pos Jalan Bypass Ida Bagus Mantra, tepatnya di Simpang Lepang, Desa Takmung, di Jalan Raya Goa Lawah, Desa Pesinggahan, dan di Nusa Penida.

Nantinya pada pos tersebut, bisa dijadikan lokasi beristirahat bagi para pemudik.

"Kalau pos di Nusa Penida, kami dirikan khusus untuk pengamanan pariwisata saat libur lebaran," jelas Dhanuardana.

3. Tidak akan ada penyekatan di Klungkung

Kunjungan Wisatawan ke Nusa Penida Diprediksi Meningkat saat LebaranIlustrasi. Petugas kepolisian berjaga memantau arus mudik lebaran. (ANTARA FOTO/Didik Suhartono)

Menurut Dhanuardana, mudik tahun ini memang berbeda dibandingkan mudik 2 tahun sebelumnya. Ia memastikan tidak akan ada penyekatan di Klungkung. Namun ia tetap mengimbau masyarakat untuk menaati ketentuan mudik, sesuai SE Satgas COVID-19 Nasional, termasuk sudah mengikuti vaksinasi booster. 

"Kami menjelang musim mudik ini, juga telah menyiapkan gerai-gerai untuk vaksinasi booster. Masyarakat yang hendak vaksin booster untuk mudik, bisa meminta informasi langsung ke Polres Klungkung," ungkapnya.

Topik:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya