Comscore Tracker

Jro Mangku Dalem Pemuteran Ditemukan Meninggal di Kolam

Keluarga menerima ini sebagai musibah

Klungkung, IDN Times - Jro Mangku Pura Dalem Pemuteran di Banjar Losan, Desa Takmung bernama Made Aryana Adhi (60), ditemukan meninggal dunia setelah jatuh ke kolam di pura setempat, Minggu (5/7/2020). Ada dugaan ia jatuh ketika membersihkan area pura.

1. Warga melihatnya sedang bersih-bersih karena bertepatan dengan purnama

Jro Mangku Dalem Pemuteran Ditemukan Meninggal di KolamIDN Times/Sukma Shakti

Menurut Kepala Dusun Lepang di Desa Takmung, Ketut Suetana, warga melihat korban sedang bersih-bersih di Pura Dalem Pemuteran.

"Kebetulan kan sekarang purnama. Jadi beliau (Made Aryana Adhi) bersih-bersih di area Pura karena akan ada warga yang melakukan persembahyangan," ujar Suetana, Minggu (5/7/2020).

2. Terlihat ada kaki di kolam ketika warga sedang bersembahyang

Jro Mangku Dalem Pemuteran Ditemukan Meninggal di KolamFoto hanya ilustrasi. (IDN Times/Imam Rosidin)

Pada saat kejadian, ada suami istri yang sedang bersembahyang di Pura Dalem Pemuteran. Hanya saja mereka bingung, karena tidak menemukan Jro Mangku di pura.

"Saat seorang warga itu maturan di setiap pelinggih, ia kaget karena melihat kaki di kolam. Setelah didekati, ternyata itu Jro Mangku yang sudah tidak sadarkan diri," kata Suetana.

Mereka lalu berteriak minta tolong, dan korban dilarikan ke rumah sakit. Namun korban dinyatakan meninggal dunia begitu tiba di rumah sakit.

3. Pihak keluarga menganggap kejadian ini sebagai musibah

Jro Mangku Dalem Pemuteran Ditemukan Meninggal di KolamIlustrasi jenazah (IDN Times/Sukma Shakti)

Rencananya akan ada prosesi pengabenan jenazah Jro Mangku Made Aryana Adhi. Jenazahnya masih dititipkan di rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Klungkung sampai tujuh hari ke depan.

"Hari ini purnama dan ada kegiatan nuasen menjelang piodalan di Pura Kahyangan Tiga di Desa Adat Takmung. Sehingga sementara jenazah dititip selama satu pekan di RSUD Klungkung. Selanjutnya baru akan dilakukan pengabenan terhadap jenazah," ujar Suetana.

Sementara pihak keluarga korban sudah menerima kejadian ini sebagai musibah. Kata Suetana, sekitar enam bulan lalu Made Aryana sempat dirawat di rumah sakit karena mengalami sakit jantung.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya