Ida Cokorda Pemecutan XI Sempat Dirawat 29 Hari di RSUP Sanglah 

Keluarga besar Puri Pemecutan tengah berduka

Denpasar, IDN Times - Berpulangnya tokoh Puri Pemecutan, Anak Agung Manik Parasara, meninggalkan duka mendalam bagi keluarga dan masyarakat. Selama ini, panglingsir (Pemimpin) puri dengan gelar Ida Cokorda Pemecutan XI itu dikenal menjadi tedung jagat atau pelindung bagi warga Kota Denpasar.

Ida Cokorda Pemecutan XI lahir pada 17 April 1945. Tokoh yang pernah menjadi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Badung ini juga dikenal dengan karier politiknya, yakni sebagai kader sepuh Partai Golkar. 

Baca Juga: Fakta Tokoh Puri Pemecutan Ida Cokorda Pemecutan XI Meninggal Dunia

1. Kondisi Ida Cokorda Pemecutan XI menurun sejak Oktober 2021

Ida Cokorda Pemecutan XI Sempat Dirawat 29 Hari di RSUP Sanglah Dok.IDN Times/Istimewa

Menantu dari Ida Cokorda Pemecutan XI, Ida Bagus Wesnawa, mengungkapkan bahwa kondisi kesehatan mertuanya mulai menurun sejak Oktober 2021 lalu. Ida Cokorda Pemecutan XI sempat mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sanglah dan didiagnosa memiliki gangguan jantung, diabetes, dan asam urat.

“Sempat dirawat di RSUP Sanglah selama 29 hari. Lalu pertengahan November, beliau menjalani home care atau perawatan di rumah,” ujar Wesnawa.

Pada Rabu (22/12/2021) pagi, kondisi Ida Cokorda Pemecutan XI kembali menurun dan akhirnya mengembuskan napas terakhir di Puri Pemecutan, Jalan Moh Yamin, Denpasar.

2. Ida Cokrorda Pemecutan XI disebut sebagai teladan

Ida Cokorda Pemecutan XI Sempat Dirawat 29 Hari di RSUP Sanglah Dok.IDN Times/Istimewa

Rasa duka begitu dirasakan oleh menantu dari Ida Cokorda Pemecutan XI, Ida Bagus Wisnawa. Ia menyebut mertuanya adalah teladan dalam sosok pemimpin.

Selain menjadi tokoh puri, Ida Cokorda Pemecutan XI juga aktif dalam dunia politik dan dikenal sebagai tokoh sepuh dari Partai Golkar. Meskipun demikian, ia disebut selalu lues dalam berpartai dan sangat dihormati oleh partai lain.

“Beliau merupakan panutan bagi keluarga besar Puri Pemecutan. Dalam politiknya, pada era kekinian, beliau sering kolaborasi dengan berbagai partai dan banyak yang sowan ke beliau,” ungkapnya.

Ida Cokorda Pemecutan XI pernah menjabat sebagai Ketua DPRD Badung dan anggota DPRD Provinsi Bali.

3. Ida Cokorda Pemecutan XI meninggalkan seorang istri dan empat orang anak

Ida Cokorda Pemecutan XI Sempat Dirawat 29 Hari di RSUP Sanglah Dok.IDN Times/Istimewa

Ida Cokorda Pemecutan XI meninggalkan seorang istri, AA Ayu Suryaningsih (70), dan 4 orang anak yakni AA Sagung Ratna, AA Ngurah Damar Negara, AA Mas Indah Sari, dan AA Ngurah Khertagama.

Pihak keluarga besar Puri Pemecutan sore ini rencananya akan melakukan perundingan untuk menentukan waktu prosesi pelebon (Ngaben) Ida Cokorda Pemecutan XI akan dilaksanakan.

Topik:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya