Dramatis, Penangkapan WNA Amerika Pelaku Penganiayaan di Gianyar

Ia sempat hendak meloncat dari lantai 3 hotel

Gianyar, IDN Times - Penangkapan warga asing asal Amerika Serikat (AS), Michael Zachary Olson (28), berlangsung dramatis. Olson menjadi target kepolisian, karena menganiaya sekuriti di salah satu vila di Kabupaten Gianyar.

Kepolisian dari tim gabungan Polsek Sukawati dan Satuan Reskrim Polres Gianyar harus bersusah payah menangkap Olson yang memiliki tubuh cukup besar pada Kamis malam (25/1/2024).

Penangkapan terhadap Olson dilakukan di salah satu hotel di kawasan ITDC Nusa Dua, Badung dengan beberapa upaya.

Baca Juga: Tiket Masuk Pantai Pering di Gianyar, Berpasir Hitam

1. Olson sempat kabur dari Sanur ke Nusa Dua

Dramatis, Penangkapan WNA Amerika Pelaku Penganiayaan di GianyarPolisi saat menangkap bule asal Amerika yang sempat aniaya sekuriti vila di Gianyar. (Dok. IDN Times/istimewa)

Kasus ini bermula ketika polisi menerima laporan bahwa seorang warga asing menganiaya sekuriti di salah satu vila di Kabupaten Gianyar. Tim gabungan dari Polsek Sukawati dan Satuan Reskrim Polres Gianyar langsung mencari WNA berambut gondrong tersebut.

Sebelumnya, polisi telah berkoordinasi dengan pihak imigrasi untuk mencekal Olson agar tak keluar dari Bali. "Informasi awal pelaku (Olson) ada di wilayah Sanur, kemudian kabur ke Nusa Dua," ujar Kasat Reskrim Polres Gianyar, AKP Gananta, Jumat (26/1/2024).

Berbekal informasi itu, petugas kepolisian menuju ke salah satu hotel di kawasan Nusa Dua. Diduga Olson menginap di lokasi tersebut.

Ternyata benar, kepolisian mendapati Olson bersama teman wanitanya di kamar hotel.

2. Saat hendak ditangkap, Olson sempat mau melompat dari lantai 3

Dramatis, Penangkapan WNA Amerika Pelaku Penganiayaan di GianyarPolisi saat menangkap bule asal Amerika yang sempat aniaya sekuriti vila di Gianyar. (Dok. IDN Times/istimewa)

Penangkapan terhadap Olson berlangsung dramatis. Saat penangkapan, bule bertubuh besar itu melawan petugas. Bahkan Olson sempat ingin melompat dari lantai 3 ke lantai 2 di hotel tempatnya menginap.

"Badan (Olson) besar dengan tinggi sekitar 190 cm, rambut panjang sebahu, tapi petugas sigap, sehingga pelaku tidak kabur ataupun melompat," kata Gananta.

Gananta yang memimpin penangkapan mengakui,  Olson memiliki tenaga besar dan polisi yang memegang pelaku kewalahan karena yang bersangkutan sempat berontak dan memukul petugas secara acak.

Namun, ia berhasil diringkus setelah polisi melipat tangan Olson ke belakang dan mengikat tangannya menggunakan tali. Saat digiring ke Polres Gianyar, Olson juga harus dijaga ketat oleh 4 orang aparat kepolisian.

3. Olson memukul sekuriti vila, lalu sempat mengadu ke Konjen AS di Denpasar

Dramatis, Penangkapan WNA Amerika Pelaku Penganiayaan di GianyarPolisi saat menangkap bule asal Amerika yang sempat aniaya sekuriti vila di Gianyar. (Dok. IDN Times/istimewa)

Insiden pemukulan itu sendiri terjadi di salah satu vila di Gianyar terjadi, Rabu pagi (24/1/2024). Dari video yang beredar luas di media sosial, awalnya pelaku hendak memasukkan tas ke dalam bagasi mobil di belakang. 

Saat hendak memasukkan tas, ia dihalangi oleh seorang sekuriti. Sempat terjadi adu mulut antar keduanya. Tiba-tiba Olson emosi dan menghajar sekuriti itu secara membabi buta. Teman perempuan Olson sempat melerai.

Akibat penganiayaan itu, gigi sekuriti vila sampai copot. Olson kemudian kabur.

Olson juga diketahui sempat mengadu ke Konsulat Jenderal (Konjen) AS di Denpasar dan mengaku telah diintimidasi pihak vila.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Kabin Tengah Sawah di Gianyar, Buat Healing

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya