Turis Asing yang Pose Telanjang di Pohon Sakral Tabanan Minta Maaf

Saat ini kasusnya dilimpahkan ke Polda Bali

Tabanan, IDN Times - Turis asing yang melakukan pose telanjang di depan pohon sakral Kayu Putih di Kabupaten Tabanan akhirnya meminta maaf. Setelah video singkatnya berpose telanjang viral, turis asing tersebut, melalui akun Instagramnya, @alina_yogi, kemudian mengunggah sebuah foto di mana dirinya bersama seorang laki-laki bersembahyang di depan Pohon Kayu Putih.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, video singkat @alina_yogi di Pohon Kayu Putih yang berlokasi di belakang Pura Babakan, Desa Tua, Kecamatan Marga, tersebut menuai kritikan dan protes. Terlebih Pohon Kayu Putih adalah pohon raksasa yang sangat disakralkan oleh umat Hindu di Bali.

Baca Juga: Viral Turis Asing Pose Telanjang Depan Pohon Sakral di Tabanan

1. Setelah akun Instagramnya sempat hilang, @alina_yogi lalu mengunggah permintaan maaf

Turis Asing yang Pose Telanjang di Pohon Sakral Tabanan Minta Maafinstagram.com/niluhdjelantik

Akun Instagram @alina_yogi sempat menghilang setelah video pose telanjangnya di Pohon Kayu Putih viral. Namun tidak lama setelahnya, akun @alina_yogi kembali aktif dan  kemudian mengunggah permintaan maaf, pada Rabu (4/5/2022). Ia menuliskan permintaan maaf kepada masyarakat Bali dan Indonesia serta menyesali perbuatannya.

Ia juga mengaku merasa malu dan tidak bermaksud menyinggung masyarakat dengan cara apapun. Turis asing ini kemudian datang ke Pohon Kayu Putih untuk berdoa dan pergi ke Kantor Polisi untuk menjelaskan kejadian tersebut dan meminta maaf.

2. Turis asing tersebut siap menerima segala konsekuensinya secara adat dan agama Hindu

Turis Asing yang Pose Telanjang di Pohon Sakral Tabanan Minta MaafFoto hanya ilustrasi. (IDN Times/Ayu Afria)

Ketua Pimpinan Cabang Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI) Tabanan, I Putu Edi Pratama, mengatakan pihaknya mengawal kasus ini sesuai dengan ranah hukum.

"Kebetulan kami bertemu dengan dua turis asing ini sedang bersembahyang ke Kayu Putih untuk meminta maaf. Kami bantu kawal dan dampingi mereka ke Polres Tabanan," ujarnya, Rabu (4/5/2022) malam, di Polres Tabanan.

Menurutnya, turis asing ini datang pada pukul 17.00 Wita, Rabu (4/5/2022), ke Pohon Kayu Putih. Awalnya ia mengira mereka adalah turis yang datang untuk sembahyang biasa saja. Tetapi setelah ditanya, turis tersebut mengaku bahwa mereka datang untuk sembahyang dan minta maaf karena telah berpose telanjang di Pohon Kayu Putih.

"Ada dua orang yang datang. Satu perempuan si @alina_yogi. Sementara satunya lagi pria," jelas Edi.

Edi melanjutkan turis asing tersebut juga mengaku bersalah dan siap menerima konsekuensi secara adat maupun agama Hindu. 

3. Kasus khusus ini dilimpahkan ke Polda Bali

Turis Asing yang Pose Telanjang di Pohon Sakral Tabanan Minta MaafPolda Bali (IDN Times/Ayu Afria)

Kapolres Tabanan, AKBP Ranefli Dian Candra, mengatakan kasus ini ditangani Ditreskrimsus Polda Bali.

"Karena kasus ini khusus, maka ditangani Ditreskrimsus Polda Bali. Segera setelah ini kami akan melakukan pelimpahan," ujarnya. 

Mengenai kapan turis asing tersebut membuat konten video, Ranefli tidak mau berkomentar lebih banyak karena menurutnya sudah menjadi ranah Ditreskrimsus.

Sementara itu, Penyarikan Pura Babakan, I Made Kurna Wijaya, saat dikonfirmasi mengenai kedatangan dua turis asing untuk sembahyang meminta maaf membenarkan informasi tersebut. Meskipun demikian, menurutnya upacara guru piduka yang akan digelar pada 24 Mei 2022 mendatang, bertepatan dengan piodalan (Upacara) di Pura Babakan akan tetap dilaksanakan. 

Topik:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya