Comscore Tracker

Viral! Turis Asing Duduk di Pelinggih Pura Teratai Bang Tabanan

Pihak kepolisian sedang mencari turis tersebut

Tabanan, IDN Times - Aksi wisatawan mancanegara yang melanggar kesucian pura kembali terulang. Peristiwa itu terjadi di Pura Teratai Bang yang ada di kawasan Kebun Raya Eka Karya Bali, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan.

Seorang wisatawan mengunggah di akun instagram @dreamchaser_traveling saat dirinya duduk di pelinggih (tempat suci). Kelakuan turis ini pun viral di media sosial.

Baca Juga: Simpan Heroin dalam Dubur, WNA Alami Gejala Sakau di Rutan BNNP Bali

1. Diduga foto diambil enam bulan lalu

Viral! Turis Asing Duduk di Pelinggih Pura Teratai Bang TabananIlustrasi memotret menggunakan smartphone (macpaw.com)

Pada foto tersebut tampak seorang laki-laki duduk di atas pelinggih. Ia bahkan tidak memakai kamen dan selendang. Hanya menggunakan jeans warna hitam, t-shirt putih, dan menggedong tas merah.

Perbekel Desa Candikuning, I Made Mudita, membenarkan bahwa pelinggih yang diduduki turis tersebut adalah Pelinggih Bale Pelik di Pura Teratai Bang.

"Dilihat dari foto, ada sanggah tawang berbahan bambu yang sekarang ini sudah tidak ada. Jadi diduga foto ini diambil enam bulan lalu," ujarnya, Sabtu (1/10/2022).

2. Rencananya akan dilakukan upacara guru piduka

Viral! Turis Asing Duduk di Pelinggih Pura Teratai Bang TabananFoto hanya ilustrasi. (IDN Times/Imam Rosidin)

Mudita melanjutkan pihaknya bersama kepolisian dan Prajuru Adat setempat sudah turun ke lokasi. Saat ini aparat polisi sedang melacak identitas turis tersebut.

Meski fotonya diduga diambil enam bulan lalu, pihaknya akan menggelar upacara guru piduka bertepatan dengan odalan (upacara) di Pura Teratai Bang, yakni saat Rahina Tumpek Landep mendatang.

"Pihak Adat akan menggelar upacara guru piduka. Namun juga akan dilaksanakan upacara pembersihan. Untuk waktunya, kita masih menunggu hari baik," papar Mudita.

3. Foto sudah dihapus

Viral! Turis Asing Duduk di Pelinggih Pura Teratai Bang Tabananilustrasi menghapus foto. (pexels.com/samlion)

Lebih lanjut Mudita mengatakan ia menyayangkan hal itu bisa terjadi, sebab setiap hari pintu masuk Pura Teratai Bang selalu terkunci. Jika ada umat yang melaksanakan persembahyangan, akan menghubungi pemangku (pemimpin agama) setempat. Di mana nomor telepon sudah tertera di wantilan Jaba Pura. Di samping itu pengumuman larangan untuk masuk juga sudah dipasang di depan pura.

"Pengumuman larangan sudah tersedia di depan pura. Jadi kita sangat sayangkan ini bisa terjadi," pungkasnya.

Ketika IDN Times kembali mengecek akun @dreamchaser_traveling, Sabtu (1/10/2022) malam, foto duduk di pelinggih tersebut sudah dihapus. Hanya ada foto saat yang bersangkutan di Kebun Raya Bedugul. Namun melalui instastory di instagramnya, ia menuliskan permohonan maaf atas foto itu dan telah membuat orang-orang tersinggung. 

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya