Comscore Tracker

61 Nakes Puskesmas di Tabanan Uji Swab Semenjak Ada yang Positif

Semoga hasilnya negatif ya

Tabanan, IDN Times - Semenjak ada satu tenaga kesehatannya (Nakes) yang positif COVID-19, puskesmas di daerah Kecamatan Tabanan harus ditutup untuk sementara waktu. Seluruh nakes melakukan isolasi mandiri, dan pada Senin (6/7/2020) menjalani uji swab. Total 61 nakes di puskesmas tersebut menjalani uji swab.

Baca Juga: Hasil Swab 57 Petugas Puskesmas di Tabanan Turun, Satu Orang Positif

1. Per Senin (6/7/2020) ini, total ada 82 nakes yang menjalani uji swab

61 Nakes Puskesmas di Tabanan Uji Swab Semenjak Ada yang PositifIlustrasi pemeriksaan tes virus Corona di RSUP Sanglah. (Dok.IDN Times/Istimewa)

Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan (GTPP) COVID-19 Tabanan, I Gede Susila diwakili oleh juru bicaranya, I Putu Dian Setiawan, mengatakan selain 61 nakes, ada juga masyarakat dan nakes dari rumah sakit (RS) swasta di Tabanan juga ikut menjalani swab. Sehingga totalnya mencapai 82 nakes yang menjalani uji swab.

Masyarakat tersebut terjaring dari hasil kontak tracing nakes di puskesmas, dan nakes RS swasta yang pernah menerima pasien positif COVID-19 beberapa waktu lalu.

"Sehingga jumlahnya ada 82 orang," kata Dian.

Baca Juga: Limbah APD di RSUD Tabanan Diperlakukan Khusus, Begini Caranya

2. Ada tiga warga yang positif COVID-19

61 Nakes Puskesmas di Tabanan Uji Swab Semenjak Ada yang PositifIDN Times/Wira Sanjiwani

Berdasarkan data GTPP COVID-19 per Senin (6/7/2020), Kabupaten Tabanan mencatat tiga warganya terkonfirm positif COVID-19. Mereka adalah:

  • Satu tenaga penunjang kesehatan asal Selemadeg Timur dan saat ini tanpa gejala meski positif. Karena itu ia diisolasi di hotel daerah Kabupaten Badung
  • Satu pedagang pasar di Kota Denpasar asal Marga, saat ini dirawat di RS Nyitdah
  • Satu warga Kecamatan Kediri, saat ini dirawat di RS Mangusada, Badung.

Selain tambahan tiga kasus, Tabanan juga mencatat satu warganya sembuh dari COVID-19. Yaitu pasien asal Kecamatan Kediri yang selama ini dikarantina di hotel wilayah Badung.

Baca Juga: 6 Cara Cuci Tangan yang Benar Pakai Sabun Atau Alkohol

3. GTPP COVID-19 Tabanan terus mengimbau masyarakat terapkan protokol kesehatan

61 Nakes Puskesmas di Tabanan Uji Swab Semenjak Ada yang PositifIDN Times/Wira Sanjiwani

GTPP COVID-19 Tabanan terus mengimbau masyarakat agar menerapkan protokol kesehatan.

"Kami selalu terus melakukan edukasi pada masyarakat tentang protokol kesehatan seperti sering cuci tangan dan penggunaan masker, serta tracing pada mereka yang memiliki kontak erat dengan pasien yang dinyatakan positif COVID-19," jelas Dian.

Selain itu, Satgas Kesehatan hampir setiap hari melakukan tracing jika ada laporan penambahan pasien baru positif COVID-19.

"Artinya saat ada hasil positif langsung dilakukan tracing,“ terang Dian.

Topic:

  • Ni Ketut Wira Sanjiwani
  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya