Comscore Tracker

RSUD Tabanan Dapat Bantuan Mesin PCR Lagi, Bisa Periksa 248 Sampel

Asyik. Tabanan semakin cepat melakukan pencegahan

Tabanan, IDN Times - Untuk mempercepat pemeriksaan sampel COVID-19, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali kembali memberikan bantuan berupa satu mesin polymerase chain reaction (PCR) kepada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tabanan. Mesin ini mampu memeriksa maksimal 248 sampel dalam sehari.

Baca Juga: Seminggu Beroperasi, Lab PCR RSUD Tabanan Periksa 343 Sampel

1. Mesin baru diaktifkan secara penuh pada minggu ketiga bulan November 2020

RSUD Tabanan Dapat Bantuan Mesin PCR Lagi, Bisa Periksa 248 SampelPemeriksaan di Lab PCR RSUD Tabanan (Dok.IDNTines/Istimewa)

Direktur RSUD Tabanan, dr Nyoman Susila, mengatakan mesin PCR diterima pihaknya pada minggu pertama bulan November 2020, diperisiapkan pada minggu kedua, dan resmi beroperasi pada minggu ketiga. 

Awalnya RSUD Tabanan menerima satu mesin PCR dengan kapasitas pemeriksaan maksimal 30 sampel dalam satu shift. Sehingga dalam sehari maksimal bisa memeriksa 60 sampel per satu shift.

"Kami kemudian mendapatkan bantuan satu lagi mesin PCR dengan kapasitas pemeriksaan sebanyak 94 per shift. Mesinnya sudah beroperasi sejak satu minggu lalu," ujar Susila, Senin (30/11/2020).

2. RSUD Tabanan menambah empat SDM lagi untuk mengoperasikan mesin PCR

RSUD Tabanan Dapat Bantuan Mesin PCR Lagi, Bisa Periksa 248 SampelPemeriksaan di Lab PCR RSUD Tabanan (Dok.IDN Times/Istimewa)

RSUD Tabanan menyiapkan empat tenaga sumber daya manusia (SDM) untuk mengoperasikan satu mesin PCR. Satu di antaranya dokter spesialis mikrobiologi klinik. Dengan adanya tambahan satu mesin PCR lagi, lanjut Susila, ada tambahan SDM sebanyak empat orang. Masing-masing dua orang dari RSUD Tabanan, dan dua orang merupakan bantuan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bali.

3. Saat ini jadwal pemeriksaannya menjadi dua shift

RSUD Tabanan Dapat Bantuan Mesin PCR Lagi, Bisa Periksa 248 SampelLab PCR RSUD Tabanan (Dok.IDN Times/Istimewa)

Penanggung Jawab Lab PCR dan Mikrobiologi RSUD Tabanan, dr I Wayan Duta Krisna SpMK, mengatakan penambahan mesin PCR ini juga disertai oleh penambahan shift pengerjaan. Yaitu dari satu shift menjadi dua shift. Sehingga sampel yang diperiksa bisa mencapai 248 sampel dalam sehari.

"Saat ini sampel yang masuk rata-rata 190 hingga 200 sampel per hari," jelas Krisna.

Lab PCR Tabanan juga sudah melayani uji swab mandiri, dan secara resmi ditunjuk oleh Kemenkes RI dan Garuda Indonesia sebagai pemeriksaan swab pelaku perjalanan ke luar negeri.

Pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan COVID-19, menggelar kampanye 3 M : Gunakan Masker, Menghindari Kerumunan atau jaga jarak fisik dan rajin Mencuci tangan dengan air sabun yang mengalir. Jika protokol kesehatan ini dilakukan dengan disiplin, diharapkan dapat memutus mata rantai penularan virus. Menjalankan gaya hidup 3 M, akan melindungi diri sendiri dan orang di sekitar kita. Ikuti informasi penting dan terkini soal COVID-19 di situs covid19.go.id dan IDN Times.

Topic:

  • Ni Ketut Wira Sanjiwani
  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya