PDIP Daftarkan 40 Bakal Calon DPRD ke KPU Tabanan

Long march mereka diiringi Tradisi Okokan

Tabanan, IDN Times - Pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tabanan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 sudah dibuka oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) sejak 1 Mei 2023. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mendaftar ke KPU Tabanan, pada Kamis (11/5/2023) pagi.

Mereka menggelar long march dengan titik kumpul di areal parkir Taman Makam Pahlawan (TMP) Pancaka Tirta menuju halaman kd depan gedung Kantor KPU Tabanan berjarak sekitar 1 kilometer.

1. Pendaftaran diiringi oleh kesenian tradisional Tabanan

PDIP Daftarkan 40 Bakal Calon DPRD ke KPU TabananLong march yang digelar PDIP Tabanan dalam rangka pendaftaran bakal calon anggota DPRD Kabupaten Tabanan Pemilu 2024, Kamis (11/5/2023) (Dok.IDNTimes/Istimewa)

Long march ini dimulai dari pukul 08.00 Wita. Titik kumpulnya adalah Taman Makam Pahlawan (TMP) Pancaka Tirta ke KPU Tabanan yang berjarak sekita 1 kilometer.

Liaison Officer (LO) atau narahubung Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Tabanan, I Gusti Nyoman Omardani, menyebutkan pihaknya melibatkan baleganjur dan Tradisi Okokan khas Desa Kediri, Kabupaten Tabanan, untuk mengiringi long march.

"Long march ini berjarak sekitar satu kilometer dari area parkir TMP Pancaka Tirta menuju ke gedung Kantor KPU Tabanan," ujarnya, Kamis (11/5/2023).

2. PDIP mendaftarkan 40 bakal calon anggota DPRD Tabanan Pemilu 2024

PDIP Daftarkan 40 Bakal Calon DPRD ke KPU TabananLong march yang digelar PDIP Tabanan dalam rangka pendaftaran bakal calon anggota DPRD Kabupaten Tabanan Pemilu 2024, Kamis (11/5/2023) (Dok.IDNTimes/Istimewa)

Sekitar 400 massa dari PDIP, termasuk simpatisan, ikut dalam long march ini di tengah guyuran hujan sejak pagi di Kabupaten Tabanan. Omardani menyebutkan, ada 40 bakal calon yang sudah mendapatkan rekomendasi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP  untuk mendaftar di KPU Tabanan. Masing-masing terdiri dari 26 orang petahana, dan 14 orang baru. Dari 40 bakal calon ini terdiri dari 13 orang perempuan 27 orang laki-laki.

Namun Omardani belum bisa memaparkan nama-nama para bakal calon ini karena bisa saja ada perubahan pada periode pencermatan.

"Nama-nama ini bisa saja berubah karena ada yang namanya periode pencermatan. Salah satu dari periode ini adalah masukan dari masyarakat. Siapa tahu dari masukan masyarakat nanti ada informasi jika bakal calon bersangkutan ternyata tidak memenuhi syarat. Maka nama-nama bisa saja berubah dan bisa digantikan sesuai rekomendasi DPP nantinya," jelas Omardani.

3. Bakal calon DPRD Kabupaten Tabanan dari PDIP sudah memenuhi standar persyaratan

PDIP Daftarkan 40 Bakal Calon DPRD ke KPU TabananPendaftaran bakal calon anggota DPRD Kabupaten Tabanan Pemilu 2024 dari PDIP Perjuangan Kamis (11/5/2023) (Dok.IDNTimes/Istimewa)

Ketua DPC PDIP Kabupaten Tabanan, I Komang Gede Sanjaya, mengatakan sesuai instruksi DPP PDIP, pihaknya secara resmi mendaftarkan bakal calon anggota DPRD Kabupaten Tabanan Pemilu 2024 sesuai dengan proses mekanisme serentak dan instruksi. Sehingga pendaftarannya tepat waktu pukul 08.30 Wita, Kamis (11/5/2023).

Pihaknya juga menyatakan 40 bakal calon anggota DPRD Kabupaten Tabanan dari PDIP  sudah memenuhi standar persyaratan.

"Kami optimis target terpilihnya calon yang didaftarkan dapat segera terpenuhi," kata Sanjaya.

4. Selain PDIP, Nasdem san PKS sudah mendaftar hari Kamis

PDIP Daftarkan 40 Bakal Calon DPRD ke KPU TabananIlustrasi Pemilu. (IDN Times/Mardya Shakti)

Ketua KPU Tabanan, I Gede Putu Weda Subawa, mengatakan selain PDIP, ada dua partai lain yang sudah mendaftar di KPU Tabanan, pada Kamis (11/5/2023). Yaitu Nasional Demokrat (Nasdem) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Untuk Partai Nasdem, jumlah bacaleg yang didaftarkan sebanyak 40 orang. Sementara PKS sebanyak 12 orang, masing-masing dua Dapil 1 sebanyak 3 orang dan Dapil 4 sebanyak 9 orang.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Nasdem Tabanan, Ida Bagus Putu Widiadnyana, saat dikonfirmasi terpisah mengatakan pihaknya optimis semua bacaleg yang didaftarkan hari ini bisa lolos masuk ke daftar calon tetap dalam Pemilu 2024 nanti.

"Tadi sudah daftar ke KPU Tabanan jam 12.00 Wita. Sudah komplit 100 persen sesuai kuota," ungkapnya.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya