Comscore Tracker

Nakes di Tabanan Jalani Vaksin Booster Moderna

Vaksin booster makes akan dimulai tanggal 4 Agustus 2022

Tabanan, IDN Times - Pemerintah Pusat mulai menggulirkan vaksinasi COVID-19 dosis keempat atau booster kedua, yang sasaran pertamanya adalah para tenaga kesehatan (nakes). Untuk Kabupaten Tabanan, pelaksanaan booster kedua nakes ini akan berlangsung, Kamis (4/8/2022). Rencananya sekitar 4.051 orang sumber daya manusia kesehatan (SDMK) akan divaksinasi.

Baca Juga: Sejumlah Sapi di Tabanan Tidak Nafsu Makan

1. Vaksin booster kedua untuk nakes Tabanan adalah moderna

Nakes di Tabanan Jalani Vaksin Booster ModernaNakes di RSUD Tabanan. (Dok.IDN Times/RSUD Tabanan)

Kepala Dinas Kesehatan Tabanan, dr Nyoman Susila, mengatakan vaksinasi booster kedua yang menyasar nakes akan dilaksanakan mulai Kamis (4/8/2022), karena pihaknya masih menunggu datanganya vaksin moderna dari Pemerintah Provinsi Bali, yang dijadwalkan tiba, Rabu (3/8/2022) ini.

"Kenapa vaksin moderna? Sesuai dengan aturan jika booster pertama Moderna, maka  booster kedua juga Moderna. Tenaga kesehatan di Tabanan mendapatkan moderna pada booster pertama. Sementara stok moderna sisa 12 vial. Karena itu harus diminta lagi ke Dinas Kesehatan Provinsi Bali," jelas Susila, Rabu (3/8/2022).

Regimen booster kedua yang diberikan yaitu:

Booster pertama Sinovac, maka booster keduanya adalah:

  • Astra Zeneca (1/2 dosis atau 0,25 ml)
  • Pfizer (1/2 dosis atau 0,25 ml)
  • Moderna (dosis penuh atau 0.5 ml)
  • Sinopharm (dosis penuh atau 0,5 ml)
  • Sinovac (dosis penuh atau 0,5 ml)

Booster pertama Astra Zeneca, maka booster keduanya adalah:

  • Moderna (1/2 dosis atau atau 0,25 ml)
  • Pfizer (1/2 dosis atau 0,25 ml)
  • Astra Zeneca (dosis penuh atau atau 0,5 ml)

Booster pertama Pfizer, maka booster kedua:

  • Pfizer (dosis penuh atau 0,5 ml)
  • Moderna (1/2 dosis atau 0,25 ml)
  • Astra Zeneca (dosis penuh atau atau 0,5 ml).

Booster pertama Moderna, maka booster kedua adalah Moderna 1/2 dosis atau 0,25 ml. Sedangkan kalau booster pertama Sinopharm, maka booster kedua adalah Sinopharm dosis penuh atau 0.5 ml.

2. Vaksinasi booster pertama Tabanan mencapai 73.2 persen

Nakes di Tabanan Jalani Vaksin Booster ModernaIlustrasi vaksin COVID-19 buatan Sinovac (Dokumentasi Sinovac)

Menurut Susila, para nakes akan menjalani vaksinasi booster kedua di fasilitas pelayanan kesehatan atau pos pelayanan vaksinasi COVID-19.

"Syarat lain adalah interval vaksinasi booster pertama dan kedua adalah enam bulan," kata Susila. 

Sementara capaian vaksinasi ketiga atau booster pertama di Kabupaten Tabanan sudah mencapai 73,2 persen. Dari 309.880 orang sasaran yang memenuhi syarat, sudah sebanyak 247.768 orang yang telah menjalani vaksinasi booster pertama.

"Vaksinasi di Tabanan saat ini terus gencar dijalankan bekerja sama dengan berbagai pihak baik itu TNI maupun Polri," jelas Susila.

3. Masyarakat diimbau untuk tidak mengabaikan prokes

Nakes di Tabanan Jalani Vaksin Booster Modernafoto ilustrasi (IDN Times/Wira Sanjiwani)

Meski tingkat vaksinasi di Kabupaten Tabanan tinggi, Susila menyarankan masyarakatnya tidak mengabaikan protokol kesehatan (prokes). Terlebih sekarang ini banyak upacara perkawinan dan adat lainnya. Dari pantauannya, masyarakat mulai mengabaikan untuk memakai masker di tengah kerumunan.

"Meski kasus gejala berat COVID-19 sudah mulai berkurang, tetapi jika yang tertular banyak meski gejala ringan, akan tercatat adanya peningkatan kasus. Hal ini tentu berpengaruh juga pada pemulihan ekonomi, terutama Bali yang tergantung dengan pariwisata. Jadi diharapkan masyarakat tetap patuh pada prokes," imbau Susila.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya