Masyarakat Tabanan Diimbau Tampung Air untuk Nyepi

Banyak-banyakin tampung air ya buat jaga-jaga

Tabanan, IDN Times - Selama Hari Raya Nyepi seluruh aktivitas dihentikan, tak terkecuali kegiatan tim teknis Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Amertha Buana (TAB) Tabanan.

Untuk mencegah terjadinya gangguan distribusi air selama Nyepi, pihak Perumda TAB menggencarkan pemeriksaan jaringan pipa baik distribusi maupun transmisi. Sehingga tidak terjadi permasalahan distribusi air bersih selama Hari Raya Nyepi.

Baca Juga: Cara Memotret Milky Way di Hari Nyepi, Pasti Keren!

Baca Juga: 5 Tradisi Sebelum Nyepi di Bali Selain Ogoh-Ogoh

1. Musim hujan masih menjadi ancaman kerusakan jaringan pipa

Masyarakat Tabanan Diimbau Tampung Air untuk NyepiPetugas Perumda TAB Tabanan saat memperbaiki pipa transmisi yang alami masalah setelah adanya longsor karena curah hujan tinggi (Dok.IDN Times/Humas Perumda TAB Tabanan)

Kepala Bagian Langganan Perumda Tirta Amertha Buana (TAB) Tabanan, Made Sudiana; didampingi Kasubag Humas Perumda TAB Tabanan, Wayan Agus Suanjaya, memaparkan musim hujan masih menjadi kendala kerusakan pipa baik distribusi maupun transmisi. Pihaknya akan menggencarkan pemeriksaan pipa tersebut, agar tidak mengganggu distribusi air bersih ke masyarakat selama Nyepi berlangsung, Rabu (22/3/2023).

"Untuk itu kami saat ini semakin menggencarkan pemeriksaan pipa dan jika ditemukan, segera melakukan perbaikan," ujarnya, Selasa (14/3/2022).

2. Masyarakat tetap diimbau menampung air bersih

Masyarakat Tabanan Diimbau Tampung Air untuk Nyepiilustrasi keran air (pexels.com/Diva Plavalaguna)

Meski ada pemeriksaan dari pihaknya, namun Sudiana mengimbau masyarakat agar menampung air bersih untuk berjaga-jaga. Sebab jika ada kerusakan jaringan pada Hari Raya Nyepi, pihaknya tidak dapat langsung memperbaikinya. Perbaikannya akan menunggu keesokan hari setelah Nyepi berakhir.

Meski begitu, Perumda TAB Tabanan tetap menyigiakan 20 petugas yang akan ditempatkan di masing-masing reservoir dan layanan operator.

"Mereka akan bertugas selama tiga hari dari Selasa (21/3/2023) hingga Kamis (22/3/2023) untuk mengatasi jika ada permasalahan di reservoir," jelas Sudiana.

3. Perumda TAB Tabanan akan menginformasikan lewat WA blast

Masyarakat Tabanan Diimbau Tampung Air untuk NyepiSalah satu reservoir milik Perumda TAB Tabanan (Dok.IDNTimes/Humas Perumda TAB)

Supaya masyarakat bersiap untuk menampung air bersih jika ada perbaikan jaringan, pihak Perumda TAB akan mengirimkan pesan melalui WhatsApp (WA) blast. WA blast ini juga untuk memberikan informasi pembayaran rekening setiap bulan. Tujuannya untuk mengingatkan pelanggan agar tidak terlambat dalam melakukan pembayaran, sekaligus menghindari sanksi denda hingga pemutusan sambungan.

"Jika perbaikannya terencana, akan diinformasikan WA blast sehari sebelumnya. Namun jika tidak terencana, akan diinformasikan di waktu yang sama saat perbaikan," ungkap Sudiana.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya