Keracunan Miras, 5 Pemuda di Tabanan Masuk Rumah Sakit

Tiga orang diantaranya menjalani cuci darah

Tabanan, IDN Times - Lima orang pemuda asal Kecamatan Marga, kabupaten Tabanan dilarikan ke rumah sakit pada Kamis (6/7/2023). Mereka muntah-muntah dan mengeluhkan pandangan kabur setelah pesta minuman keras (miras) pada Senin (3/7/2013). 

Tiga orang bahkan harus menjalani proses cuci darah di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tabanan. Informasi sementara, miras yang diminum adalah campuran miras merk Chivas Regal dan minuman ringan bermerek. 

Baca Juga: Lapas Tabanan Serahkan 129 Nama Pemilih ke KPU Tabanan

1. Korban minum miras dicampur minuman ringan berkarbonasi

Keracunan Miras, 5 Pemuda di Tabanan Masuk Rumah SakitIlustrasi miras (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Kasus ini terungkap ketika salah satu keluarga korban, Wayan Darta, melapor ke Bhabinkamtibmas Banjar Tegal Desa Kukuh, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan pada Kamis (6/7/2023) sekitar pukul 15.00 Wita. 

Wayan Darta melaporkan, lima orang warga Desa Kukuh telah keracunan akibat pesta miras. "Atas informasi tersebut dicek ke lokasi tempat pesta miras di Banjar Tegal Desa Kukuh," ujar Kasi Humas Polres Tabanan, Iptu I GM Berata, Kamis (6/7/2023).

Dari pengusutan polisi, insiden ini bermula ketika dua korban, I Putu Astia Wardana dan I Made Deni Purnawan, minum miras berdua di rumahnya. Setelah habis minuman Singleton lanjut minum lagi jenis Civas Regal.

Selanjutnya, tiga orang bergabung, yakni I Putu Andika, I Wayan Suta Andriana, dan I Putu Agus Cahyana Putra bergabung. Mereka lantas mencampur miras itu dengan minuman ringan berkarbonasi. Para korban juga makan makanan pendamping berupa sate babi dan pepes lele. Para korban pesta miras hingga pukul 22.00 Wita. 

2. Lima korban dilarikan ke rumah sakit

Keracunan Miras, 5 Pemuda di Tabanan Masuk Rumah SakitLokasi para korban minum minuman keras sebelum keracunan miras (Dok.IDNTimes/Istimewa)

Dari hasil pemeriksaan, menurut Berata, lima korban sudah dibawa  ke rumah sakit. Awalnya tiga korban dibawa ke RSUD Tabanan, 1 korban ke RS Dharma Kerti dan satu lagi ke RS Singasana Nyitdah Tabanan. Setelahnya korban yang mendapatkan perawatan di RS Dharma Kerti dan RS Singasana dirujuk ke RSUD Tabanan. Kelimanya didiagnosa mengalami keracunan miras dan saat ini semuanya mendapatkan perawatan di RSUD Tabanan.
Adapun kondisi terakhir dari lima korban:

  • Putu Astya Wardana (24), saat ini dirawat di unit gawat darurat (UGD) RSUD Tabanan.
  • I Putu Agus Cahyana Putra (22), saat ini dirawat di UGD RSUD Tabanan.
  • I Made Deni Purnawan (19), saat ini dirawat di ruang Dahlia RSUD Tabanan dan menjalani cuci darah.
  • I Wayan Suta Andriana (27), saat ini dirawat di ruang Dahlia RSUD Tabanan dan menjalani cuci darah. Korban belum sadarkan diri.
  • I Putu Handika (30), saat ini dirawat  di ruang Dahlia RSUD Tabanan dan menjalani cuci darah.

3. Korban mengalami mual dan pusing

Keracunan Miras, 5 Pemuda di Tabanan Masuk Rumah SakitMerk minuman keras yang diminum para korban (Dok.IDNTimes/Istimewa)

Menurut keterangan I Wayan Serep, kakek dari tiga orang korban --Putu Astya Wardana, I Putu Agus Cahyana dan  Made Deni Purnawan-- cucunya itu tidur seharian pada Selasa  (4/7/2023).  Pada Rabu (5/7/2023), para mulai mengeluh mual, muntah, pusing dan lemas.

Semua korban kemudian dibawa ke rumah sakit karena mengalami gejala penglihatan kabur, mual, dan muntah - muntah.

"Diagnosa dokter kelima korban mengalami keracunan miras dan semua korban saat ini mendapatkan perawatan di  RSUD Tabanan. Tiga orang menjalani proses cuci darah sedangkan dua orang akan menjalani cek lab," ujar Berata.

Baca Juga: Residivis Ditangkap Saat Live DJ di Ubud

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya