BPBD: Pohon Tumbang Banyak Terjadi di Tabanan Tahun 2023

Kerap terjadi pada saat hujan dan angin melanda

Tabanan, IDN Times - Selama dua hari, Minggu (1/7/2023) dan Senin (2/7/2023), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tabanan mencatat dua kasus bencana pohon tumbang. Dalam catatannya, pohon tumbang menjadi bencana alam terbanyak yang terjadi di Tabanan sepanjang tahun 2023.

Hal ini membuat BPBD mengimbau masyarakat lebih berhati-hati untuk tidak berdekatan dengan pohon ketika hujan dan angin sedang melanda.

Baca Juga: Waspada Gelombang Tinggi Hingga 6 Meter di Bali Selatan

Baca Juga: Daftar Pantai di Bali Berpotensi ROB mulai 5 Juli 2023

1. Dua bencana pohon tumbang terjadi dalam rentang dua hari

BPBD: Pohon Tumbang Banyak Terjadi di Tabanan Tahun 2023Kejadian bencana pohon tumbang di Tabanan (Dok.IDNTimes/BPBD Tabanan)

Hujan di Kabupaten Tabanan terjadi berturut-turut selama tiga hari, Jumat (30/6/2023) hingga Minggu (2/7/2023). Hujan ini menyebabkan bencana pohon tumbang, di Banjar Babakan, Desa Cau Blayu, Kecamatan Marga, pada Minggu (1/7/2023) sekitar pukul 06.00 Wita. Sejumlah pohon juwet dan ceroring tumbang menimpa garasi mobil, sehingga menimbulkan kerugian sekitar Rp10 juta.

Lalu pohon beringin tumbang juga terjadi di Banjar Kuwum Ancak, Desa Kuwum, Kecamatan Marga, pada pukul 06.45 Wita, Senin (3/7/2023). Pohon itu tumbang menimpa pelinggih di bawahnya. Tumbangnya pohon ini sempat menganggu aktivitas lalu lintas karena menutupi sebagian besar ruas jalan.

2. Pohon tumbang mendominasi bencana alam di Tabanan pada tahun 2023

BPBD: Pohon Tumbang Banyak Terjadi di Tabanan Tahun 2023Kejadian bencana pohon tumbang di Tabanan (Dok.IDNTimes/BPBD Tabanan)

Berdasarkan data dari BPBD Tabanan, sepanjang tahun 2023 tercatat  109 kejadian bencana dengan rincian:

  • Pohon tumbang: 47 kejadian
  • Tanah longsor: 33 kejadian
  • Gempa bumi: 3 kejadian
  • Kebakaran: 13 kasus
  • Lain-lain: 13 kasus.

Sementara kerugian akibat bencana selama tahun 2023 adalah:

  • Januari:  total perkiraan kerugian Rp794 juta
  • Februari: total perkiraan kerugian Rp1,2 miliar
  • Maret:  total perkiraan  kerugian Rp1,048 miliar
  • April:  total perkiraan kerugian Rp1,027 miliar
  • Mei:  total perkiraan kerugian Rp498 juta
  • Juni:  total perkiraan kerugian Rp83 juta.

Dari data di atas, kejadian bencana didominasi oleh pohon tumbang yang disusul tanah longsor.

3. Tabanan merupakan daerah vegetasi yang rawan bencana pohon tumbang

BPBD: Pohon Tumbang Banyak Terjadi di Tabanan Tahun 2023Kejadian bencana pohon tumbang di Tabanan (Dok.IDNTimes/BPBD Tabanan)

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BPBD Tabanan, Nyoman Srinadha Giri, mengatakan bencana alam di Kabupaten Tabanan didominasi oleh pohon tumbang. Menurutnya, bencana alam seperti ini sering terjadi di wilayah dengan vegetasi yang lebat, seperti Tabanan.

Ia mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi bencana alam, dan melaporkan kejadian serupa kepada pihak berwenang untuk penanganan yang lebih baik di masa mendatang.

"Tetap waspada jika hujan lebat disertai angin kencang dan segera melaporkan kejadian kepada pihak berwenang," katanya, Senin (2/7/2023) lalu.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya