3 Ribu Rumah di Tabanan Masuk Daftar Tunggu Bedah Rumah

Menyebar merata di 10 kecamatan

Tabanan, IDN Times - Sejumlah upaya dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabanan untuk mengentaskan kemiskinan ekstrem sesuai instruksi Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo kepada seluruh kepala daerah. Satu upayanya adalah melalui bantuan bedah rumah bagi masyarakat yang tidak mampu.

Saat ini tercatat 3.000 rumah di Kabupaten Tabanan yang saat ini berada dalam daftar tunggu, untuk dibantu program bedah rumah. Jumlah tersebut akan ditangani secara bertahap dengan skala prioritas menyasar rumah yang dalam kondisi rusak berat.

1. Ada 26 titik penanganan bedah rumah di tahun 2023

3 Ribu Rumah di Tabanan Masuk Daftar Tunggu Bedah Rumahilustrasi mengecat ulang dinding rumah (pexels.com/Blue Bird)

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (PUPRPKP) Tabanan, I Made Dedi Darma Saputra, mengatakan bantuan bedah rumah ini sesuai perintah Bupati Tabanan dalam menindaklanjuti instruksi Presiden untuk menangani kemiskinan ekstrem.

Pada tahun 2023, ada 26 titik penanganan bedah rumah di Kabupaten Tabanan yang dananya bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). Penyaluran bantuan ini, menurut Dedi, prosesnya agak panjang karena harus melalui persiapan perencanaan, pengadaan bahan hingga kelayakan orang atau penerima.

"Saat ini SK sedang diajukan ke bagian hukum, sedangkan yang berkaitan dengan pelaksanaan dalam proses pengadaan barang,” ujarnya, Minggu (17/9/2023).

2. Bantuan diberikan dalam bentuk bahan baku

3 Ribu Rumah di Tabanan Masuk Daftar Tunggu Bedah RumahIlustrasi Toko Bahan Bangunan/Material (toko-bangunan-semarang.business.site)

Dedi menjelaskan, bantuan yang diberikan nanti tidak dalam bentuk rumah jadi, melainkan berupa bentuk bahan baku senilai Rp30 juta per rumah. Sementara untuk pembangunan atau bedah rumah akan dilakukan si pemilik secara swadaya.

Saat ini ada 3.000 rumah warga di Kabupaten Tabanan masuk dalam daftar tunggu untuk program bedah rumah. Kata Dedi, jumlah ini akan ditangani secara bertahap dengan skala prioritas, di mana yang diutamakan adalah rumah dalam kondisi rusak berat dan memenuhi ketentuan dalam persyaratan penyaluran bantuan bedah rumah.

3. Kategori mendapatkan bedah rumah

3 Ribu Rumah di Tabanan Masuk Daftar Tunggu Bedah RumahIlustrasi rumah. ANTARA FOTO/Fauzan

Kategori yang mendapatkan bedah rumah ini di antaranya:

  • Masyarakat masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS)
  • Calon penerima wajib masuk dalam data Rumah Tidak Layak Huni (E-RTLH). 

"Harus sesuai identifikasi terhadap rumah tidak layak huni sesuai aplikasi kementerian pusat. Itu wajib masuk dalam E-RTLH,” kata Dedi.

Ditambahkannya, titik rencana sasaran bedah rumah di Kabupaten Tabanan menyebar di semua kecamatan. Sebab penanganan kemiskinan ekstrem ini mengutamakan pemerataan.

Kebutuhan bahan baku untuk bantuan bedah rumah diharapkan sudah didistribusikan pada akhir September 2023 ke masing-masing penerima. Sedangkan rumah tersebut harus sudah rampung atau siap huni pada akhir Desember 2023.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya