Sunyi dan Tenang, 10 Potret Kondisi Terbaru Pura Besakih Saat Pandemik

Pamedek yang tangkil diharapkan tetap mengikuti protokol

Karangasem, IDN Times - Selama masa pandemik, semua masyarakat Bali diimbau untuk tetap tinggal di rumah dan mengurangi interaksi dengan orang banyak. Sejumlah tempat wisata, rumah makan, hotel, maupun lokasi interaktif lainnya ditutup.

Begitu pula untuk ritual persembahyangan. Pandemik virus corona atau COVID-19 ini membuat sejumlah pemangku kebijakan harus melakukan penyesuaian kembali ritual-ritual keagamaan, termasuk yang berlangsung di Pura besar sekalipun. Semeton (Masyarakat atau saudara) Bali diimbau untuk melakukan persembahyangan dari rumah. Kalau akan tangkil (Sembahyang) ke pura, agar tetap mengikuti protokol kesehatan yang disampaikan oleh pemerintah.

Masa pandemik ini juga membuat sejumlah tempat terasa begitu sepi dan lengang, termasuk di Pura Besakih, Kabupaten Karangasem. Berikut ini potret terbaru Pura Besakih selama masa pandemik yang diambil pada Minggu (3/5).

1. Jalan menuju area Pura Besakih tampak lengang, tepatnya di depan Pura Dalem Puri. Toko-toko tutup selama masa pandemik COVID-19

Sunyi dan Tenang, 10 Potret Kondisi Terbaru Pura Besakih Saat PandemikSuasana jalan menuju Pura Besakih, di Rendang, Karangasem saat pandemik, Minggu (3/5) sore. (IDN Times/Ni Ketut Sudiani)

Baca Juga: Tak Seperti Daerah Lain, Begini Cara Bali Mencegah COVID-19

2. Lapak pedagang di kawasan menuju area Pura Besakih biasanya sangat ramai dipenuhi oleh pembeli. Tapi selama pandemik, semuanya tutup

Sunyi dan Tenang, 10 Potret Kondisi Terbaru Pura Besakih Saat PandemikLapak pedagang di sekitar Pura Besakih, di Rendang, Karangasem yang tutup saat pandemik, Minggu (3/5) sore. (IDN Times/Ni Ketut Sudiani)

3. Tampak satu lapak pedagang yang ditutup rapat dengan terpal dan ditindih menggunakan penutup berbahan besi

Sunyi dan Tenang, 10 Potret Kondisi Terbaru Pura Besakih Saat PandemikLapak pedagang di sekitar Pura Besakih, di Rendang, Karangasem tutup saat pandemik, Minggu (3/5) sore. (IDN Times/Ni Ketut Sudiani)

4. Loket tiket masuk ke Pura Besakih tutup selama masa pandemik. Wisatawan tidak diizinkan untuk masuk. Hanya pamedek (Umat Hindu) yang akan sembahyang saja yang diperbolehkan masuk

Sunyi dan Tenang, 10 Potret Kondisi Terbaru Pura Besakih Saat PandemikPos pembelian tiket masuk ke Pura Besakih, di Rendang, Karangasem yang tutup saat pandemik, Minggu (3/5) sore. (IDN Times/Ni Ketut Sudiani)

5. Pos informasi juga tampak tutup. Namun pos keamanan masih tetap dijaga oleh sejumlah personel kepolisian

Sunyi dan Tenang, 10 Potret Kondisi Terbaru Pura Besakih Saat PandemikPos informasi di Pura Besakih, di Rendang, Karangasem yang tutup saat pandemik, Minggu (3/5) sore. (IDN Times/Ni Ketut Sudiani)

6. Pada bagian tembok dekat pos informasi, ada spanduk imbauan supaya menjaga kebersihan sebagai upaya untuk mencegah COVID-19

Sunyi dan Tenang, 10 Potret Kondisi Terbaru Pura Besakih Saat PandemikSpanduk imbauan berperilaku hidup bersih dan sehat untuk melawan COVID-19 yang dipasang di area Pura Besakih, Rendang, Karangasem, Minggu (3/5) sore. (IDN Times/Ni Ketut Sudiani)

7. Pada bagian area menuju Penataran Agung Pura Besakih juga disediakan air dan sabun untuk mencuci tangan. Sehingga pamedek dapat melakukan persembahyangan dalam keadaan bersih

Sunyi dan Tenang, 10 Potret Kondisi Terbaru Pura Besakih Saat PandemikTempat mencuci tangan yang disediakan untuk para pemedek sebelum memasuki area utama Pura Besakih, di Karangasem, Minggu (3/5). (IDN Times/Ni Ketut Sudiani)

8. Area di depan tangga Penataran Agung Pura Besakih tampak sepi dan tenang. Hanya ada sejumlah anjing lokal yang seketika menggonggong begitu ada orang yang tiba

Sunyi dan Tenang, 10 Potret Kondisi Terbaru Pura Besakih Saat PandemikSuasana Pura Besakih, di Rendang, Karangasem saat pandemik, Minggu (3/5) sore. (IDN Times/Ni Ketut Sudiani)

9. Area di Pura Gelap di Besakih pun tampak sepi selama pandemik. Dari tangga menuju kawasan utama pura, tampak langit begitu cerah dan pemandangan sangat menyejukkan

Sunyi dan Tenang, 10 Potret Kondisi Terbaru Pura Besakih Saat PandemikSuasana saat akan memasuki area Pura Gelap di Besakih, Karangasem ketika masa pandemik, Minggu (3/5). (IDN Times/Ni Ketut Sudiani)

10. Selama masa pandemik, pihak pengelola pura telah memasang tanda pengatur jarak untuk sembahyang. Suasana saat petang terasa begitu menenangkan. Anjing-anjing lokal 'penjaga', akan menggonggong begitu ada orang datang, tapi kemudian langsung tenang selama pamedek tetap khusyuk

Sunyi dan Tenang, 10 Potret Kondisi Terbaru Pura Besakih Saat PandemikSeorang pemedek tampak hendak menghaturkan canang di Penataran Agung Pura Besakih, di Rendang, Karangasem saat pandemik, Minggu (3/5) petang. (IDN Times/Ni Ketut Sudiani)

Itu dia kondisi terbaru Pura Besakih selama pandemik COVID-19. Ini pengamatan reporter IDN Times ketika melakukan pelliputan sekaligus persembahyangan di Pura Besakih. Semoga wabah ini cepat berlalu.

Baca Juga: 8 Cara Mencegah Virus Corona yang Salah Kaprah Menurut Medis

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya