Comscore Tracker

Kawanan Hiu Blacktip di Pulau Peninsula Nusa Dua Jadi Tontonan

Kamu udah lihat belum?

Badung, IDN Times - Gerombolan blacktip reef shark atau hiu karang sirip hitam masih muncul di kawasan Pulau Peninsula, Nusa Dua, Badung, Jumat (23/8). Kawanan ini sejak beberapa hari terakhir muncul karena mengikuti mangsanya. Mereka mulai menepi sekitar pukul 11.00 Wita saat air laut mulai pasang.

Kepala Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Denpasar, Suko Wardono, menyebutkan hiu ini muncul setiap musim ikan tiba. Menurutnya hal ini alamiah, karena hiu mengikuti ke mana mangsanya pergi.

"Itu ceritanya dari pengalaman masyarakat nelayan, ya memang saat musim ikan yang bisa dijadikan makanan hiu. Hiu datang," imbuhnya.

Untuk memastikannya,IDN Times mendatangi wilayah tersebut secara langsung, dan beginilah hasilnya:

1. Wisatawan mencoba mendekati hiu

Kawanan Hiu Blacktip di Pulau Peninsula Nusa Dua Jadi TontonanIDN Times/Imam Rosidin

Pantauan di lokasi, hiu-hiu ini mulai menepi ketika air mulai pasang atau naik. Mereka bergerak secara bergerombol. Kawanan hiu ini kemudian menjadi tontonan wisatawan yang kebetulan berada di sekitar lokasi.

Para wisatawan itu banyak yang turun ke pantai mendekati gerombolan hiu. Namun ketika didekati, hiu-hiu tersebut menjauh dan kembali ke tengah. Pada saat wisatawan masuk ke dalam air, hiu-hiu ini akan kembali menepi. Kejadian ini berlangsung selama dua jam. Sebab kawanan mulai menghilang sekitar pukul 13.00 Wita.

2. Ini merupakan fenomena tahunan. Mereka selalu datang ke sini

Kawanan Hiu Blacktip di Pulau Peninsula Nusa Dua Jadi TontonanIDN Times/Imam Rosidin

Hiu blacktip ini memang dikenal tak agresif. Mereka cenderung takut jika didekati manusia. Karena itu banyak wisatawan yang berani untuk mendekatinya. Datangnya gerombolan di perairan Nusa Dua ini merupakan fenomena tahunan. Hampir setiap tahun mereka datang. Namun dalam jumlah banyak, baru kali ini terjadi.

"Ini fenomena tahunan, beberapa tahun yang lalu saya juga mengamati kawanan hiu ini datang. Namun tidak sebanyak ini," kata Pariama Hotasoit, penyelam dari Nusa Dua Reef Foundation (NDRF) saat ditemui di lokasi, Jumat (23/8).

3. Butuh penelitian untuk mengetahui kedatangan mereka yang datang dalam jumlah banyak

Kawanan Hiu Blacktip di Pulau Peninsula Nusa Dua Jadi TontonanIDN Times/Imam Rosidin

Ia tidak mengetahui mengapa mereka datang dalam jumlah yang banyak. Menurutnya butuh penelitian lebih lanjut mengapa hiu datang dalam jumlah yang banyak di perairan Nusa Dua.

"Kita tak tahu ya kenapa, yang jelas butuh penelitian lebih lanjut. Mereka sedang migrasi atau sedang mencari makanan. Jelas perlu penelitian apakah di perairan ini sedang banyak sumber makanan, atau memang tempat daerah breeding. Perlu peneliti hiu ya terkait ini," kata dia.

4. Jadi tontonan menarik para wisatawan

Kawanan Hiu Blacktip di Pulau Peninsula Nusa Dua Jadi TontonanDok.IDN Times/Istimewa

Oliver, wisatawan asal Prancis, mengaku beruntung bisa melihat kawanan hiu jenis blacktip ini. Ia tahu jika hiu tersebut tidak agresif. Sehingga ia mengajak anaknya turun langsung ke pantai untuk mendekati hiu.

"Terkejut ya lihat hiu secara langsung. Saya tidak takut karena tahu hiu ini tidak agresif," ujar Oliver.

Di negaranya ia tak pernah melihat hal semacam ini. Untuk jenis blacktip, ia dulu pernah melihatnya di Thailand, dan kini ia kembali melihatnya di Indonesia.

Baca Juga: Kawanan Hiu di Pulau Peninsula Nusa Dua Jenis Blacktip

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You