Comscore Tracker

Kawanan Hiu di Pulau Peninsula Nusa Dua Jenis Blacktip

Sifatnya tak agresif sih, tapi mending menjauh aja

Badung, IDN Times - Kawanan hiu terlihat di kawasan perairan Pulau Peninsula, Nusa Dua, Badung, dalam beberapa hari terakhir. Diperkirakan ada sekitar 60 hingga 70 ikan hiu yang sedang berada di kawasan tersebut.

Termasuk hiu yang berbahayakah?

1. Dari laporan masyarakat ada sekitar 60 hingga 70 hiu berada di sana

Kawanan Hiu di Pulau Peninsula Nusa Dua Jenis BlacktipDok.IDN Times/Istimewa

Pariama Hotasoit, Penyelam dari Nusa Dua Reef Foundation (NDRF), mengaku sudah tahu sejak satu minggu terkahir. Dari laporan masyarakat, jika dijumlah ada sekitar 60 hingga 70 ikan hiu yang ada di kawasan tersebut.

"Ini menurut laporan dari masyarakat yang selalu ada di pantai sudah sekitar satu Minggu ini. Saya sendiri dapat kabarnya beberapa hari yang lalu lewat video yang disebarluaskan. Saya tidak tahu pasti jumlahnya berapa tetapi banyak, dan menurut laporan masyarakat yang saya jumpai sekitar 60 dan 70 katanya tapi tentu saja itu harus dibuktikan," katanya saat dihubungi, Kamis (22/8).

2. Hiu di Pulau Peninsula termasuk jenis blacktip

Kawanan Hiu di Pulau Peninsula Nusa Dua Jenis Blacktipbransonswildworld.com

Dari yang ia amati, hiu ini termasuk jenis blacktip reef shark atau hiu karang sirip hitam. Sifatnya memang bergerombol dan habitatnya ada di terumbu karang kawasan Indo-pasifik.

"Ini jenis Blacktip, dia ini hiu karang dan memang biasa bergerombol. Dan (Tinggal) ditumbuh karang di daerah Indo-pasifik termasuk Indonesia," katanya.

3. Hiu blacktip sering terlihat di Tulamben dan Nusa Penida

Kawanan Hiu di Pulau Peninsula Nusa Dua Jenis Blacktippictorem.com

Ia mengaku tak tahu di mana saja sebaran habitat hiu jenis itu. Namun pastinya, hiu ini berada di wilayah perairan yang banyak terumbu karangnya. Namun untuk wilayah Bali, hiu jenis ini juga sering terlihat di Tulamben wilayah Kabupaten Karangasem, Nusa Penida wioayah Klungkung.

"Banyak saya tidak tahu persis di mana saja tapi karena dia hiu karang di daerah-daerah terumbu karang. Saya tidak bisa sebutkan satu per satu tidak ada laporan penelitian hiu Indonesia ada di mana saja saya belum lihat," kata Pariama.

4. Hiu ini tidak agresif dan cenderung menjauh jika didekati. Tapi lebih baik tidak terlalu dekat ya

Kawanan Hiu di Pulau Peninsula Nusa Dua Jenis BlacktipDok.IDN Times/Istimewa

Ukurannya diperkirakan sekitar satu meter. Jadi dianggap tidak terlalu besar karena ukuran maksimalnya hanya sampai 1,6 meter.

Menurutnya, hiu jenis ini tidak agresif dan tak berbahaya. Penampakan hiu ini sudah terjadi setiap tahun dan menarik perhatian wisatawan. Namun sifat hiu ini jika didekati manusia justru menjauh karena takut.

"Sebenarnya secara otomatis kan orang takut pada hiu ya. Pengaruh dari media terutama film tapi bukan berarti juga menyarankan kalau ada hiu mendekat. Hiunya didatang-datangi kasihan juga kan terganggu," ujarnya.

"Sebaiknya (Tidak dekat) tapi dia juga tidak menyerang manusia blacktip tidak menyerang bahkan cenderung kalau ada manusia dia menjauh. Ini sudah dibutuhkan bahkan ada dua anak kecil snorkeling mencari hiunya penasaran, malah hiunya menjauh," jelasnya lagi.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You