Comscore Tracker

Fadli Zon Minta Pembentukan TGPF 22 Mei, Jokowi: Beri Waktu Polisi

KontraS juga desak pembentukan TGPF

Denpasar, IDN Times - Fadli Zon yang merupakan anggota Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno serta Wakil Ketua DPR mewacanakan dibentuknya Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) terkait kerusuhan 21-22 Mei 2019. Menanggapi itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar pihak Kepolisian diberikan waktu menuntaskan kasus tersebut.

1. Berikan waktu pada Polisi

Fadli Zon Minta Pembentukan TGPF 22 Mei, Jokowi: Beri Waktu PolisiIDN Times/Imam Rosidin

Jokowi ingin publik memberikan waktu kepada polisi menuntaskan kasusnya. Menurutnya saat ini, sudah berjalan penyelidikan terkait kasus-kasus yang berkaitan dengan meninggalnya sejumlah demonstran saar aksi 22 Mei.

"Berikan waktu terlebih dahulu kepada polisi untuk menyelesaikan kasus pembunuhannya. Ini juga sudah berjalan paralel kasus yang berkaitan dengan meninggalnya di lokasi kerusuhan," kata Jokowi saat meninjau Waduk Muara Nusa Dua, Denpasar, Bali, Jumat (14/6) sore.

2. Fadli Zon usul pembentukan TGPF

Fadli Zon Minta Pembentukan TGPF 22 Mei, Jokowi: Beri Waktu PolisiIDN Times/Axel Jo Harianja

Sebelumnya, Fadli Zon menilai TGPF bisa terdiri dari masyarakat sipil, pihak-pihak terkait sehingga ada independensi tim untuk membongkar apa yang sebenarnya terjadi.

"Agar ada independensi dari tim untuk membongkar apa yang sebenarnya terjadi dan kenapa sampai timbul korban jiwa, kemudian mungkin bisa dipelajari tentang siapa yang melakukannya," kata dia, dilansir dari Kantor Berita Antara, Rabu (12/6).

Baca Juga: Pelaku Pencurian Senjata Api Brimob Saat Kerusuhan 22 Mei Ditangkap

3. KontraS juga desak pembentukan TGPF

Fadli Zon Minta Pembentukan TGPF 22 Mei, Jokowi: Beri Waktu PolisiIDN Times/Abdurrahman

Komisi Untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) berpendapat keterangan yang diberikan oleh pihak kepolisian dalam rilis "Perkembangan Kerusuhan 21-22 Mei 2019" yang disiarkan pada Selasa (11/6) belum detail dan justru menimbulkan asumsi-asumsi di tengah masyarakat.

Oleh karena hal itu, pihak KontraS mendesak dibentuknya Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) untuk mengungkap berbagai persoalan terkait aksi 21-22 Mei. Hal ini disampaikan pihak KontraS di kantornya di kawasan, Senen, Jakarta Pusat pada Rabu (12/6).

KontraS mendesak presiden Joko "Jokowi" Widodo sebagai kepala negara untuk membentuk Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) sebagai bentuk pertanggungjawaban dan usaha menyelesaikan persoalan ini.

4. Soroti banyak nama tokoh yang terlibat

Fadli Zon Minta Pembentukan TGPF 22 Mei, Jokowi: Beri Waktu PolisiIDN Times/Gregorius Aryodamar P

KontraS menyoroti banyaknya nama-nama tokoh yang diduga terlibat dan masifnya dampak dari aksi tersebut sebagai alasan diperlukannya pembentukan tim itu.

"Untuk mengurai ini, hanya bisa dilakukan dengan Tim Gabungan Pencari Fakta untuk menemukan tentang peristiwa yang benar itu seperti apa? Siapa yang berperan untuk apa?" kata Feri Kusuma, Wakil Kordinator Bidang Strategi dan Mobilisasi usai konferensi pers yang dilakukan di kantor KontraS.

Baca Juga: Polri Tegaskan Tak Pernah Sebut Kivlan Zen Dalang Kerusuhan 21-22 Mei

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Just For You