Terminal Multipurpose Labuan Bajo Sibuk Jelang KTT ASEAN

Ratusan mobil listrik bakal meramaikan KTT ASEAN

Denpasar, IDN Times - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo memberikan dukungan kelancaran penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) melalui pelayanan pengiriman sejumlah fasilitas. Hal ini diungkapkan oleh General Manager Pelindo Cabang Labuan Bajo, Dimaz Yuliono, bahwa peningkatan aktivitas layanan ini terekam meningkat dalam dua pekan ini.

Baca Juga: Polda Bali dan Kodam Udayana Kirim Personel ke Labuan Bajo

1. Melayani pengiriman 200 mobil listrik untuk operasional di Labuan Bajo

Terminal Multipurpose Labuan Bajo Sibuk Jelang KTT ASEANSejumlah mobil listrik untuk kegiatan KTT ASEAN di Labuan Bajo. (Dok.IDN Times/Pelindo)

General Manager Pelindo Cabang Labuan Bajo, Dimaz Yuliono, menyebutkan Terminal Multipurpose Labuan Bajo dalam sepekan ini sibuk menerima berbagai fasilitas untuk mendukung kegiatan KTT tersebut. Termasuk penerimaan sekitar 200 mobil listrik di Terminal Multipurpose Labuan Bajo, pada Senin (1/5/2023) lalu.

"Memang sudah sepekan terakhir ini menjelang pelaksaan (KTT) ASEAN 2023 Labuan Bajo, Pelabuhan kami telah melayani pengiriman sejumlah fasilitas untuk penunjang seperti 200 mobil listrik dan juga peralatan pengamanan," ungkapnya pada Rabu (3/5/2023).

Mobil-mobil listrik tersebut dikirimkan langsung oleh distributornya menuju Pulau Flores melalui Terminal Multipurpose Labuan Bajo. Kendaraan tersebut nantinya digunakan untuk operasional selama kegiatan berlangsung.

2. Melayani sandar kapal milik TNI AL dan kepolisian untuk pengamanan

Terminal Multipurpose Labuan Bajo Sibuk Jelang KTT ASEANPasukan TNI yang terlibat pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN di Labuan Bajo. (Dok.IDN Times/istimewa)

Beberapa hari sebelumnya, Terminal Multipurpose juga melayani proses sandar kapal yang membawa sejumlah peralatan dan fasilitas pengamanan milik TNI AL, dan kepolisian yang disiapkan untuk mengamankan KTT ASEAN 2023 Labuan Bajo.

3. Siapkan lapangan penumpukan barang dan kapal tunda

Terminal Multipurpose Labuan Bajo Sibuk Jelang KTT ASEANIlustrasi pelabuhan. (ANTARA FOTO/Didik Suhartono)

Selain mendukung dari sisi layanan jasa kepelabuhanan, dari sisi fasilitas Pelindo juga telah menyiapkan sejumlah infrastruktur pendukung, satu di antaranya lapangan penumpukan barang serta kapal tunda untuk layanan aktivitas bongkar muat dan sandar kapal.

“Kami juga memiliki jasa kapal tunda yang akan standby melayani operasional pelabuhan terlebih selama pelaksanaan KTT ASEAN 2023,” kata Dimaz.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya