Mau Lapor Polisi Tanpa Datang ke Kantornya? Unduh Salak Bali Saja

Dalam sehari polisi menerima 20 laporan melalui Salak Bali

Denpasar, IDN Times - Kepolisian Daerah (Polda) Bali memiliki layanan pengaduan dalam bentuk aplikasi bernama Salak Bali. Salak Bali merupakan singkatan dari Sistem Aplikasi Layanan Kepolisian Bali. Aplikasi ini berfungsi memberikan kecepatan dan mempermudah akses pada laporan atau pengaduan masyarakat.

Kapolda Bali, Inspektur Jenderal Petrus Reinhard Golose, mengimbau agar seluruh polisi di Polda Bali, Kepolisian Resor (Polres), dan Kepolisian Sektor (Polsek) wajib memiliki aplikasi Salak Bali agar menerima pengaduan dari masyarakat secepat mungkin. Meski demikian, diakuinya masih banyak ditemukan personel yang belum memiliki ponsel pintar.

1. Polda klaim pengaduan bisa diproses hanya dalam hitungan menit

Mau Lapor Polisi Tanpa Datang ke Kantornya? Unduh Salak Bali SajaDok.IDN Times/Istimewa

Masyarakat yang mengadu melalui Salak Bali ini diklaim Polda Bali bisa diproses hanya dalam hitungan menit saja, dan petugas kepolisian akan segera tiba di tempat kejadian.

"Kalau dalam radius dua kilometer dari Polres atau Polsek mungkin bisa tiga menit polisi sudah datang," ucap Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Polda Bali, AKBP Ketut Arnawa, di Polda Bali.

2. Respon personel tergantung sinyal di lokasi

Mau Lapor Polisi Tanpa Datang ke Kantornya? Unduh Salak Bali Sajapexels.com/rawpixel.com

Kecepatan personel tiba di lokasi, menurut Ketut Arnawa, tergantung pada sinyal lokasi masyarakat ketika melapor dan personel itu sendiri. Apabila posisinya dekat dengan masyarakat yang melapor, personel dapat langsung mendatangi lokasi kejadian seperti gangguan ketertiban atau kemacetan yang dilaporkan.

3. Setiap hari terima 20 laporan dari masyarakat

Mau Lapor Polisi Tanpa Datang ke Kantornya? Unduh Salak Bali SajaUnsplash.com/priscilladupreez

Semenjak ada aplikasi itu, polisi menerima sekitar 20 laporan per hari mengenai gangguan ketertiban serta kemacetan. Kalau masyarakat ingin menggunakan aplikasi Salak Bali, unduh saja secara gratis di PlayStore atau App Store. Aplikasi Salak Bali yang dirilis pada 29 Maret 2017 lalu ini sudah diunduh lebih dari 10 ribu kali. Aplikasi ini telah menerima dan memproses panggilan darurat (SOS) dari penggunanya.

Bagi masyarakat yang ingin mengadu melalui aplikasi, diminta untuk mengirimkan laporan disertai foto kejadiannya, agar terhindari dari info hoaks atau berita palsu.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya