Comscore Tracker

Polresta Denpasar Jamin Kamtibmas Akhir Tahun, Warga Pendatang Didata

Mari kita jaga bersama keamanan ya semeton

Denpasar, IDN Times – Kepolisian Resor Kota Denpasar dan Kepolisian Sektor jajaran memastikan keamanan dan ketertiban masyarakat menjelang perayaan hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Beberapa upaya yang dilakukan termasuk mendata penduduk non permanen.

Kegiatan tersebut melibatkan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas), bersinergi dengan Babinsa dan unsur Sipandu Beradat yang berada di masing-masing Desa/Kelurahan.

Baca Juga: Pascabom Astana Anyar, Polda Bali Tingkatkan Pengamanan

1. Ada beberapa penduduk non permanen belum melaporkan diri ke Kepala Lingkungan

Polresta Denpasar Jamin Kamtibmas Akhir Tahun, Warga Pendatang DidataKegiatan pendataan penduduk di Denpasar Selatan. (Dok.IDN Times/istimewa)

Bhabinkamtibmas Kelurahan Sesetan, Aiptu Made Antara, bersama Sipandu beradat mengelar penertiban penduduk non permanen di Kelurahan Sesetan, pada Rabu (7/12/2022) malam. Beberapa lokasi yang disasar di antaranya rumah kontrakan, kos-kosan, bedeng proyek, serta kawasan padat penduduk Lingkungan Lantang Bejuh. Dalam kegiatan tersebut ditemukan 7 orang penduduk non permanen yang belum melaporkan diri ke Kepala lingkungan.

Selanjutnya Bhabinkamtibmas Kelurahan Pedungan, Aiptu Anak Agung Made Surya Wibawa, bersama aparat kelurahan juga mengelar pendataan di kawasan padat penduduk, Jalan Pulau Belitung, Pulau Singkep, Pulau Saelus, dan Jalan Pulau Bungin. Dari kegiatan pendataan tersebut ditemukan 15 penduduk yang belum lapor diri ke Kelurahan.

2. Penduduk dengan KTP luar Denpasar juga wajib lapor diri

Polresta Denpasar Jamin Kamtibmas Akhir Tahun, Warga Pendatang DidataKegiatan pendataan penduduk di Denpasar. (Dok.IDN Times/istimewa)

Pendataan penduduk non permanen di Banjar Lepang, Desa Padangsambian Kaja, Kecamatan Denpasar Barat, menemukan 41 orang penduduk ber-KTP luar Bali dan 11 ber-KTP luar Denpasar yang belum melapor diri. Mereka diimbau untuk datang ke Kantor Desa Padangsambian Kaja.

Kanit Binmas Polsek Denpasar Barat, Iptu Wayan Budiartana, menyampaikan bahwa kegiatan ini melibatkan peran Prajuru Banjar Adat, Pecalang, dan Linmas Banjar Lepang.

“Jumlah perkuatan yang dilibatkan sebanyak 18 personel dengan rincian terdiri dari Babinsa, Polri, Linmas dan Pecalang Desa Adat Banjar Lepang. Hasil kegiatan pendataan penduduk pendatang atau non permanen dengan melakukan pendataan KTP dengan rincian memeriksa KTP luar Bali sebanyak 41  orang dan KTP luar Denpasar sebanyak 11 orang,” ungkapnya.

3. Pembinaan terhadap penduduk non permanen dilakukan secara rutin

Polresta Denpasar Jamin Kamtibmas Akhir Tahun, Warga Pendatang DidataKegiatan pendataan penduduk di Denpasar. (Dok.IDN Times/istimewa)

Jaminan keamanan dan ketertiban masyarakat menjelang perayaan hari Raya Natal 2022 dan tahun baru 2023 ini diungkap oleh Kapolresta Denpasar, Kombes Pol Bambang Yugo Pamungkas. Beberapa upaya yang dilakukan dengan meningkatkan kegiatan kepolisian seperti patroli dan pendataan penduduk non permanen, yang bersinergi dengan Sipandu Beradat.

Denpasar disebut sebagai Kota Metro dengan penduduk urban tertinggi di Bali. Karenanya, pembinaan terhadap penduduk non permanen secara rutin penting digelar agar warga tertib administrasi kependudukan melalui pendataan penduduk pendatang yang tidak memiliki identitas diri. Selanjutnya dikoordinasikan dengan Satpol PP dan apabila belum lapor diri, diarahkan ke Desa/Kelurahan untuk pendataan.

“Kita wajib memberikan keamanan dan menjaga Kamtibmas sehingga masyarakat dan wisatawan yang berkunjung ke Bali merasa aman dan nyaman," jelasnya.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya