Comscore Tracker

Polda Bali Pastikan Tak Ada Ancaman Kamtibmas Selama KTT G20

Pastikan semua delegasi dan pemimpin negara aman 

Denpasar, IDN Times – Rangkaian kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 masih berlangsung di Nusa Dua, Kabupaten Badung. Satu di antaranya adalah kegiatan G20 Employment Working Group (EWG) dan G20 Labor and Employment Ministers Meeting (LEMM). Dalam memastikan pengamanan kegiatan tersebut, Polda Bali menerjunkan ribuan personelnya.

Sebagaimana event sebelumnya, ribuan personel gabungan tersebut diapelkan di Sentral Parkir Kawasan Indonesia Tourism Development Coporation (ITDC), Nusa Dua, Senin (12/9/2022) pagi.

Baca Juga: [LIPSUS] Siapa Dalang di Balik Dugaan Reklamasi Pantai Melasti Bali?  

1. Polda Bali kembali apelkan 1.118 personel di Nusa Dua

Polda Bali Pastikan Tak Ada Ancaman Kamtibmas Selama KTT G20Apel pasukan pengamanan kegiatan G20 bersandi Operasi Gapura Agung X-2022. (Dok.IDN Times/Polda Bali)

Kepala Kepolisian Daerah Bali, Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra, mengungkapkan bahwa operasi kepolisian yang digelar kali ini bersandi Operasi Gapura Agung X-2022. Operasi Gapura Agung X-2022 ini akan berlangsung selama 4 hari, terhitung mulai Senin (12/9/2022) hingga Jumat (15/9/2022). Dalam operasi ini, Polda Bali didukung Bawah Kendali Operasi (BKO) dari Mabes Polri dan stakeholder terkait menerjunkan 1.118 personel.

“Apel pasukan ini merupakan proses manajerial yang dilaksanakan untuk melakukan pengecekan akhir terhadap kesiapan personel maupun sarana prasarana yang akan diterjunkan ke lapangan. Selain itu juga merupakan wadah untuk menyamakan pemahaman dan persepsi dari seluruh komponen pengamanan tentang SOP Kepolisian dan cara bertindak sesuai rencana operasi,” ungkapnya.

Dalam pengamanan ini, Irjen Pol Putu Jayan Danu menekankan kepada para personel agar memaksimalkan pengguna dukungan layanan keamanan dan keselamatan yang ada di posko 91 Command Center ITDC dan Posko Command Center Polda Bali. 

2. Acara diikuti oleh 62 pejabat level menteri dari berbagai negara

Polda Bali Pastikan Tak Ada Ancaman Kamtibmas Selama KTT G20Apel pasukan pengamanan kegiatan G20 bersandi Operasi Gapura Agung X-2022. (Dok.IDN Times/Polda Bali)

Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra menyampaikan bahwa kegiatan EWG dan LEMM merupakan event yang saling berkaitan dan diselenggarakan oleh Kementerian Ketenagakerjaan untuk membahas terkait aspek ekonomi dan sosial dari sebuah kebijakan terkait dengan ketenagakerjaan.

“Pertemuan EWG akan dihadiri oleh 20 pejabat senior negara anggota G20, 4 pejabat senior dari 4 negara permanen observer G20, dan 2 pejabat senior 2 organisasi internasional,” ungkapnya.

Sedangkan untuk pertemuan LEMM, dihadiri oleh 20 Menteri Tenaga Kerja dari 20 negara anggota G20, 4 Menteri Tenaga Kerja dari 4 negara permanen observer G20, 5 Menteri Tenaga Kerja dari 5 negara Ketua Forum Regional, 7 pemimpin organisasi internasional dan 5 Ketua G20 engagement.

3. Tugaskan personel gabungan di setiap tempat kegiatan

Polda Bali Pastikan Tak Ada Ancaman Kamtibmas Selama KTT G20Apel pasukan pengamanan kegiatan G20 bersandi Operasi Gapura Agung X-2022. (Dok.IDN Times/Polda Bali)

Ditambahkan oleh Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabidhumas) Polda Bali, Kombespol Stefanus Satake Bayu Setianto, bahwa sejauh pengamanan yang dilakukan Polda Bali dalam rangkaian kegiatan G20 yang berlangsung di Nusa Dua, tidak ada kendala apapun. Termasuk kegiatan kunjungan delegasi ke beberapa lokasi seperti ke Desa Terbersih, Art Center, GWK, dan lokasi lainnya.

“Jadi beberapa kali melaksanakan kegiatan pengamanan rangkaian G20 itu, selama itu juga situasi aman. Tidak ada kendala. Jadi lancar. Lancar, aman terkendali ya,” jelasnya.

Dalam memastikan keamanan, pihak kepolisian menempatkan personel gabungan di setiap tempat kegiatan dan juga di jalur yang dilewati. 

“Keuntungannya ya luar biasa. Semua kan berjalan lancar, terus dengan situasi aman ini, dari delegasi dengan situasi (aman) akan cerita kan. Minimal akan cerita bahwa di Bali ini aman sehingga dapat membawa warga negara dari luar, bahwa sekarang di Bali aman,” ungkapnya.

Polda Bali Pastikan Tak Ada Ancaman Kamtibmas Selama KTT G20Apel pasukan pengamanan kegiatan G20 bersandi Operasi Gapura Agung X-2022. (Dok.IDN Times/Polda Bali)

Lalu apa sebenarnya tolok ukur keamanan tersebut? Menurut Kombespol Bayu, tolok ukur keamanan yang dimaksud adalah rangkaian kegiatan G20 tersebut berjalan lancar, tidak terjadi hal-hal yang menghambat pelaksanaan kegiatan, dan tidak ada hal yang menghambat kedatangan delegasi negara-negara hingga sekembalinya delegasi tersebut.

“Aman itu dibuat. Walaupun kemarin ada kejadian yang tangkapan dari Densus 88 itu kan bagian dari Cipta Kondisi menjelang G20 kan. Tetapi kan sebenarnya ditangkapnya di luar Bali. Kami berharap tidak akan mempengaruhi. Selama ini juga tidak ada pengaruh,” terangnya.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya