Polda Bali Kawal Pengiriman 71 Ton Oksigen Liquid ke 10 Rumah Sakit

Tindakan tegas bagi pihak yang berani melakukan monopoli

Denpasar, IDN Times – Ketersediaan oksigen medis di sejumlah rumah sakit di Provinsi Bali mulai mengalami kekurangan. Sementara kasus COVID-19 terus bertambah. Dalam upaya memenuhi ketersediaan oksigen, dalam lima hari ini, Polda Bali melakukan pengawalan pendistribusian pasokan oksigen menuju sejumlah rumah sakit.

Pengawalan ini melibatkan personel dari Satbrimob dan Ditlantas Polda Bali yang turut dalam Ops Aman Nusa Agung II-2021. Dalam melakukan pengawalan, mereka dilengkapi dengan senjata laras panjang.

Baca Juga: Stok Oksigen Menipis, Ketua PERSI Bali: Semua Direktur RS Dag Dig Dug

1. Bali terima kiriman 71 ton oksigen dari PT. Aneka Gas Industri Tbk Samator

Polda Bali Kawal Pengiriman 71 Ton Oksigen Liquid ke 10 Rumah SakitPolda Bali kawal pengiriman stok oksigen ke Bali (Dok.IDN Times/Polda Bali)

Kabid Humas Polda Bali, Kombes Pol. Syamsi, pada Rabu (21/7/2021), menyampaikan bahwa pemerintah tengah memaksimalkan kapasitas produksi oksigen nasional yang merupakan kebutuhan esensial. Langkanya pasokan oksigen ini menimbulkan keresahan di tengah masyarakat, terutama bagi pasien isolasi mandiri.

Berdasarkan data per tanggal 17 Juli hingga 21 Juli 2021, Polda Bali sudah mengawal 71 ton oksigen liquid dari PT. Aneka Gas Industri Tbk Samator Banyuwangi, Jawa Timur. Kiriman oksigen ini ditujukan untuk Rumah Sakit (RS) Negara, RSD Mangusada, RS Bali Mandara, RSUP Sanglah, RS Unud, RS Jimbaran, RSUD Tabanan, RS Siloam, RS Wangaya, dan RS Buleleng.

2. Polda Bali juga mengawal 1.257 tabung oksigen untuk 19 rumah sakit

Polda Bali Kawal Pengiriman 71 Ton Oksigen Liquid ke 10 Rumah SakitPolda Bali kawal pengiriman stok oksigen ke Bali (Dok.IDN Times/Polda Bali)

Selain memberikan pengawalan untuk kelancaran pendistribusian pasokan oksigen menuju ke rumah sakit, Polda Bali juga melakukan pendataan perusahaan penyuplai oksigen dan rumah sakit yang membutuhkan pasokan oksigen medis.

“Pengawalan dilakukan untuk kelancaran pendistribusian oksigen agar tiba di rumah sakit dengan aman dan tepat waktu sehingga kebutuhan oksigen dapat terpenuhi,” jelas Syamsi.

Tak hanya itu, Polda Bali juga sudah mengawal 1.257 tabung oksigen dari PT. Samator Mengwi, Kabupaten Badung ke 19 rumah sakit, di antaranya:

  1. RS Bakti Rahayu
  2. RSUP Sanglah
  3. RS Unud
  4. RS Kasih Ibu
  5. RS Bali Mandara
  6. RS Sanjiwani
  7. RS Wangaya
  8. RS Kasih Ibu Tabanan
  9. RS Nyitdah
  10. RS Payangan
  11. RS Bhakti Rahayu
  12. RS Siloam
  13. RS Garba Medika
  14. RS Ganesha
  15. RS Primagana
  16. RS Famili Husada
  17. RS Kasih Ibu Gianyar
  18. RS Ganesha
  19. RSUD Klungkung

3. Tindakan tegas bagi yang menaikkan harga secara tidak wajar

Polda Bali Kawal Pengiriman 71 Ton Oksigen Liquid ke 10 Rumah SakitPolda Bali kawal pengiriman stok oksigen ke Bali (Dok.IDN Times/Polda Bali)

Polda Bali akan memberikan tindakan tegas terukur sesuai dengan Undang-undang dan peraturan yang berlaku lainnya untuk oknum-oknum tertentu yang telah terbukti melakukan kartel atau monopoli, permainan distribusi, pasokan atau stok, penimbunan, dan menaikkan harga secara tidak wajar (tinggi). Begitu pula dengan bentuk-bentuk penyimpangan lainnya yang dapat merugikan masyarakat.

“Polda Bali bersama pemerintah daerah dan instansi terkait membentuk Satgas Khusus Pengawasan Distribusi Oksigen,” tegasnya.

Topik:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya