Pemkot Denpasar Terjunkan Alat Berat Bersihkan Puing Rumah Roboh

Masyarakat yang tinggal di pinggir sungai diminta waspada

Denpasar, IDN Times – Rumah tiga lantai yang terletak di Jalan Ahmad Yani Selatan, Gang I Nomor 1C RT 04, Dusun Wanasari, Desa Dauh Puri Kaja, Kecamatan Denpasar Utara, roboh pada Kamis (27/10/2022).  

Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara, bersama jajarannya meninjau lokasi bangunan roboh akibat longsor tersebut. Ia ingin memastikan seluruh penanganan berjalan optimal. Termasuk evakuasi korban, pemenuhan dapur umum, serta penanganan bangunan pasca longsor.

Baca Juga: Pedagang Kaki Lima Dilarang Jualan dan Pekerja Diminta WFH selama G20

1. Anak korban rumah roboh di Denpasar diberi bantuan dari Walikota Denpasar

Pemkot Denpasar Terjunkan Alat Berat Bersihkan Puing Rumah RobohRumah 3 lantai yang roboh di Denpasar. (Dok.IDN Times/Polresta Denpasar)

Dalam kunjungannya tersebut, Walikota Jaya Negara menyerahkan bantuan bahan kebutuhan pokok, serta uang tunai yang nantinya dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan sekolah anak-anak yang terdampak. 

“Tadi setelah saya lihat bahwa bangunan berada di pinggir sungai, namun demikian, saat ini kita fokus dulu dalam musibah ini, bagaimana kita melaksanakan penanganan serta memastikan aktivitas masyarakat terdampak bisa berjalan dulu,” ujarnya.

Baca Juga: Rumah Tiga Lantai di Bantaran Tukad Badung Denpasar Roboh

2. Pemerintah Kota Denpasar akan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Bali

Pemkot Denpasar Terjunkan Alat Berat Bersihkan Puing Rumah RobohRumah 3 lantai yang roboh di Denpasar. (Dok.IDN Times/Polresta Denpasar)

Dalam menangani musibah tersebut, pemerintah kota Denpasar akan menerjunkan alat berat guna membersihkan puing sisa rumah yang roboh.

Sementara itu, untuk kebutuhan pangan, Dinas Sosial Kota Denpasar bersama Tagana menyediakan dapur umum. Sebagai upaya pemulihan, akan dilaksanakan koordinasi lanjutan dengan Pemerintah Provinsi Bali terkait senderan. Keberadaan bangunan juga akan dikaji, apakah masih bisa ditempati kembali atau tidak.

“Saat ini kita ingin pastikan yang beraktivitas bisa kembali beraktivitas, terutama anak sekolah agar bisa kembali belajar dengan baik, untuk penanganan lanjutan Pemkot Denpasar akan berkordinasi dengan Pemprov Bali,” ungkapnya.

Pihaknya juga mengimbau bagi warga yang tinggal di bantaran sungai agar meningkatkan kewaspadaannya.

3. Ada 4 Kepala Keluarga yang terdampak saat rumah tiga lantai roboh

Pemkot Denpasar Terjunkan Alat Berat Bersihkan Puing Rumah RobohRumah 3 lantai yang roboh di Denpasar. (Dok.IDN Times/Polresta Denpasar)

Perbekel Desa Dauh Puri Kaja, I Gusti Ketut Sucipta, mengatakan bencana longsor di tepi sungai yang mengakibatkan robohnya bangunan tiga lantai tersebut terjadi pada Kamis (27/10/2022).

Akibat bencana tersebut, diketahui sebanyak 15 orang dalam 4 KK turut terdampak. Saat ini telah ditetapkan langkah penanganan pasca bencana. Di mana pembersihan puing bangunan akan dilaksanakan dengan menggunakan alat berat. Sedangkan penanganan lanjutan akan dikordinasi bersama Pemkot Denpasar dan Pemprov Bali.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, rumah tiga lantai milik almarhum M Yusuf Zainuddin yang terletak di Jalan Ahmad Yani Selatan, Gang I Nomor 1C RT 04, Dusun Wanasari, Desa Dauh Puri Kaja, Kecamatan Denpasar Utara, roboh pada Kamis (27/10/2022), pukul 13.45 Wita. Dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa, namun kerugian diperkirakan mencapai setengah miliar.

Topik:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya