Comscore Tracker

Lion Air Group Mulai Layani Rapid Test di Bali, Lokasi Dekat Bandara 

Voucher bisa diperoleh saat melakukan pembelian tiket

Badung, IDN Times – Lion Air Group akhirnya kembali membuka layanan penerbangan domestik ke Bali efektif pada Rabu (15/7/2020). Hal ini disampaikan oleh Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro. Lion Air Group juga menghadirkan fasilitas layanan pelaksanaan uji rapid test yang menjangkau wilayah Kabupaten Badung, Kota Denpasar, dan daerah lain di sekitar.

Fasilitas rapid test oleh Lion Air Group ini dilakukan berdasarkan rekomendasi yang diberikan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 dan Surat Menteri Perhubungan, Kementerian Perhubungan RI Nomor AJ.001/1/12 PHB 2020 tentang Peningkatan Pelayanan Perjalanan Orang.

1. Hanya untuk penumpang yang mengantongi tiket penerbangan Lion Air Group

Lion Air Group Mulai Layani Rapid Test di Bali, Lokasi Dekat Bandara IDN Times/Debbie Sutrisno

Ia menjelaskan bahwa tempat layanan berlokasi strategis dan dekat dengan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai (DPS). Penumpang dapat melakukan rapid test di Klinik TNI AU I Gusti Ngurah Rai, Jalan Airport Ngurah Rai No. 12, Tuban, Kecamatan Kuta dengan waktu pelayanan:

  • Senin–Jumat pukul 09.00–16.00 Wita
  • Sabtu pukul 09.00–14.00 Wita
  • Minggu dan libur nasional – tutup (tidak melayani)

Adapun ketentuan dalam pelaksanaan rapid test ini adalah sebagai berikut:

  • Khusus penumpang yang mempunyai tiket pada penerbangan Lion Air Group
  • Voucher rapid test COVID-19 dapat diperoleh secara langsung pada saat melakukan pembelian tiket (issued ticket),
  • Bagi penumpang yang sudah memiliki tiket pesawat Lion Air Group dan belum melaksanakan rapid test COVID-19, maka dapat membeli voucher rapid test COVID-19 dengan menunjukkan kode pemesanan (booking code) melalui sales channel seperti call center, kantor penjualan Lion Air Group, www.lionair.co.id, www.batikair.com, agen perjalanan (tour and travel) dan lainnya

“Penyelenggaraan rapid test oleh Lion Air Group terjangkau dengan masa berlaku selama 14 hari. Setiap penumpang akan memperoleh surat keterangan hasil uji kesehatan rapid sebagai salah satu kelengkapan dokumen penerbangan sesuai ketentuan,” jelasnya Rabu (15/7/2020).

2. Diharapkan mendorong percepatan pemulihan ekonomi

Lion Air Group Mulai Layani Rapid Test di Bali, Lokasi Dekat Bandara IDN Times/Ayu Afria Ulita

Menurutnya layanan ini pertama dijalankan di Bali dan selanjutnya akan terus diperluas lagi. Dengan demikian, penumpang akan mendapatkan nilai lebih, efektif, dan efisien dengan kehadiran tempat atau lokasi layanan kerjasama Lion Air Group untuk rapid test di wilayah Bali. Ini merupakan kelanjutan kerjasama dengan Klinik Lion Air Medika, Dompet Dhuafa Republika, dan fasilitas kesehatan setempat.

“Lion Air Group bersama Klinik TNI AU I Gusti Ngurah Rai bertujuan guna menyediakan kemudahan bagi penumpang dalam mempersiapkan dan melengkapi persyaratan dokumen perjalanan udara, yang akan bepergian menggunakan pesawat udara melalui keberangkatan dari Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai,” jelasnnya.

Dengan kegiatan ini diharapkan akan mendorong percepatan pemulihan ekonomi melalui perjalanan udara. Selain mendorong tren permintaan penerbangan menggunakan layanan Lion Air Group.

Baca Juga: Terkendala Biaya, Rapid Test Warga Binaan di Bali Baru Diagendakan

3. Sebanyak tujuh maskapai yang sudah beroperasi regular

Lion Air Group Mulai Layani Rapid Test di Bali, Lokasi Dekat Bandara Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai (IDN Times/Ayu Afria)

Sementara itu Communication and Legal Manager Bandara I Gusti Ngurah Rai, Andanina Megasari mengungkapkan bahwa untuk saat ini tercatat tujuh maskapai yang melayani penerbangan regular di antaranya Garuda, Citilink, Lion Air, Batik, Wings, Nam Air, dan Qatar.

“Hanya Qatar yang internasional. Masuk reguler internasional kok Qatar dia ke/dari Doha,” ungkapnya.

Baca Juga: Polemik Biaya Rapid Test di Bali, GGTP:  Tergantung Pada Pelayanan   

4. Cara ini digunakan untuk menarik konsumen

Lion Air Group Mulai Layani Rapid Test di Bali, Lokasi Dekat Bandara (Bandara Ngurah Rai Bali) Dok. IDN Times/istimewa

Menurut keterangan seorang warga, Jatmiko (33) asal Medan bahwa dengan adanya layanan pembelian tiket include dengan layanan rapid test oleh maskapai tertentu ini memberikan manfaat kemudahan bagi masyarakat. Masyarakat tidak perlu lagi kebingungan dan pergi ke tempat-tempat yang sebenarnya juga berisiko, seperti puskesmas atau rumah sakit.

“Kalau misalkan memang di surat edaran mewajibkan penumpang bebas COVID-19 berbasis rapid test, dan dengan maskapai memberikan layanan include rapid test-ya bagus. Artinya dia peduli dengan penumpangnya. Kalau ada maskapai yang memberikan kompensasi ke penmupangnya begitu. Bagus-bagus,” ujarnya.

Dari sisi marketing menurutnya tentu cara ini digunakan untuk menarik konsumen. Namun secara moril akan membantu masyarakat dalam mendapatkan akses layanan rapid test. Pihak maskapai juga dinilai turut serta membantu pemerintah dalam mengendalikan penyebaran COVID-19.

Hal senada juga diungkapkan oleh Noviansyah (26) yang juga setuju dengan kebijakan maskapai tersebut. “Oh sangat setuju. Biar nggak lama,” ungkapnya.

Topic:

  • Ayu Afria Ulita Ermalia
  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya