Identitas Tengkorak Manusia di Pecatu Bali Terungkap, Ini Faktanya 

Semoga keluarga diberi ketabahan

Badung, IDN Times – Pada Kamis (23/12/2021) pukul 10.30 Wita yang lalu masyarakat Bali digegerkan dengan penemuan tengkorak manusia dan jasad yang membusuk di Tebing Pantai Nyang-Nyang, Banjar Karang Boma, Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Saat itu identitas tengkorak itu belum terungkap, namun diperkirakan korban sudah meninggal sejak seminggu yang lalu.

Penyelidikan yang dilakukan pihak kepolisian Unit Reskrim Polsek Kuta Selatan dan Polresta Denpasar akhirnya menemukan titik terang. Identitas jasad tersebut terungkap berdasarkan beberapa barang bukti. Siapakah korban? Berikut fakta-faktanya. 

Baca Juga: Rumah Sakit Internasional Dibangun di Bali, Target Selesai Tahun 2023

1. Jasad ditemukan dalam keadaan membusuk dan tengkorak sudah terlepas

Identitas Tengkorak Manusia di Pecatu Bali Terungkap, Ini Faktanya Temuan tengkorak di Pantai Nyang-Nyang Pecatu. (Dok. IDN Times / istimewa)

Menurut keterangan Kasubag Humas Polresta Denpasar, Iptu I Ketut Sukadi, jasad yang membusuk tersebut diperkirakan sudah 1 minggu. Saat ditemukan, kondisinya sudah membusuk, tulang kepala putus, dan sudah menjadi tengkorak serta bagian dada yang tersisa hanya tulang. Pakaian korban sudah dalam keadaan robek. 

Jasad ditemukan pertama kali oleh saksi Nyoman Sudiartana, yakni pukul 09.30 Wita. Saat itu sakti pergi memancing dan menjala ikan di Pantai Nyang-Nyang. Sudiartana kemudian menyampaikan kepada petugas bahwa ia mencium bau busuk dari atas tebing hingga turun ke bawah. Bau itu bahkan sampai membuatnya mual dan ingin muntah.

“Menemukan sesosok mayat yang diperkirakan berjenis kelamin perempuan dalam keadaan terlentang. Sudah dalam keadaan menjadi bangkai,” ungkapnya pada Senin (27/12/2021) malam.

Temuan tersebut kemudian dilaporkan kepada petugas terkait. Jasad tersebut lalu dievakuasi oleh anggota Basarnas dari dasar tebing pukul 11.10 Wita. Jasad itu dibawa ke kamar mayat Rumah Sakit Umum Sanglah (RSUP) Sanglah pukul 12.10 Wita.

2. Kecurigaan muncul dari sepeda yang ditemukan di sekitar lokasi

Identitas Tengkorak Manusia di Pecatu Bali Terungkap, Ini Faktanya Temuan tengkorak dan jasad membusuk di Pantai Nyang-Nyang Pecatu. (Dok. IDN Times / istimewa)

Sukadi upaya pengungkapan identitas korban menemui titik terang dari petunjuk temuan sepeda motor Scoopy putih DK8656OJ dengan pemilik atas nama Lestari Mulyani yang diketahui tinggal di Jalan Uluwatu Kelan.

“Yang diduga korban memang benar dan dibenarkan masih tinggal di alamat tersebut dengan status ngekos. Diduga adalah seorang perempuan asal yang diketahui saksi dari Jawa,” ungkapnya.

Saksi Nyoman Metri menyampaikan kepada petugas bahwa Tari, sapaan terduga korban, sudah 1,5 tahun tinggal di lokasi tersebut. Komunikasi terakhir dengan saksi pada Minggu (5/12/2021) pukul 21.50 Wita. Saat itu terkait penyelesaian pembayaran kos karena korban akan kembali ke Jawa.

3. Percakapan terakhir terduga korban dengan saksi terkait pembayaran uang kos

Identitas Tengkorak Manusia di Pecatu Bali Terungkap, Ini Faktanya Temuan tengkorak dan jasad membusuk di Pantai Nyang-Nyang Pecatu. (Dok. IDN Times / istimewa)

Berdasarkan pengakuan Metri kepada petugas, Tari bekerja sebagai marketing restoran di wilayah Seminyak atau Nusa Penida. Sejak percakapan terakhir yang membicarakan pembayaran uang kos tersebut, saksi tidak mengetahui lagi keberadaan korban. Hingga akhirnya polisi datang untuk mencari keterangan dugaan jasad yang ditemukan adalah milik korban.

Saksi juga menjelaskan bahwa sampai saat ini ia tidak mengetahui keberadaan yang bersangkutan. Saksi juga menyebutkan sempat mencari keberaan korban dan melaporkan ke aparat kepolisian.

“Opsnal masih menunggu tukang kunci untuk membuka pintu kamar yang diduga kamar korban. Untuk mendapatkan keterangan dan informasi yang pasti,” ungkapnya.

Topik:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya