Pegawai Hotel di Bali Kontak dengan Pasien Omicron, Hari Ini Karantina

Semoga tidak ada gelombang ketiga ya semeton

Denpasar, IDN Times – Kasus pertama Omicron di Provinsi Jawa Timur terdeteksi dari pasien perempuan berinisial TYC. Diketahui bahwa TYC sebelumnya menghabiskan waktu berlibur di Bali. TYC mengaku liburan selama 5 hari bersama suaminya, SJJ. Kemudian TYC merasakan tenggorokannya seperti ada lendir.

Menanggapi kabar tersebut, Dinas Kesehatan Provinsi Bali, pada Minggu (2/1/2021) malam, menyampaikan melakukan tracing di tempat menginap wisatawan domestik tersebut.

Baca Juga: Virolog Unud Ungkap Dugaan Omicron Sudah Menyebar di Bali

1. Pegawai hotel yang kontak erat dengan wisatawan tersebut mengikuti tes swab

Pegawai Hotel di Bali Kontak dengan Pasien Omicron, Hari Ini KarantinaIlustrasi swab test (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, dr Ketut Suarjaya, menyampaikan bahwa hari ini, Senin (3/1/2021), melakukan tes swab terhadap pihak-pihak yang kontak erat dengan wisatawan tersebut. Kemudian sampelnya akan dikirim ke Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.

“Sudah dilakukan tracing tadi di tempat menginapnya. Kasus ini sudah positif Omicron soalnya,” ungkapnya.

Namun pihaknya tidak menyebutkan secara pasti berapa jumlah kontak erat tersebut.

2. Pasien Omicron tersebut menginap di sebuah hotel daerah Sawangan, Nusa Dua

Pegawai Hotel di Bali Kontak dengan Pasien Omicron, Hari Ini Karantinailustrasi varian baru COVID-19, Omicron (IDN Times/Aditya Pratama)

Wisatawan domestik asal Surabaya tersebut dinyatakan positif terjangkit Omicron. Ia datang ke Bali dari Surabaya menggunakan mobil pribadi dan menginap di sebuah hotel daerah Sawangan, Nusa Dua, Kabupaten Badung. Wisatawan tersebut dilaporkan berlibur di Bali pada tanggal 20 hingga 25 Desember 2021.

“(Jalur) Darat pakai mobil pribadi,” jelas Suarjaya.

Saat di Bali wisatawan tersebut juga mengunjungi beberapa lokasi objek wisata dan bertemu dengan sejumlah pihak. Menurut Suarjaya, hingga saat ini kasus di Bali landai. Ia berharap tidak ada lonjakan kasus COVID-19.

“Yang sudah ditracing, (ada) di hotel,” jelasnya.

Mereka yang kontak erat dengan pasien Omicron tersebut dikarantina di hotel sejak Senin (3/1/2021).

3. Satgas COVID-19 Provinsi Bali masih melakukan penelusuran

Pegawai Hotel di Bali Kontak dengan Pasien Omicron, Hari Ini Karantinailustrasi varian baru COVID-19, Omicron (IDN Times/Aditya Pratama)

Sementara itu, pada Senin (3/1/2021), Satgas COVID-19 gabungan yang terdiri dari Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Dinas Kesehatan Kabupaten Badung, tim Kedokteran dan Kesehatan Polda Bali, dan Kesehatan Daerah Militer IX Udayana melakukan tracing lanjutan dan langsung testing.

Sekretaris Satgas COVID-19 Provinsi Bali, Made Rentin, menyampaikan saat ini masih melakukan penelusuran apakah wisatawan tersebut positif terjangkit Omicron di Bali atau ternyata dari luar Bali.

“Masih ditelusuri detail,” jawab Made Rentin.

Topik:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya