Dinyatakan Hilang di Perairan Benoa, ABK Ditemukan Hidup di Rumah

Mereka kembali ke Cilincing dengan menumpang truk

Badung, IDNTimes - Setelah 5 hari dalam pencarian, dua orang orang ABK Kapal Mekar Gloria Utama yang dinyatakan hilang, akhirnya ditemukan dalam kondisi selamat di rumahnya. Keduanya diketahui bernama bernama Amat Maulana (27) dan Muhammad Jodi (23).

Sebelumnya operasi pencarian yang dilakukan Tim Search and Rescue (SAR) Gabungan dilakukan atas informasi adanya ABK yang menceburkan diri ke laut pada Minggu (27/8/2023) dini hari di Perairan Tanjung Benoa saat kapal yang mereka tumpangi sedang lego jangkar.

Baca Juga: 3 ABK Lompat ke Laut Tanjung Benoa, Satu Orang Selamat

1. Pihak keluarga menghubungi agen kapal, mengabarkan kondisi korban

Dinyatakan Hilang di Perairan Benoa, ABK Ditemukan Hidup di Rumahilustrasi menelpon (pixabay.com/sabinevanerp)

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali) I Nyoman Sidakarya mengatakan bahwa pada Kamis (31/8/2023) sekitar pukul 11.00 Wita, pihaknya menerima informasi dari agen kapal. Isinya, ABK yang dilaporkan hilang dalam kondisi selamat di rumahnya masing-masing. Keduanya telah berada di Jakarta, sesuai dengan keterangan keluarga yang menghubungi pihak agen kapal.

“Posisi keduanya sudah berada di rumahnya. Info itu kami dapatkan dari agen kapal yang dihubungi oleh pihak keluarga korban,” jelasnya.

2. Mereka kembali ke Cilincing dengan menumpang truk

Dinyatakan Hilang di Perairan Benoa, ABK Ditemukan Hidup di RumahIlustrasi truk. (Istimewa)

Berdasarkan keterangan sementara, kedua ABK itu berhasil menyelamatkan diri hingga terdampar sekitar Perairan BTDC Nusa Dua. Mereka kemudian menumpang truk dari Bali hingga tiba di Surabaya.

Dengan dibantu Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah mereka dikembalikan ke Cilincing, Jakarta Utara. Dengan ditemukannya kedua korban, maka operasi SAR di hari kelima resmi ditutup.

"Dengan adanya informasi keberadaan korban maka operasi SAR kami hentikan," ucapnya.

Baca Juga: Dua Tersangka Edarkan Narkotika di Lokasi Prostitusi di Denpasar

3. Ada 3 ABK yang menceburkan diri ke laut saat kejadian

Dinyatakan Hilang di Perairan Benoa, ABK Ditemukan Hidup di RumahOperasi SAR pencarian ABK di Perairan Benoa (Dok.IDN Times/Basarnas Bali)

Diketahui bahwa 2 orang tersebut merupakan ABK Kapal Mekar Gloria Utama yang menceburkan diri ke laut saat dititipkan di KM Nusantara Jaya 33.

Saat kejadian ada 3 dari 5 orang ABK yang melompat ke laut pada Minggu (27/8/2023) sekitar pukul 03.00 Wita di Perairan Tanjung Benoa. Salah satunya bernama Sakim (24) ditemukan terdampar di Perairan BTDC Nusa Dua dalam keadaan selamat.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya