Cara Menyeberang ke Nusa Penida Lewat Pelabuhan Sanur Baru

Eits jangan salah datang ya

Denpasar, IDN Times- Tidak seperti dulu harus basah-basahan saat akan menyeberang dari Sanur menuju Golden Egg of Bali, yakni yakni Nusa Penida, Nusa Lembongan, maupun Nusa Ceningan. Kini wisatawan yang akan berlibur terfasilitasi dengan nyaman dengan keberadaan Pelabuhan Sanur.

Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan telah membangun Pelabuhan Sanur di Kawasan Pantai Matahari Terbit dengan total anggaran mencapai Rp398 miliar. Pelabuhan ini kemudian diresmikan oleh Presiden Joko “Jokowi” Widodo pada 9 November 2022. Nah, bagaimana cara menyeberang melalui Pelabuhan Sanur yang baru tersebut?

Baca Juga: Lokasi dan Harga Tiket Masuk Pantai Karang Sanur

Baca Juga: Biaya Tempat Piknik di Pinggir Pantai Mertasari Sanur

1. Akses ke Pelabuhan Sanur yang baru mudah dijangkau

Cara Menyeberang ke Nusa Penida Lewat Pelabuhan Sanur BaruSituasi Pelabuhan Sanur yang baru pada Mei 2023. (IDN Times/Ayu Afria)

Letak Pelabuhan Sanur yang baru ini berada di kawasan Pantai Matahari Terbit, Sanur Kaja, Kecamatan Denpasar Selatan. Yang mudah diakses kendaraan melalui Jalan Bypass Ngurah Rai.

Parkir di lokasi juga sudah otomatis dengan tarif rata-rata misal untuk 3 hari roda dua hanya Rp25 ribu. Sehingga kalian yang ingin meninggalkan kendaraan selama berlibur ke pulau seberang tidak perlu khawatir. Beberapa area lumayan teduh untuk parkir kendaraan. Dan jangan meninggalkan barang berharga di kendaraan ya.

2. Pesan tiket bisa melalui online maupun datang ke counter masing-masing fastboat

Cara Menyeberang ke Nusa Penida Lewat Pelabuhan Sanur BaruPelabuhan Sanur. (IDN Times/Ayu Afria)

Bagi para wisatawan yang ingin menyeberang ke Golden Egg of Bali yakni Nusa Penida, Nusa Lembongan, maupun Nusa Ceningan. Bisa melakukan pemesanan tiket secara online maupun datang langsung ke counter masing-masing fastboat. Namun, langkah lebih baik jika melakukan pemesanan secara online lebih dulu untuk menghindari kehabisan tiket.

Beberapa counter fastboat bisa kalian temukan di sepanjang jalan masuk ke Pelabuhan Sanur. Dan beberapa counter berada tepat di sebelah bangunan utama pelabuhan.

Nah, rata-rata harga tiket akan disesuaikan dengan identitas asal kalian. Tentunya harga tiket untuk Warga Negara Indonesia (WNI) akan berbeda dengan Warga Negara Asing (WNA). Dan beberapa counter juga akan memberikan selisih harga bagi WNA pemegang Izin Tinggal di Bali. Sehingga jangan sungkan untuk menunjukkan KITAS yang kalian miliki.

3. Jangan luma stiker atau kartu, dan tiket saat akan masuk ke pelabuhan

Cara Menyeberang ke Nusa Penida Lewat Pelabuhan Sanur BaruPelabuhan Sanur di bulan Mei 2023. (IDN Times/Ayu Afria)

Setelah mengantongi tiket kalian akan diberikan semacam kartu atau stiker sesuai dengan masing-masing fastboat yang akan ditumpangi. Kemudian menjelang waktu keberangkatan, calon penyeberang akan diizinkan masuk.

Pertama, sebelum masuk ke gedung lantai 1, kalian wajib menunjukkan stiker atau kartu yang diberikan fastboat masing-masing. Selanjutnya menuju ke lantai dua, sebelum menaiki eskalator, kalian diharusnya menunjukkan tiket yang kemudian akan di scan oleh petugas terkait.

Di lantai 2, terdapat 2 pintu masuk dan dua sisi ruang tunggu, yang bisa kalian gunakan untuk duduk sambil menunggu arahan masuk ke fastboat. Setelah arahan tiba, kalian harus menunjukkan tiket tersebut kepada petugas untuk diperiksa dan dicoret. Hingga kalian diizinkan kembali turun menuju fastboat masing-masing.

4. Pilihlah tempat duduk yang nyaman

Cara Menyeberang ke Nusa Penida Lewat Pelabuhan Sanur BaruIlustrasi situasi dalam fastboat menuju ke Nusa Lembongan. (IDN Times/Ayu Afria)

Menuju fastboat, kalian juga akan kembali dilakukan pengecekan ulang. Para kru fastboat akan meminta kartu yang sebelumnya diberikan oleh pihak counter. Dan ada punya yang menyobek setengah dari tiket kalian sebagai tanda bahwa kalian sudah check-in ke fastboat.

Nah, terpenting yang wajib kalian ketahui, pilihlah fastboat yang menyediakan sistem keamanan lebih lengkap. Misalnya ketersediaan life jacket, hal ini penting sebagai antisipasi kejadian yang tidak diinginkan.

Kemudian, jika kalian sering mabuk laut alangkah baiknya memilih kursi penumpang di bagian belakang kapal. Karena posisi ini dapak meredam guncangan saat fastboat menerjang gelombang di tengah lautan.

Sementara jika kamu penyuka tantangan, maka kursi paling depan akan memberikan sensasi guncangan selama penyeberangan. Dan tak jarang cipratan air juga akan kalian rasakan.

Beberapa fastboat, memperbolehkan penumpang duduk di deck atas, namun perlu di ingat kursi ini juga bertarif lho. Setidaknya ada biaya ekstra jika kamu ingin berada deck atas. Selamat berlibur ya!

Topik:

  • Silfa Humairah Utami

Berita Terkini Lainnya