Amankan KTT G20, Prabowo: Gawean Besar untuk Bangsa Kita

Telah disiapkan kontijensi plan di Bali

Denpasar, IDN Times – Persiapan pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 sudah rampung dilakukan, baik yang dilakukan oleh TNI, Polri, maupun pihak-pihak terkait lainnya. Pengamanan juga disertai dengan simulasi dan beberapa latihan.

Presiden Joko “Jokowi” Widodo, Menko Marves, Menteri Pertahanan, Panglima TNI, dan Kapolri di GOR Kepaon Prajaraksaka, Denpasar, bahkan mengikuti Tactical Floor Game (TFG), pada Rabu (9/11/2022).

Baca Juga: Dua Desa di Bali Bakal Terapkan PPKM selama KTT G20

1. Kapolri sebut sudah siapkan rencana kontijensi saat pengamanan

Amankan KTT G20, Prabowo: Gawean Besar untuk Bangsa KitaGoogle

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan bahwa jajarannya telah mempersiapkan dengan matang seluruh strategi pengamanan, termasuk mempersiapkan rencana kontijensi untuk mengantisipasi dinamika di lapangan. Pihaknya memastikan bahwa seluruh kegiatan KTT G20 menjadi fokus utama pengamanan Polri. Mulai dari kedatangan, akomodasi, hingga bergeser dari venue ke venue.

“Kita juga mempersiapkan yang namanya kontijensi plan, escape apakah terkait dengan kesehatan, apakah terkait dengan peristiwa-peristiwa lain, itu juga semua dipersiapkan,” kata Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

2. Panglima TNI menyiapkan pasukan cadangan di luar yang bertugas

Amankan KTT G20, Prabowo: Gawean Besar untuk Bangsa KitaPanglima TNI Jenderal Andika Perkasa di Lapangan Renon. (Dok.IDN Times/Kadhafi)

Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa, mengungkapkan bahwa TNI juga telah menyiapkan pasukan cadangan di luar petugas yang melakukan pengamanan di lapangan. Tujuannya untuk memastikan keamanan tetap berjalan ketika terjadi dinamika yang tidak diinginkan.

“Seandainya ada dinamika di luar yang kami siapkan, kita pasti kerahkan,” ungkap Jenderal Andika Perkasa.

3. Menko Marves sebut TNI dan Polri sudah kompak dan siap

Amankan KTT G20, Prabowo: Gawean Besar untuk Bangsa KitaMenteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan. (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, mengungkapkan TNI dan Polri kompak serta terintegrasi dalam pengamanan event KTT G20 di Bali.

“Mereka semua menunjukkan kekompakan terintegrasi. Paham kalau ada apa-apa. Saya kira ini memberikan pesan kepada siapapun bahwa TNI dan Polri itu siap menghadapi apapun,” ujar Luhut.

Selain itu, Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, juga mengungkapkan bahwa aparat keamanan harus mendapat penghargaan atas dedikasinya memastikan KTT G20 berjalan aman, lancar, dan tanpa gangguan, sehingga Indonesia siap untuk menyambut tamu-tamu penting negara.

“Saya ingin menyampaikan penghargaan kepada TNI, Polri, BIN semua unsur yang luar biasa persiapannya. Kita optimis, kita siap, ini gawean besar untuk bangsa kita. Ini kehormatan besar bagi bangsa kita. Seluruh rakyat saya harap ikut mengamankan,” ungkap Prabowo.

Topik:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya