Alasan Rambut Tahanan Dipotong Menurut Polsek Denpasar Utara

Kamu pernah gak sih memperhatikan rambut para tahanan?

Denpasar, IDN Times - Kamu pernah gak sih memperhatikan potongan rambut tahanan yang pendek, bahkan sampai gundul? Ya, pada umumnya para tahanan akan mendapatkan perlakuan yang sama soal kerapian rambut. Namun seberapa perlu menjaga kerapian selama di dalam rumah tahanan (rutan)?

Kapolsek Denpasar Utara Iptu I Putu Carlos Dolesgit, mengungkapkan status tahanan tidak menghalangi orang untuk tetap berpenampilan bersih dan rapi. Seperti yang ia terapkan kepada tahanan di Polseknya.

Baca Juga: Dua Warga Nigeria Overstay Diamankan di Kos-Kosan Denpasar

Baca Juga: Satu Remaja Ditetapkan Jadi Pelaku Perang Sarung di Denpasar

1. Pihaknya memotong rambut enam orang tahanan

Alasan Rambut Tahanan Dipotong Menurut Polsek Denpasar UtaraIlustrasi napi di penjara (IDN Times/Mardya Shakti)

Sebanyak 6 orang tahanan di rutan Kepolisian Sektor (Polsek) Denpasar Utara mengikuti potong rambut. Carlos mengatakan, kegiatan potong rambut ini dilakukan oleh Petugas Jaga Tahanan, pada Selasa (28/3/2023) pagi.

“Semua merasa senang tadi diperhatikan kebersihannya,” ucapnya.

2. Supaya lebih rapi saat bertemu keluarga

Alasan Rambut Tahanan Dipotong Menurut Polsek Denpasar UtaraIlustrasi potong rambut (pexels.com/Kampus Production)

Tujuan para tahanan tersebut dicukur adalah untuk memberikan kesan rapi, dan tampilan baik. Sehingga saat dijenguk oleh keluarganya atau pembesuk, mereka akan terlihat bersih.

“Kami hanya berusaha memanusiakan manusia untuk menjaga kebersihan dan kerapian,” kata Carlos.

3. Selain rambutnya dicukur, tahanan juga diberikan motivasi

Alasan Rambut Tahanan Dipotong Menurut Polsek Denpasar Utarailustrasi (IDN Times/Mardya Shakti)

Satu tahanan kasus pengeroyokan berinisial RKA mengaku senang karena bisa tampil rapi meskipun sedang terjerat kasus hukum. Selain kegiatan cukur rambut ini gratis, mereka juga diberikan motivasi sehingga tahanan diharapkan tetap semangat selama menjalani proses hukumnya.

“Kami meminta seluruh anggota Polsek Denpasar Utara untuk selalu menjalin komunikasi baik, dan memberikan semangat kepada para tahanan maupun keluarga pembesuk tahanan. Tahanan tetaplah manusia biasa yang wajib kita berikan motivasi dan semangat agar tabah menjalani masa tahanan dan berubah lebih baik lagi,” jelas Carlos.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya